Berita Nasional Terpercaya

Menteri Kominfo Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, menjalani vaksinasi dosis kedua, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Senin (1/2/2021). Dua minggu lalu, Menteri Johnny juga menjalan vaksinasi di tempat yang sama.

Menteri Johnny tiba di RSPAD pukul 08:00 WIB, kemudian menjalani tahapan vaksinasi. Mulai dari registrasi untuk melakukan validasi data. Selanjutnya, Menteri Johnny menjalani tahap penapisan kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh, tekanan darah, dan pemeriksaan riwayat kesehatan. Tahapan itu diperlukan untuk memastikan penerima vaksin berada dalam kondisi prima dan layak mengikuti vaksinasi untuk dosis kedua. 

Sebelum disuntik Vaksin CoronaVac  yang diproduksi oleh Sinovac Life Science Co.Ltd. yang di Indonesia bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero), Johnny sempat memegang ampul vaksin tersebut.

?Tidak terasa sakit saat penyuntikan, dan tidak ada efek sama sekali,? ujarnya, dikutip dari laman kominfo.go.id.

Bahkan usai vaksinasi, Johnny pun kemudian bersiap untuk menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI di Gedung DPR Senayan.

Seperti diketahui, Vaksin CoronaVac telah mengantongi izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) setelah melalui sejumlah uji klinis yang melibatkan sebanyak 1.620 relawan di Bandung. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah menyatakan bahwa vaksin tersebut suci dan halal sehingga dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia.

Sebagaimana vaksin-vaksin Covid-19 lain yang tersedia saat ini, membutuhkan dua dosis penyuntikan bagi tiap masing-masing penerima untuk memperkuat respons imun dari suntikan dosis pertama. Sebanyak 0,5 mililiter dosis vaksin disuntikkan di masing-masing penyuntikan. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.