Berita Nasional Terpercaya

Melihat Berbagai Macam Flora dan Fauna di Taman Nasional Lore Lindu

0

HarianBernas.com – Taman Nasional Lore Lindu memiliki berbagai tipe ekosistem, seperti hutan pegunungan bawah, hutan pamah tropika, hutan pegunungan hingga hutan dengan komposisi jenis yang berbeda.

Tumbuhan yang terdapat di pegunungan bawah dan hutan pamah tropika antara lain Canangaodorata, Eucalyptus deglupta, Castanopsisargentea, Agathisphilippinensis,Pterospermumcelebicum, Philocladoshypophyllus, Gnetumgnemon,tumbuhanobat, danrotan.

Di dalam hutan, sebagian besar pohonnya kerdil yang ditumbuhi lumut dan hutan ini sering diselimuti kabut dengan berbagai macam satwanya yaitu 117 jenis mamalia, 88 jenis burung, 29 jenis reptil, dan 19 jenis amfibi.

Lebih dari 50 persen satwanya merupakan endemik Sulawesi yang diantaranya kera tonkean (Macacatonkeanatonkeana),kuskus (AiluropsursinusfurvusdanStrigocuscuscelebensiscallenfelsi), maleo (Macrocephalonmaleo),babirusa (Babyrousababyrussacelebensis), tangkasi (Tarsiusdiannaedan T. pumilus), katak Sulawesi (Bufocelebensis),tikus Sulawesi (Rattuscelebensis), kangkareng Sulawesi (Penelopidesexarhatus), ularemas (Elapheerythrura),musang Sulawesi (Macrogalidiamusschenbroekiimusschenbroekii), danikanendemik yang berada di DanauLindu (Xenopoecilussarasinorum).

Selain keunikan dan kekayaan sumber daya alam hayatinya, Taman Nasional Lore Lindu juga memiliki kumpulan batuan megalitik yang cantik dan merupakan salah satu monumen megalitik terbaik di Indonesia.

Taman Nasional Lore Lindu juga mendapat dukungan bantuan teknis internasional, dengan ditetapkannya Taman ini sebagai Cagar Biosfir oleh UNESCO pada tahun 1977.

Leave A Reply

Your email address will not be published.