Berita Nasional Terpercaya

Sultan Belum Izinkan Sekolah Tatap Muka di DIY

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah mempersilahkan pemerintah daerah (pemda) untuk mengambil kebijakan soal pembelajaran di sekolah atau sekolah tatap muka. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengatakan belum memberi izin para siswa di DIY untuk belajar tatap muka di sekolah.

“Ya, tapi ya kalau terus masuk (sekolah) ya belum, tapi coba didorong untuk, ya biarpun belum, tetap anak-anak masuk, tapi mungkin didorong untuk kelompok-kelompok tertentu,” kata Sri Sultan HB X, Rabu (27/1/2021).

Sultan mengatakan sekolah-sekolah di DIY dinilai sudah bisa menggelar konsultasi untuk murid-muridnya secara luring atau tatap muka. Meski dalam pratiknya konsultasi bisa dilakukan secara daring.

“Konsultasi untuk itu bisa dilakukan sekolah dan sebagainya, yang sebetulnya itu juga sudah kita lakukan, karena rata-rata mereka di rumah punya IT ya, jadi dari situ baru ke sekolah untuk konsultasi,” katanya.

Jadi menurut Sultan siswa tidak mesti harus ke sekolah konsultasi. Dan bila harus konsultasi tatap muka, sebelumnya diawali dulu dengan konsultasi daring, sehingga siswa tidak terlalu lama berada di sekolah.

“Jadi satu jam cukup,” lanjutnya.

Sultan juga menyoroti tingginya kasus COVID-19 di Yogyakarta beberapa hari ini. Dia berharap keputusan untuk penerapan sekolah tatap muka diputuskan dengan matang dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Ya nanti kita cobalah tapi selama kondisi meningkat begini anak-anak risikonya terlalu besar. Jangan sampai yang terjadi seperti Depok sekarang kan jadi masalah,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut keputusan penerapan pembelajaran tatap muka di sekolah bergantung pada kebijakan masing-masing pemerintah daerah sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri tentang sekolah tatap muka 2021. Keputusan ini diambil karena pemda setempat dinilai lebih memahami kondisi wilayahnya.

“Jadi sekarang semua pemda di level kabupaten dan provinsi punya hak untuk membuka tatap muka sekolah walaupun zonanya di mana pun,” kata Nadiem, Jumat (22/1/2021).

“Jadi mereka mengambil diskresi mana area-area yang mungkin relatif lebih aman dari sisi COVID, tapi juga daerah-daerah yang relatif sangat sulit melaksanakan PJJ (pembelajaran jarak jauh),” tambahnya.

Meski begitu keputusan sekolah tatap muka menurutnya juga harus mendapat persetujuan dari kepala sekolah dan komite sekolah setempat.

“Jadi lebih baik ditunjukkan ke masing-masing pemda karena mereka yang mengerti kondisi kesehatan dan kondisi kesulitan melaksanakan PJJ di masing-masing daerah mereka,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.