Jaga Warga Bentuk Kewaspadaan Dini Kabupaten Sleman

05 September 2018

Bernas.id - Pemerintah Kabupaten Sleman tandatangani komitmen bersama pelaksanaan Jaga Warga bertempat di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu 5 September 2018.

Komitmen tersebut ditandatangani oleh 17 Kepala Camat se-Kabupaten Sleman disaksikan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo dan Kepala Satpol PP Kabupaten Sleman, Hery Sutopo.

Gagasan yang diinisiasi oleh Satpol PP Kabupaten Sleman tersebut bertujuan untuk mensinergikan Pemerintah Desa, Pemerintah Kabupaten Sleman dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam upaya menjaga keberadaaan warga dalam kehidupan masyarakat sehingga tercapai keselarasan dan pencapaian tujuan ketentraman dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan Jaga Warga merupakan bentuk kewaspadaan dini Pemkab Sleman dalam menjaga masyarakat yang kondusif. Karena menurutnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, Sleman memiliki spesifikasi sendiri dan tentu berbeda dengan daerah lain dalam menciptakan masyarakat yang aman dan sejahtera.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Sleman Hery Sutopo mengatakan Satpol PP dalam hal ini bertugas untuk membina, mensosialisasikan, dan memotivasi masyarakat agar membentuk Jaga Warga. Warga nantinya akan ikut berperan aktif dalam pembentukan Jaga Warga tersebut.

Ke depannya, ia mengatakan Satpol PP akan melakukan pembentukan Jaga Warga lebih intensif. Salah satunya melalui melalui Peraturan Bupati tentang Jaga Warga di tingkat Kabupaten Kota.

“Setiap dukuh dapat membentuk Jaga Warga hanya dengan warga meminta kepada Kepala Desa, yang kemudia akan dikukuhkan oleh Kepala Camat di daerahnya sehingga ke depannya pembentukan warga dapat lebih intensif,” kata Heru. (jat)


Penulis : Penulis
Editor : Editor