HAORNAS Sleman Ajak Masyarakat Olahraga, Bangun Indonesia

10 September 2018

Bernas.id- Pemerintah Kabupaten Sleman melaksanakan Upacara Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) pada hari Senin (10/9), bertempat di Lapangan Pemda Kabupaten Sleman. Peringatan Hari Olahraga yang jatuh pada tanggal 9 September 2017 ini mengambil tema “Ayo Olahraga, Bangun Indonesia”.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara Hari Olahraga Nasional tersebut. Dalam amanatnya, Menteri Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi yang dibacakan Wakil Bupati Sleman menyampaikan bahwa tema tahun ini merupakan upaya Pemerintah Republik Indonesia untuk mengajak masyarakat untuk berolahraga karena merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam membangun Indonesia.

“Pembangunan di dalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani kita berarti mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental,” ungkap Menteri Nahrawi.

Lebih lanjut Menteri Nahrawi mengatakan bahwa tahun 2018 merupakan tahun olahraga, Dalam tahun olahraga ini, Bangsa Indonesia mendapatkan kado istimewa dengan suksesnya pergelaran Asian Games 2018 dan membuahkan prestasi, dengan masuk peringkat 4 besar Asia. Menurutnya, semua prestasi yang telah dicapai berkat persiapan secara matang dan sistematik, serta berkat hasil kerja keras bersama dari berbagai pihak.

 “Karena tidak akan ada prestasi kalau tidak ada partisipasi,” kata Menteri Nahrawi.

Menpora juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk berolahraga secara rutin dan teratur, baik pelajar, pekerja, bahkan warga binaan yang ada di lembaga Pemasyarakatan. Untuk itu, dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas dunia di masa selanjutnya.

Setelah berbagai prestasi yang dicapai, kemudian Menteri Nahrawi mengajak untuk menyukeskan perhelatan Asian Para Games 2018 yang beberapa waktu lagi akan dimulai. Selain itu, melalui HAORNAS, Menpora juga mengajak untuk menguatkan olahraga prestasi guna menuju pentas yang lebih besar, yakni Olympiade nantinya.

Sementara itu, Sri Muslimatun pun berharap bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Ayo Berolahraga ini bisa betul-betul memasyarakat. "Sekarang ini sudah senang karena generasi muda ternyata kan sudah membangun, berprestasi. Sekarang ini, bagaimana membuat yang tua ini, harus mulai (berolahraga-red) karena kebetulan Sleman ini kan orangtuanya banyak, angka harapan hidupnya tertinggi. Kalau orang tua ini tidak berolahraga, tidak menjalankan Germas dan Ayo Berolahraga pada setiap lansia maka akan menjadi beban pemerintah, keluarga, dan masyarakat," bebernya.

Wakil Bupati Sleman ini pun menginginkan bahwa peringatan HAORNAS ini benar-benar bisa menjadi agen dan corong kepada masyarakat dari mulai yang kecil sampai yang tua untuk melakukan Germas dan Ayo Berolahraga, diwujudkan secara nyata. "Tentu sesuai dengan usia. Jadi, anak-anak, olahraganya apa? Kalau remaja, apa? Dewasa, apa? Orangtua, apa?" tuturnya. (jat)


Penulis : Penulis
Editor : Editor