Candi Bubrah, Candi kecil di Kawasan Wisata Prambanan

09 Oktober 2016

HarianBernas.com -- Candi Bubrah terletak di dalam Kawasan Wisata Prambanan, yaitu di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Sampai sekarang masih belum banyak informasi yang ada mengenai candi yang saat ini tinggal berupa 'batur'  atau kaki candi yang telah rusak dan berupa onggokan batu bekas dinding. Nama 'Bubrah' dalam bahasa Jawa artinya hancur berantakan. Candi ini dinamakan Bubrah karena ketika ditemukan kondisinya memang sudah dalam keadaan bubrah karena berantakan. Belum diketahui apa nama aslinya.

Ukuran Candi Buddha ini relatif kecil dengan denah dasar persegi panjang, memanjang arah utara-selatan. Ukuran tepatnya tidak bisa dilihat karena reruntuhan candi ini dikelilingi pagar terkunci. Yang pasti tinggi batur atau kaki candi sekitar 2 m. Sepanjang pelipit atas dihiasi dengan pahatan berpola simetris. Tidak terlihat adanya sisa-sisa relief pada dinding kaki candi. Tangga naik ke selasar di permukaan batur terletak di sebelah timur.

Walaupun belum diketahui seluk beluk Candi Bubrah baik dari sejarahnya, cara pembuatannya atau pun fungsi dari Candi Bubrah ini, namun tidak ada salahnya kita melihat Candi Bubrah. Jika Anda berkesempatan untuk melihat keindahan Candi Prambanan maka sempatkanlah juga untuk melihat Candi Bubrah, karena Candi ini berada di kawasan yang sama dengan Candi Prambanan.


Penulis : Lathiva
Editor : Deny Hermawan