Berita Nasional Terpercaya

Ridwan Kamil Klaim Tingkat Keterisian Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jawa Barat Menurun

0

Bernas.id – Setelah diterapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) selama lebih dari 2 minggu, tingkat keterisian rumah sakit rujukan pasien Covid-19 berkurang di beberapa daerah. Terdapat 47 dari 77 kabupaten di daerah pulau Jawa- Bali yang mengalami penurunan, sisanya mengalami peningkatan. Meskipun terjadi penurunan, tetapi masih belum memenuhi standard aman dari WHO.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim kasus infeksi Covid-19 menurun, seiring dengan tingkat keterisian rumah sakit di Jawa Barat yang mengalami penurunan. Ridwan menyoroti data laporan harian yang mencampurkan data baru dengan data lama sehingga menyebabkan kurva naik. Padahal, tingkat keterisian rumah sakit cenderung menurun.

Selama sepekan, penurunan keterisian rumah sakit dari angka 73 persen menjadi 69 persen. Rumah sakit telah melaporkan keadaan yang tidak sepanik sebulan terakhir. Hal ini disebabkan karena adanya penambahan fasilitas rumah sakit darurat yang dijadikan sebagai tempat isolasi di Jawa Barat. Penambahan tersebut di Secapa TNI AD dan Rumah Sakit Lapang di Kota Bogor. Pemerintahan Provinsi Jawa Barat akan menargetkan untuk menekan lagi tingkat keterisian ruang isolasi menjadi 60 persen sesuai dengan standart WHO.

Selain itu, Tangerang Selatan juga mengalami penurunan tingkat keterisian dibawah angka 90 persen. Berada di angka antara 86-87 persen, Benyamin Davnie mengatakan bahwa penurunan tersebut terjadi seiring dengan meningkatnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah. PPKM di Tangerang Selatan diklaim berhasil meski belum 100 persen efektif menekan penyebaran Covid-19.

Setelah selesai PPKM pada 25 Januari 2021, Tim Satgas Penanganan Covid-19 juga telah melakukan evaluasi. Terjadinya kenaikan pada kasus aktif tetapi penurunan tingkat kematian akibat dari Covid-19. Jumlah masyarakat yang ditegur karena tidak mematuhi protokol kesehatan juga menurun di pekan kedua PPKM. Keterpakaian tempat tidur rumah sakit rujukan pasien Covid-19 juga ikut di pantau dan sesuai target di angka 70 persen. Walaupun begitu, pemerintah akan mengupayakan untuk menurunkan lagi menjadi ambang batas yang telah ditetapkan. (Eva)

Leave A Reply

Your email address will not be published.