Berita Nasional Terpercaya

Purwokerto, Kota Satria

0

PURWOKERTO, HarianBernas.com – Sebelum mengupas lebih dalam alangkah lebih baiknya kita mengenal istilah dari kalimat Purwokerto Kota Satria.

Satria atau kata yang ada pada Andas Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kata “Kesatria” yang memiliki arti Pahlawan.

Butuh Anda ketahui bahwa julukan Purwokerto Kota Satria adalah seperti yang banyak orang pertanyakan. Pada jaman dulu memang sangat banyak satria yang hidup di kawasan Kabupaten Banyumas. Misalnya pada jaman berdirinya Banyumas yaitu Joko Kaiman, Adi Pati Wirasaba.

Terkecuali itu pada jaman penjajahan juga ada sekian banyak ksatria atau pahlawan yang populer dan tertulis namanya di Peristiwa Pahlawan Nasional yang berasal dari daerah Banyumas seperti Jenderal Soedirman, Soerono, Gatot Subroto, Soparjo Roestam, dsb.

Bersama sejumlah pahlawan yang lahir di Purowkerto, sehingga tak salah bahwa Purwokerto mempunyai julukan Purwokerto Kota Satria. Ada sekian banyak fakta menyangkut sebanyak pahlawan yang hidup di Purwokerto terutama kepada diwaktu masa penjajahan.

Buktinya sanggup kita dapatkan di darah Tanjung, Purwokerto. Di situlah ruangan makam para pahlawan yang berjuang demi mempertahankan NKRI berjejer.

Tidak cuma yang merupakan istilah Purwokerto Kota Satria, dapat tapi SATRIA pula mempunyai sebagai penjabaran berkenaan angan-angan kota ini, merupakan :
 

S = Sejahtera
A = Adil
T = Tertib
R = Rapi
I = Indah
A = Aman

Leave A Reply

Your email address will not be published.