Berita Nasional Terpercaya

Tanah Longsor di Desa Cihanjuang, Tim SAR Gabungan Temukan 21 Korban Meninggal Dunia

0

SUMEDANG, BERNAS.ID – Hingga pukul 18.30 WIB Tim SAR Gabungan telah menemukan lima korban dalam keadaan meninggal dunia yaitu pukul 09.00 WIB ditemukan korban berjenis kelamin laki laki bernama Ahmad Yani (32) di sektor 2, selanjutnya keempat korban lainnya ditemukan di sektor 1 yaitu pada Pukul 14.55 WIB tim menemukan korban berjenis kelamin laki laki bernama Robi Ramdani (23), pukul 15.15 WIB ditemukan korban berjenis kelamin perempuan bernama Siti Maemunah (50), selanjutnya pada pukul 16.14 WIB ditemukan korban bernama Dadang Kusnadi (49) dan 16.16 WIB ditemukan korban berjenis kelamin perempuan dalam keadaan meninggal dunia, korban terakhir masih dalam tahap identifikasi oleh tim DVI Polda Jabar di Puskesmas Sawah Dadap. 

Kepala Basarnas Bandung menyebutkan sebelumnya tim SAR Gabungan pada Pukul 07.30 WIB telah melakukan pencarian korban yang tertimbun di sekitar lokasi kejadian dengan membagi menjadi 3 sektor dan 2 shift yaitu SEKTOR 1 Rumah Hajatan (50 Personil), SEKTOR 2 Mesjid An-Nur (50 Personil) dan SEKTOR 3 Lapangan Voli (50 Personil). 

Hingga pukul 18.45 WIB pencarian dilanjutkan dengan pemantauan mengingat saat ini hujan mengguyur lokasi kejadian dikhawatirkan akan menyebabkan longsor susulan, namun pengerukan material menggunakan 3 unit excavator masih terus dilanjutkan.

Sebelumnya longsor terjadi di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Sabtu (9/1/2021) sekitar pukul 16.45 WIB dan longsor susulan sekitar pukul 19.30 WIB yang menyebabkan lebih banyak korban tertimbun karena pada saat itu banyak warga dan Tim SAR Gabungan yang sedang melakukan evakuasi dan pendataan terhadap jumlah korban pada longsor pertama.

Adapun unsur SAR yang teribat yaitu Basarnas Bandung, BPBD Jabar, BPBD Sumedang, PUPR, TNI/POLRI, PMI Provinsi Jawa Barat, Damkar, Dinkes Sumedang, Potensi SAR Jawa Barat dan Potensi SAR Jawa Tengah dengan total kekuaan personil yang terdaftar di posko sebanyak 668 personil. (*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.