Harga Kedelai Impor Masih Stabil Tinggi

07 September 2018

Bernas.id-Harga kedelai impor di beberapa pasar tradisional di wilayah Jogja masih stabil tinggi, berkisar antara Rp8500 hingga Rp9330 per kilogramnya. Harga ini tidak banyak berubah sejak akhir Agustus lalu. 

Berdasarkan data Dinas Perdagangan DIY, harga kedelai di Pasar Beringharjo, Kranggan dan Demangan pada Jumat (7/9) masih sama dengan harga pada akhir Agustus. Yakni Rp9100 per kilogram untuk kedelai lokal dan Rp9330 per kilogram untuk kedelai impor. 

Lurah Pasar Beringharjo Timur, Sigit Widodo membenarkan hal iru. Menurutnya meski nilai tukar rupiah terhadap dollar terus merangkak naik, belum terlihat adanya perubahan harga yang signifikan pada komoditas kedelai. Sebab harga kedelai baik impor maupun lokal stabil tinggi. Harga kedelai, menurut Sigit, biasanya berbeda-beda karena kualitasnya terbagi dalam beberapa tingkatan (grade). 

"Tingkatan terendah rata-rata dihargai Rp6500 per kilogram. Sedangkan patokan harga normal Rp6500 per kilogram merupakan standar saat kurs rupiah masih berkisar pada angka Rp12000 per dollar," ujarnya, Jumat (7/9/2018).

Walau demikian, Sigit menyebut para pedagang di Pasar Beringharjo pun menjual kedelai dengan harga yang beragam. Ada pedagang yang menjual kedelai lokal dengan harga Rp8500 per kilogram, begitu pula dengan impor. 

"Ada yang jual kedelai Impor Rp8000, Rp8500, sesuai kualitasnya masing-masing. Kalau soal stok juga masih mencukupi, rata-rata persediaan mereka tidak kiloan tapi kuintal. Rata-rata nyetok 1-2 kuintal per pedagang," sambungnya. (den)


Penulis : Penulis
Editor : Editor