Kecamatan Kraton Ikuti Lomba Bidang Kesehatan 2018 se-Kota Jogja

06 September 2018

Bernas.id -- Dalam rangka mendukung gerakan Keluarga Berencana (KB) dan pembangunan kesehatan, pergerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), maka perlu ditingkatkan dengan bentuk intensifikasi, berupa kepesertaan dalam Lomba Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG)-Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)-Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK-KES) dan Lomba Bidang Kesehatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Hal itu disampaikan Camat Kraton Drs. S Widodo Mujiyatno, Kamis (06/09/2018), ketika menyambut rombongan Tim Yuri Lomba, di Pendapa Museum Gamel, Jalan Gamelan Kidul, Yogyakarta. Rombongan Tim Yuri Lomba dipimpin oleh Wakil Ketua Penggerak PKK Kota Yogyakarta drg Poerwati Soetji Rahajoe, Sp.BM dan 41 anggota yuri, yang terdiri dari unsur yang terkait dari Pemerintah Kota Yogyakarta dan PKK Kota Yogyakarta tersebut, diterima oleh Jajaran Muspika, para Lurah se Kecamatan Kraton dan peserta lomba dari RW 08 dan RW 11 Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

“Kedatangan tim yuri lomba sengaja kami terima dan kami sambut di pendapa Museum Gamel, karena tempat ini merupakan tempat bersejarah bagi perjuangan bangsa. Dan kami berharap semangat perjuangan menggelora dapat dirasakan oleh perserta maupun tim yuri yang bertugas. Sehingga pembangunan kesehatan warga dan lingkungan dapat semakin meningkat,”jelas Widodo.

Sementara itu, Wakil Ketua Penggerak PKK Kota Yogyakarta, drg Poerwati Soetji Rahajoe, Sp.BM, mengatakan, bahwa lomba yang diselenggarakan ini merupakan bentuk evaluasi. Atau bukan kejuaraan sebagai tujuan melainkan pelaksanaan para kader di berbagai bidang kesehatan yang ada di lingkungan sekitar masing-masing. Sehingga yang terpenting kedepan adalah kegiatan para kader yang berkelanjutan dan bermanfaatnya bagi warga.

Ketua PKK RW 08 Suryoputran, Kelurahan Panembahan Nanik Pujiastuti, kepada bernas.id, menjelaskan, dalam lomba yang dinilai utamanya adalah administrasi KKG-PKK-KKBPK-KES dan Lomba Bidang Kesehatan, meliputi Lingkungan Bersih Sehat (LBS), Rumah Sehat, Gerakan Sayang Ibu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta keberadaan Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Bank Sampah.

“Juga adanya Posbindu atau pos pembinaan terpadu, yang teriintergrasi Posyandu, BKB, Paud, dan Lansia yang diwakili oleh RW 11. Jadi dalam lomba ini Kelurahan Panembahan sebatas sebagai pendampingan. Sedangkan yang punya gawe adalah Kecamatan Kraton dengan menunjuk sebagai peserta adalah RW 08 Kampung Suryoputran dan RW 11 Kampung Panembahan,” imbuh Nanik, yang rumahnya dijadikan pos penilaian rumah sehat. (ted)


Penulis : Tedi
Editor : Editor