Berita Nasional Terpercaya

ASN Sleman Harus Menjadi Contoh ke Masyarakat

0

SLEMAN, BERNAS.ID – ASN (Aparat Sipil Negara) Kabupaten Sleman harus menjadi contoh ke masyarakat tentang pentingnya vaksinasi. Untuk itu, sekitar 3000 ASN Sleman mengikuti vaksinasi massal di sebuah mall yang terletak di kawasan Denggung Tridadi Sleman.

Vaksinasi massal akan dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 8 Maret sampai 10 Maret 2021. ASN yang divaksin berasal dari lingkungan Pemkab Sleman, Kejaksaan, BUMN/BUMD, dan instansi vertikal lainnya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (KSP) mengatakan, ASN itu pelayan publik yang nantinya akan berinteraksi dengan banyak masyarakat. Selain itu, ASN juga diimbau untuk menyosialisasikan pentingnya vaksinasi di tempat tinggalnya ke masyarakat agar tidak takut. “Vaksin sangat penting melindungi diri sendiri, tapi juga melindungi orang lain,” ujarnya, Senin (8/3/2021).

Meski ASN menjalani vaksinasi massal, Kustini pun menjamin layanan publik tetap berjalan. “Kantor tetap ada yang kerja. Seandainya satu kantor ini yang vaksin ada 8 orang nanti gantian dengan jam yang berbeda,” katanya.

Setelah ASN, Kustini menyebut vaksinasi akan segera dilaksanakan sampai lapisan masyarakat terbawah. Ia pun tidak akan memberi sanksi apabila ada warga yang menolak divaksin. “Kami akan melakukan edukasi dan pendekatan secara humanis karena vaksin ini adalah kesehatan bersama, supaya masyarakat sehat,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo menjelaskan di hari pertama, vaksinasi ditujukan kepada ASN di Sleman dengan jumlahnya sekitar 1.000 peserta.

Lanjut tambahnya, hari kedua dan ketiga menyasar pegawai Kantor Pos, PLN, dan PDAM dengan jumlah kurang lebih 2.000 peserta. Program vaksinasi ini masih akan berlanjut hingga Desember. “Target sampai dengan akhir Desember kurang lebih 700 ribu penduduk telah tervaksin,” tambahnya.

Ia pun mengimbau meski sudah melaksanakan vaksinasi, para peserta diminta tetap disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan. Dinas Kesehatan Sleman menargetkan pemberian vaksin bagi ASN dan guru selesai pada minggu ketiga Maret. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.