Ini Pilihan Warna yang Tepat untuk Kamar Anak

17 Maret 2018

Bernas.id - Selain berfungsi sebagai tempat istirahat, kamar tidur juga berfungsi sebagai tempat beraktivitas. Terlebih pada anak-anak usia pertumbuhan, kamar juga merupakan sarana belajar mengenal hal-hal baru dan mengembangkan kreativitas. Anda bisa mendukung proses belajar dan pengembangan kreativitas tersebut dengan mengaplikasikan warna yang tepat pada kamar anak. Pasalnya, aplikasi warna yang tepat pada kamar anak dapat menciptakan suasana menyenangkan bagi mereka untuk belajar.

Seniman dan konsultan warna asal Amerika Serikat, Sunny Goode dalam bukunya berjudul Paint Can! Children’s Room: Patterns & Projects for Colorful Creative Spaces menjelaskan bahwa orang tua bisa memberi perubahan besar pada suasana kamar anak hanya dengan sentuhan kecil warna. Berikut adalah beberapa warna yang bisa Anda coba aplikasikan pada kamar anak untuk mendukung kreativitas mereka.

Warna pertama yang bisa Anda coba aplikasikan adalah merah. Warna ini memiliki kemampuan untuk membangkitkan energi di dalam tubuh dan pikiran, sehingga anak-anak jadi betrsemangat dalam beraktivitas. Kendati demikian, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa warna merah yang terlalu banyak dapat menimbulkan sikap agresif dan mengganggu fokus, sehingg kurang cocok diaplikasikan pada kamar anak yang sudah aktif. Dalam mengaplikasikan warna merah pada kamar anak, Anda juga bisa memadukannya dengan warna lain. Jadikan warna merah sebagai aksen warna-warna kalem yang menenagkan sehingga keduanya bisa saling melengkapi.

Warna oranye juga bisa menjadi pilihan untuk kamar anak Anda. Pasalnya, warna ini mampu menciptakan suasana hangat dan bersahabat. Bagi anak-anak, warna oranye bisa meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian, memberikan inspirasi bagi mereka untuk berkomunikasi dan bekerja sama.

Warna kuning juga bisa menjadi pilihan untuk kamar anak Anda. Sesuai dengan karakternya, warna kuning bisa menciptakan kegembiraan dan keceriaan terlebih pada anak-anak. Sementara warna kuning muda juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi anak. Namun, warna kuning yang berlebihan bisa memunculkan suasana tidak nyaman.

Jika kamar anak Anda berkonsep natural, cobalah untuk mengaplikasikan warna hijau. Pasalnya warna ini punya dampak yang cukup signifikan pada perkembangan anak-anak. Para ilmuwan bahkan mengatakan warna hijau mampu meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Terlebih tidak ada efek negatif tertentu jika warna ini diaplikasikan secara berlebihan. Namun hal itu tetap tidak disarankan karena akan mempengaruhi keindahan kamar anak Anda.

Selain menggunakan warna-warna di atas, Anda juga bisa mengaplikasikan warna-warna lain yang memang disukai anak Anda. Ajaklah anak Anda berdiskusi tentang warna apa yang mereka inginkan untuk kamar mereka. Terlepas dari warna yang mereka pilih, proses diskusi ini juga akan meningkatkan daya kreativitas dan imajinasi mereka.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda tentu membutuhkan produk cat yang tidak hanya menyediakan beragam pilihan warna tetapi juga aman. Dalam hal ini, Belazo Kidzdream dari PT Indaco Warna Dunia layak menjadi pilihan Anda. Selain tersedia dalam ratusan pilihan warna khusus kamar anak, Belazo Kidzdream juga aman karena 100 persen berbahan dasar air serta tidak mengandung timbal dan raksa. Jangan khawatir, jika anak Anda gemar mencorat-coret dinding. Belazo Kidzdream dilengkapi dengan teknologi antigrafiti yang mencegah noda meresap ke lapisan cat, sehingga noda jadi mudah dibersihkan.

Mari dukung perkembangan kreativitas anak Anda dengan mulai menggunakan Belazo Kidzdream. Belazo Kidzdream, bebaskan noda, bebaskan kreativitas.


Penulis : Aji Baskoro
Editor : Paulus Yesaya Jati