'Monaco' Diharapkan Bisa Jadi Ikon Jogja

10 September 2018

Bernas.id - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta kembali menggelar Moehi National Competition (Monaco) 2018. Event ketiga itu diramaikan 900 peserta dari berbagai wilayah se-Indonesia.

Ajang tahunan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Titik Sulastri di Lapangan Utama SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Senin (11/9/2018).

“Kompetisi ini merupakan momentum yang sangat strategis untuk mengukur sejauh mana kemampuan peserta dalam bidang yang ditekuninya,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam sambutannya yang dibacakan Titik Sulastri.

Selain itu, diharap acara sekaligus sebagai media evaluasi untuk mengetahui kekurangan yang dimiliki dengan melihat penampilan peserta lainnya.

“Hal ini penting terutama untuk semakin meningkatkan kualitas diri karena dengan demikian kemampuan akan senantiasa terasah dan semakin meningkat,” imbuhnya.

Ia menyebut Monaco sebagai ajang unik karena memadukan berbagai potensi dalam satu gelaran acara dari unsur intelektual, kreativitas, fisik, bahkan unsur agama dalam perlombaan yang diagendakan.

Oleh karena itu, menurutnya, berbagai upaya untuk menggali maupun meningkatkan potensi, prestasi maupun kompetensi generasi muda juga senantiasa dilakukan oleh pemerintah.

“Tidak hanya potensi dalam bidang akademik yang digali dan dikembangkan melainkan berbagai potensi dalam bidang-bidang lainnya juga perlu mendapatkan perhatian dalam porsi yang seimbang,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap Monaco bisa menjadi ikon Kota Yogyakarta bahkan DIY.

Ketua Panitia Moehi National Competition (Monaco) 2018 Muhammad Zulkifli mengatakan, Monaco tahun ini akan digelar selama dua hari sejak 11 sampai 12 September 2018.

“Peserta tahun ini berjumlah 900 perserta dari berbagai daerah, seperti Jayapura, Makassar, Palembang, Bengkulu dan Kota – kota lainnya,” ungkapnya.

Muhammad Zulkifli menjelaskan, akan ada 17 cabang perlombaan yang akan digelar pada tahun ini. Ada tiga piala yang diperebutkan, yakni Piala Juara Umum, Piala Kementerian Pendidikan dan Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga. (den)


Penulis : Penulis
Editor : Editor