Berita Nasional Terpercaya

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Merasa Penuh Kekurangan

0

Bernas.id – Pernahkah merasa kurang percaya diri, kurang cantik? Bila pernah, Anda tidak sendirian. Saya sendiri pernah mengalami perasaan seperti itu dan membuat saya merasa tidak percaya diri dalam melakukan suatu hal. Apalagi, ketika melihat orang lain, yang mungkin terlihat lebih cantik dari kita. Saya suka merasa tidak percaya diri ketika berada di dekat orang yang lebih tinggi dengan wajah mulus tanpa jerawat, sedangkan saya sendiri bertubuh pendek dan kadang suka berjerawat.

Hal ini memang wajar dialami oleh siapa saja. Namun, jangan biarkan perasaan tersebut terus menerus membuat kita jadi kehilangan percaya diri. Perasaan tidak cantik ternyata dapat membuat kita jadi depresi, lho. Padahal, standar kecantikan semua orang itu berbeda-beda. 

Nah, saat merasa tidak cantik, coba ingat dan lakukan beberapa hal ini untuk meningkatkan kembali rasa percaya diri kita. Apa saja itu?

1. Katakan pada diri sendiri “Saya cantik”

Memuji diri sendiri ternyata cukup ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri. Saya sendiri merasa ini teknik yang cukup ampuh, terutama ketika masa PMS, yang sering membuat saya merasa tidak percaya diri. Caranya, cukup berdiri di depan cermin dan tatap diri Anda sendiri selama beberapa detik. Tersenyum pada diri Anda yang ada di cermin sembari mengatakan ?Saya cantik!? Lakukan cara ini setiap kali Anda merasa tidak cantik.

2. Ada jerawat bukan berarti tidak cantik

Jerawat pada wajah memang sering menurunkan rasa percaya diri. Namun, jerawat itu bukan berarti membuat wajah kita tidak cantik. Apalagi, jerawat bisa disembuhkan dengan produk perawatan kecantikan dan juga bisa disamarkan dengan peralatan make up. Daripada merasa tidak cantik terus menerus karena jerawat, coba lebih fokus pada proses menyembuhkan jerawat itu sendiri. Refleksikan diri kembali, kenapa kita bisa berjerawat. Mungkin, kita bisa mengurangi makan-makanan berminyak, atau berhenti menyentuh wajah, dan lebih rutin memakai skincare. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi jerawat di wajah, lho.

3. Jadi diri sendiri lebih menyenangkan!

Kuncinya, jangan pernah berubah demi orang lain. Ingatlah, menjadi diri sendiri adalah hal yang paling menyenangkan di dunia ini. Bila ada orang lain yang tidak suka pada Anda, cukup berikan senyum pada mereka. Cara ini justru bisa menularkan rasa percaya diri pada orang lain. Selain itu, perlu diingat bahwa diri kita memiliki kekurangan dan kelebihan. Nah, daripada fokus pada kekurangan, coba tunjukkan kelebihan yang kita miliki. Misalnya, kita memiliki kelebihan punya senyuman manis, maka berikan senyuman itu pada orang-orang yang ada di sekitar kita juga.

4. Fase tidak nyaman ini akan cepat berlalu

Perasaan tidak cantik adalah perasaan insecurity yang mungkin terjadi pada siapa saja. Namun, fase tidak nyaman ini pasti akan cepat berlalu. Asalkan, kita tidak berdiam diri dan fokus untuk kembali mencintai diri sendiri. Ada waktu kita untuk bersedih, tetapi ada waktu juga kita untuk bahagia. Jadi, jangan ?tenggelam? berlama-lama dalam kesedihan, tetapi hadirkan perasaan nyaman secara perlahan-lahan.

5. Fokus pada kelebihan diri sendiri!

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti ada kelebihan dan kekurangan. Nah, daripada kita fokus pada kekurangan kita dan akhirnya kita merasa tidak puas dengan diri sendiri, lebih baik coba fokus pada kelebihan kita. Jadikan kekurangan itu sebagai pelajaran untuk membuat kita jadi pribadi yang lebih baik lagi.

6. Berhenti membandingkan diri sendiri, sekarang juga!

Terakhir, yuk, berhenti membandingkan diri sendiri. Kalau tidak sekarang dilakukan, kapan lagi?  Membandingkan diri sendiri dengan orang lain akan membuat diri kita selalu penuh dengan kekurangan. Namun, ketika kita berhenti membandingkan, maka kita pun bisa lebih melihat kelebihan yang ada pada diri kita sendiri. (ASN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.