Berita Nasional Terpercaya

PPKM Butuh Sikap Warga Masyarakat yang Semacam Ini

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemda DIY bakal menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 11-25 Januari 2021. Selain penegakan protokol kesehatan, satu hal penting yang dirasa sangat dibutuhkan adalah gotong royong warga untuk memfasilitasi pangan bagi masyarakat yang terpaksa karantina mandiri.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengapresiasi sudah bermunculannya sikap gotong royong di masyarakat selama ini, yang melakukan sokongan finansial untuk membantu pasien yang menjalani isolasi mandiri.

“Tapi itu tidak cukup, perlu perhatian pemerintah daerah untuk menyediakan kebutuhan pangan bagi saudara kita yang melakukan isolasi mandiri, terutama bagi yang ekonominya terbatas, seperti pekerja harian lepas yang tidak memperoleh pendapatan kalau tidak bekerja,” kata Eko, Minggu (10/1/2021).

Ia menegaskan, Intruksi Gubernur tentang PPKM harus ditegakkan secara tegas untuk menekan kasus penyebaran Covid-19 di DIY. Oleh sebab itu, pemerintah di paling bawah diharapkan juga bisa konsisten menerapkakan instruksi tersebut di wilayah masing-masing.

Anggota Komisi A DPRD DIY yang lain Siti Nurjanah menambahkan, gotong royong masyarakat memang diperlukan dalam memberi dukungan bagi mereka yang dinyatakan positif COVID-19. Hal itu tidak hanya lewat dukungan materi, namun bisa juga lewat doa maupun harapan yang disampaikan lewat whatsapp group atau media sosial lain.

“Kita harapkan masyarakat bisa terus saling bantu agar pasien tidak down. Kalau sudah sehat jangan dijauhi. Saat ketemu ya harus dapat dukungan moral,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.