Berita Nasional Terpercaya

Bisnis Perhotelan Mulai Pulih, Termasuk Yogyakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pariwisata menjadi sektor yang sangat terpukul akibat pandemi Covid-19. Virus Corona memaksa sebagian besar masyarakat agar tetap tinggal di rumah. Dampaknya, lokasi wisata sepi pengunjung dan berdampak pada okupansi hotel.

Namun, fakta lain menunjukkan pemulihan bisnis perhotelan di Indonesia mulai mengarah ke arah positif, termasuk di Yogyakarta di masa Pandemi Covid-19. Berdasarkan catatan tiket.com, pemesanan hotel di Kota Yogyakarta naik sebesar 109% pada kuartal 3 ke kuartal 4 pada tahun 2020.

Ferdinand Siregar, Area Manager West Indonesia tiket.com mengatakan, angka pemesanan hotel di Kota Yogyakarta yang naik sebesar 109 persen menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk kembali liburan. “Atau sekedar mengganti suasana dengan melakukan staycation ataupun work from hotel di hotel dekat rumah,” jelasnya, Jumat (19/2/2021).

Sejak pandemi Covid-19, Ferdinand mengatakan pihaknya sangat fokus untuk mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan industri pariwisata. “Berbagai upaya dan inovasi telah ditempuh sebagai manifestasi nyata komitmen dan janji tersebut. Salah satunya, fitur tiketCLEAN,” ucapnya.

“Label tiketCLEAN diberikan oleh tiket.com kepada semua mitra operator pariwisata yang telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan, sehingga aman dikunjungi oleh masyarakat,” imbuhnya.

Saat ini, terdapat lebih dari 10.600 hotel di Indonesia yang telah mendapatkan label tiketCLEAN. Untuk di Kota Yogyakarta, sebanyak 660 hotel telah berlabel tiketCLEAN. “Jumlah mitra hotel yang berlabel tiketCLEAN pun bertumbuh rata-rata 40% per kuartal,? tutur Ferdinand. (Jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.