Di Ketinggian 5000 Kaki, Mesin Alami Masalah

05 September 2018

Bernas.id - Telah terjadi kecelakaan pesawat ringan Ultralight seri PK S160 sekitar pukul 16.00 WIB di Gading, Kecamatan Playen, tepatnya di belakang kantor cabang BRI Gading, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa 4 September 2018.

Diketahui pilot dari pesawat tersebut bernama Faslan Havisha, asal Jogja, berstatus mahasiswa, warga Desa Trihanggo, Gamping, Sleman. Sedangkan, Co Pilot bernama Erik Kristianto, sebagai pemilik pesawat, yang dikenal sebagai vokalis grup band kenamaan Endank Soekamti.

Kronologi kejadian, kedua korban terbang dari Bandara Adi Sucipto dalam rangka latihan rutin dan melintas di atas Pangkalan Gading, tapi tiba-tiba mesin mati lalu melakukan pendaratan darurat di Pangkalan Gading. Karena angin kencang, pesawat tidak bisa diarahkan kelandasan dan jatuh di sebelah barat lapangan Gading Playen. Pesawat tersangkut di pohon. Untungnya, kondisi pilot dan co pilot selamat, tidak mengalami luka-luka.

Saksi mata bernama Kasiman (35 tahun), warga Gading 1, Gading, Kecamatan Playen, Gunungkidul mengatakan bahwa dirinya mendengar suara keras di salah satu pekarangan rumah warga sehingga membuat penduduk mencari asal-muasal suara tersebut. Ia tak menyangka suara keras itu berasal dari pesawat yang sebelumnya terbang di atas lapangan udara Gading.

Sedangkan, Ketua Jogja Flying Club' (JFC) Tjandra Agus Budiman menyatakan pesawat tersebut sudah melalui tahap pengecekan, baik mesin maupun komponen lain sehingga layak terbang.

"Setelah dinyatakan layak terbang, pilot memutuskan untuk latihan rutin di area selatan lapangan terbang Gading Gunungkidul dari Lanud Adisutjipto," terang Agus didampingi Kapentak Lanud Mayor Sus Ambar Rejiyati saat konferensi pers di media center Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

Diinformasikan, di ketinggian 5000 kaki mesin mengalami masalah dan mendadak mati. Hanya saja pesawat yang didominasi warna merah dan kuning tersebut tidak mampu mencapai landasan dan harus mencapai tempat aman. Pesawat ringan Ultralight rusak di bagian depan dan sayap akibat benturan dengan pohon. (jat)


Penulis : Penulis
Editor : Editor