Sociopreneur: Pengertian dan Hal-Hal yang Harus Dimiliki oleh Seorang Sociopreneur

27 Januari 2018

Bernas.id - Sifat masyarakat Indonesia yang terkenal suka menolong sesama ini cocok sekali dengan sociopreneur. Nilai sosial yang melekat dalam kehidupan sehari-hari merupakan modal dasar dari tumbuhnya wirausaha yang berbasis sosial di Tanah Air Indonesia

Apa itu sociopreneur? Sociopreneur adalah usaha atau bisnis yang tidak hanya mengambil keuntungan semata, ada unsur sosial di dalamnya. Usaha yang tidak bertujuan untuk memperkaya diri sendiri ini berkontribusi dalam kesejahteraan banyak orang. Jenis-jenis usaha sociopreneur sangat beragam, mulai dari lingkungan, kesehatan, bahkan hingga pendidikan. Hal ini tergantung orang yang melakukannya. Biasanya mereka akan memulai dari hal yang paling disukainya.

Biasanya sociopreneur ini tumbuh dari sebuah komunitas. Komunitas pengusaha yang sudah memiliki omzet yang berlebih setiap harinya, mereka termotivasi untuk menggulirkan sebagian rezekinya untuk melakukan sociopreneur.

Salah satu sociopreneur terkenal dunia adalah Muhammad Yunus, beliau adalah seorang pengusaha asal Bangladesh. Muhammad Yunus adalah salah satu pebisnis yang mendapat Medali Nobel karena inovasi dan keberaniannya membuka sebuah bank yang mampu memberikan pinjaman dengan bunga yang rendah kepada entrepreneur pemula yang ingin membuka usaha. Hal ini adalah hal yang dibenci oleh pemilik bank konvensional di dunia.

Usaha berbasis sosial ini diperuntukkan untuk membantu sesama dalam operasionalnya sekaligus memberikan edukasi-edukasi. Mereka yang tidak memiliki pekerjaan biasanya diberikan modal untuk melakukan usaha. Di mana usaha tersebut nantinya akan dipantau setiap hari dan bulannya. Bukan hanya itu, biasanya melalui pemantauan itu, jika usaha yang dijalankan berhasil dan menghasilkan profit yang besar, ada sistem bagi hasil. Di mana dana bagi hasil tersebut akan diputar  kembali untuk membantu yang lainnya dalam memulai usaha.

Penggiat sociopreneur biasanya memiliki kepribadian yang pantang menyerah, gigih, mandiri, inovatif, peka sosial, dan memiliki empati yang tinggi terhadap masyarakat. Mereka berpikir bahwa bagaimana bisnisnya dapat membawa manfaat bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Berikut hal-hal yang harus dimiliki untuk menjadi sociopreneur:

1. Itikad

Pertama yang harus kita miliki untuk menjadi sociopreneur adalah niat. Niat untuk menjadi penguasaha dengan dasar fundamental sosial, di mana usaha yang dilakukan nanti bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri, melainkan untuk membantu menyejahterakan orang lain.

2. Ikhlas

Untuk menjadi sociopreneur kita harus memiliki hati yang ikhlas. Bisnis yang ditujukan untuk kesejahteraan banyak orang dan bukan untuk kepentingan pribadi ini biasanya memiliki banyak godaan.

3. Visi dan Misi yang Jelas

Menjalankan sociopreneur haruslah dengan visi dan misi yang jelas. Kenali dulu tujuan dalam membangun usaha ini, dengan begitu kamu akan mendapatkan motivasi, dan motivasi tersebutlah yang akan membawamu menjalankan usaha ini dengan baik.

4. Mental yang Kuat

Perlu disadari, bisnis yang berbasis membantu kesejahteraan orang lain tidaklah mudah. Banyak sekali godaan yang menghampiri, terutama dalam hal materi. Jangan sampai godaan materi membuatmu melupakan tujuan dari terbangunnya usaha sociopreneur ini.

Semoga, teman-teman pengusaha lainnya dapat menjadi sociopreneur demi menumbuhkan perekonomian masyarakat Indonesia.


Penulis : Isnaini Annisa
Editor : Sabila J. Firda