Berita Nasional Terpercaya

Jadi Rebutan Israel-Palestina, Ini Situs-situs Penting di Yerusalem

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Konflik Israel-Palestina bermula dari perebutan tanah Yerusalem yang diklaim sebagai kota suci bagi tiga agama samawi, yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi.

Seperti yang selama ini disiarkan oleh berbagai media, pertumpahan darah di Yerusalam seolah tak akan pernah menemui titik akhir.

Klaim kota suci dari tiga agama tersebut ternyata telah membawa konsekuensi tersendiri dalam perjalanan sejarah.

Dalam sebuah penelitian tahun 2015 yang berjudul “Jerusalem: Kota Dalam Sengketa”, disebutkan bahwa terdapat identitas keagamaan yang kuat pada masing-masing komunitas agama Islam, Yahudi, dan Kristen di kota tersebut.

Yerusalem dalam Dekapan Tiga Agama Samawi

Baik agama Islam, Kristen, dan Yahudi mengklaimm Yerusalem sebagai kota suci mereka. Di Yerusalem pula, situs-situs suci bagi agama tersebut berdiri.

Bagi umat Kristen Yerusalem merupakan kota tempat Sang Juru Selamat, Yesus Kristus, disalibkan sekaligus bangkit dari kematian.

Sementara bagi Muslim, Yerusalem adalah tanah suci ketiga setelah Mekkah dan Madinah. Dari Yerusalem pula, Nabi Muhammad, junjungan umat Islam, melakukan perjalanan ke langit ke tujuh.

Bagi kaum Yahudi, Yerusalem juga menjadi tempat paling penting dan sakral dalam agama mereka, salah satunya dengan adanya tembok ratapan yang terletak di kawasan Bukit Bait Suci.

Baca juga: Bagaimana Kitab Suci Menceritakan Bangsa Israel?

Situs-situs suci di Yerusalem

Yerusalem juga menyimpan situs-situs suci dari tiga agama samawi. Berikut situs-situs suci tersebut:

Gua Makphela atau Masjid Ibrahimi

Di tempat ini,  tokoh-tokoh yang dihormati tiga agama samawi disemayamkan, yakni Ishak, Yakub, dan Ibrahim.

Lokasi situs penting ini tepatnya berada di  Hebron, bagian selatan Yerusalem. Umat Yahudi juga menganggap tempat ini sebagai situs suci kedua setelah Bait Suci. Namun, sejak perang Arab-Israel kawasan tersebut tidak dapat diakses kaum Yahudi.

Sepanjang perjalanan sejarah, di kawasan ini pernah dibangun gereja, masjid, dan sinagoge.

Bukit Zaitun

Bukit Zaitun merupakan sbeuah pegunungan di timur Yerusalem. Di kawasan tersebut, umat Kristen dan Islam percaya bahwa Isa Al Masih atau Yesus Kristus naik ke surga.

Perjanjian lama juga menyebut Bukti Zaitun sebagai tempat ibadah. Di sana juga berdiri  beberapa gereja bersejarah, salah satunya Gereja Pater Noster yang menjadi tempat pertama kali Yesus mengajarkan Doa Bapa Kami.

Tahun 1157 Kaum Muslim juga membangun masjid di lokasi tersebut, tepatnya di atas reruntuhan gereja Tentara Salib .

Sementara itu, kaum Yahudi juga percaya bahwa juru selamat yang mereka tunggu-tunggu akan datang melewati kawasan tersebut. Sejak 3000 tahun lalu kaawasan ini sudah menjadi makan orang Yahudi.

Bukit Bait Suci

Bukit Bait Suci merupakan sebuah kompleks dengan luas sekitar 144.000 meter persegi. Situs suci tiga agama ini berada di Kota Lama Yerusalem. Di dalam kompleks tersebut juga berdiri  masjid Al-Aqsa.

Bagi Umat Islam, Masjid Al-Aqsa merupakan salah satu tujuan Nabi Muhammad ketika melakukan Isra Mi’raj.

Sementara itu, kaum Yahudi percaya bahwa Masjid Al Aqsa merupakan tempat di mana Bait Suci berdiri.  Di kompleks tersebut juga terdapat tembok ratapan tempat yang dianggap penting dan sakral bagi umat Yahudi.

Di sana juga terdapat Kubah batu atau Dome of The Rock. Dijelaskan dalam alkitab, Dome of The Rock merupakan tempat ibadah. Baik Umat Kristiani dan Yahudi meyakini situs tersebut merupakan tempat di mana Abraham akan mengorbankan anaknya, Ishak.

Umat Kristen juga menyakini Dome of The Rock sebagai tempat pertama Santo Petrus mengkhotbahkan agama Kristen.

Sedangkan bagi umat Islam, Dome of the Rock dipercaya sebagai tempat pijakan pertama Nabi Muhammad melakukan perjalanan ke langit ke tujuh.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.