Berita Nasional Terpercaya

Lakukan Pertemuan dengan Whatsapp dan Facebook, Kementrian Kominfo Minta Transparansi Data

0

Bernas.id – Perubahan kebijakan privasi pengguna yang akan diterapkan oleh WhatsApp dan Facebook akhir-akhir ini menarik perhatian warganet di Indonesia. Masyarakat sadar akan pentingnya melindungi data pribadi dalam penggunaan aplikasi maupun layanan online. Kebijakan WhatsApp yang akan berbagi data penggunanya dengan Facebook, menuai pro dan kontra serta dinilai banyak pihak tidak menghormati privasi pengguna.

Sebelumnya, WhatsApp menegaskan bahwa pertukaran data dengan Facebook telah berlangsung. Informasi-informasi yang dibagikan berupa informasi pendaftaran, yakni nomor telepon, transaksi terkait layanan, interaksi antarpengguna, informasi perangkat seluler dan  alamat IP. Informasi yang dikumpulkan digunakan untuk menjalankan layanan, mendukung keselamatan, keamanan, dan integritas.

Kementrian Komunikasi dan Informatika telah mengadakan pertemuan dengan perwakilan WhatsApp dan Facebook. Dari pihak Kominfo meminta agar WhatsApp dan Facebook menjelaskan terkait kebijakan baru yang akan diterapkan pada Februari mendatang. Kementerian Kominfo mengharapkan agar WhatsApp dapat menyampaikan informasi terkait pembaruan kebijakan privasi secara lengkap, transparan, jelas, mudah dipahami serta dapat diakses khalayak umum, agar tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat.

Kominfo juga mendorong agar WhatsApp atau Facebook Asia Pacific Region meningkatkan kepatuhan terhadap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan di Indonesia terutama yang mengatur tentang perlindungan data pribadi. Kominfo meminta agar perusahaan menjamin hak-hak pemilik data dan menjalankan kewajiban berdasarkan ketentuan-ketentuan. Perusahaan diminta melakukan pemrosesan data pribadi menurut prinsip yang berlaku serta menyediakan formulir persetujuan dalam bahasa Indonesia.

Berkaca dari maraknya kasus penyalahgunaan data pribadi, masyarakat harus bijak dalam menentukkan dan memilih sosial media yang akan digunakan untuk memberikan perlindungan terhadap data pribadi maupun privasi kita. Sebelum menggunakan layanan atau aplikasi daring, hendaknya membaca kebijakan privasi serta dokumen syarat dan ketentuan sebelum memberikan izin aplikasi tersebut untuk mengakses data pribadi kita. Hal ini akan menghindarkan kita dari penyalahgunaan data pribadi yang akan memiliki dampak merugikan dan tidak sesuai peraturan yang berlaku. (Eva)

Leave A Reply

Your email address will not be published.