Baznas DIY Raih WTP

06 September 2018

Bernas.id - Laporan Keuangan Badan Amil Zakat Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta (Baznas DIY) Tahun 2017 meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pencapaian ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menunaikan zakat, infak, dan sedekahnya kepada BAZNAS DIY.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta (Baznas DIY), Dr H Bambang Sutiyoso, SH, MHum mengatakan, predikat ini adalah wujud komitmen Baznas DIY dalam pengelolaan keuangan yang transparan, profesional dan akuntabel.

“Sejak pimpinan dilantik pada tahun 2016, ini kali pertama laporan keuangan Baznas DIY dilakukan proses Audit keuangan dan Alhamdulillah memperoleh predikat WTP dari akuntan publik. Saya berharap ini adalah bagian dari komitmen kita dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada para muzaki dan mustahik. Sehingga transparansi dan keterbukaan yang baik, akan mendorong kepercayaan publik terhadap pelaksanaan syariat zakat khususnya di DIY,” ucapnya didampingi para wakil ketua saat rapat pleno, Senin 3 September 2018.

Predikat WTP ini adalah hasil pemeriksaan akuntan publik terhadap laporan keuangan yang disusun berdasarkan standar akuntansi dan diaudit menggunakan norma pemeriksaan akuntansi zakat PSAK 109 tahun 2012. Sebagai lembaga pemerintah non struktural, Baznas akan selalu menjaga akuntabilitas dan transparansi keuangan. Sesuai dengan amanah Undang-Undang No.23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Dengan capaian ini diharapkan masyarakat akan semakin mempercayakan pengelolaan zakat, infak, dan sedekahnya melalui Baznas DIY. Sehingga semakin banyak pula mustahik yang menerima manfaatnya.

Ketua Baznas DIY juga menghimbau agar BAZNAS Kabupaten/Kota dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang resmi juga terus mempertahankan kredibilitas yang baik dan melakukan pemeriksaan keuangan secara berkala serta melaporkannya ke Baznas DIY sebagai regulator kebijakan Pengelola Zakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai lembaga pemerintah non structural Baznas DIY akan terus melakukan Koordinasi dan Sosialisasi bersama-sama seluruh Organisasi Pengelola Zakat yang terdaftar resmi di Daerah Istimewa Yogyakarta. (*/jat)


Penulis : Penulis
Editor : Editor