Rangkaian Kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan di Jogja

11 September 2018

Bernas.id - Rangkaian kegiatan menyemarakkan hari Kunjung Perpustakaan  akan digelar sejak 13 hingga 18 September 2018 di Perpustakaan Kota Jogja. Fokus kegiatan utama akan berlokasi di lerpustakaan yang beralamatkan di Jalan Suroto no. 9 Kotabaru Yogyakarta itu.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menyebut, pada Kamis-Jumat 13 hingga 14 September jam 13.00 akan dilaksanakan kegiatan Fastival Literasi berupa Sanggar Jurnalistik bagi Remaja. Kegiatan ini merupakan pelatihan kepenulisan bagi siswa-siswi SMP di Kota Yogyakarta bertempat di lantai 2 Perpustakaan Kota Yogyakarta. Puncak peringatan dilaksanakan pada Jumat 14 September 2018 dengan kegiatan ‘Semarak Hari Kunjung Perpustakaan’. Kegiatan ini berupa excellent service perpustakaan kepada pengunjung. 

"Para pustakawan secara aktif akan mendampingi pengunjung dalam memanfaatkan perpustakaan, juga disediakan welcome drink dan snack, serta doorprize menarik," ujar Wahyu, Selasa (11/9).

Ia menyebut kegiatan lainnya adalah digelarnya Seminar Regional Perpustakaan Sekolah pada hari  Selasa 18 September 2018  bertempat di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Seminar mengangkat tema ‘Inovasi Perpustakaan Sekolah’. Menurutnya, rangkaian peringatan hari kunjung perpustakaan ini merupakan kontibusi nyata untuk mendukung pembangunan Yogyakarta Smart City.

 “Harapan saya perpustakaan sebagai pilar bidang pendidikan akan mampu mendorong terwujudnya masyarakat literat di Kota Yogyakarta. Melalui Semarak Hari Kunjung Perpustakaan 14 September ini menjadi puncak layanan prima bagi pemustaka yang datang ke Perpustakaan Kota Yogyakarta,” tuturnya.

Ia menambahkan, bulan September  menjadi momen penting bagi Perpustakaan Kota Yogyakarta untuk senantiasa meningkatkan layanan. Berbagai upaya telah dikembangkan yang diharapkan dapat menarik minat baca  masyarakat. 

"Salah satu upaya terbaru dan akan diluncurkan segera adalah dibukanya perpustakaan baru di wilayah Jogja Selatan. Hal ini diharapkan akan mampu meningkatkan coverage area layanan perpustakaan sekaligus memecah tingginya kunjungan pemustaka ke perpustakaan kotabaru,” tandas Wahyu. (den)


Penulis : Penulis
Editor : Editor