Berita Nasional Terpercaya

Penemu Kamera GoPro, Dari Hanya Menciptakan Sabuk Kamera Hingga Masuk Ke Jajaran Pengusaha Muda Sukses Sejagat

0

CALIFORNIA, HarianBernas.com – “Aku pingin sukses, pingin punya usaha yang terkenal dengan omset ratusan juta”

“Tapi aku bingung, musti gimana yah? mesti ngapain?”

“Ahh… kayaknya mustahil aku bisa begitu….”

Pernahkah hal tersebut terbayang dalam benakmu sobat? Apa yang harus kamu lakukan menghadapi keinginanmu itu? Menyerah karena itu sulit? Atau bangkit dan berjuang?

Pria ini sejak kecil dikenal sebagai pribadi yang aktif & gemar dengan kegiatan di luar ruangan. Salah satu favoritnya yaitu berselancar. Bahkan ketika masih duduk di sekolah dasar ia pernah mendirikan klub selancar bersama temannya.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Menginjak dewasa, ia membuat sebuah situs online yang menjual produk elektronik bernama EmpowerAll.com. Namun belum genap setahun situs tersebut akhirnya gulung tikar akibat menderita banyak kerugian.

Kemudian ia membangun sebuah perusahaan game bernama FunBug tahun 1999. Tak tanggung-tanggung, bisnisnya itu sempat mendapatkan kucuran pendanaan sebesar $3,9 juta dollar. Namun pukulan telak kembali menerjang bisnisnya, hingga perusahaan tersebut gagal, bangkrut, dan tak bisa diselamatkan.

Dua kali gagal dengan kerugian yang fantastis bukan? Apakah ia lantas kapok?

Siapa sangka dengan berbekal 600 buah ikat pinggang yang ia beli di Bali, ia memiliki ide untuk menciptakan sabuk kamera. Sabuk biasa yang awalnya hanya seharga $2 berhasil ia jual menjadi $60 dollar. Sejak itu, pria tersebut mulai berpikir kembali, jika bisa membuat produk kamera yang kompetibel untuk kegiatan outdoor, apakah mungkin?

Dengan idenya itu, ia langsung bergerak mencari produsen kamera film yang bisa didapatkan lisensinya. Bertemulah pria tersebut dengan brand kamera asal China yaitu Hotax. Dengan harga $3.05 per buah, ia mulai mengutak-atik kamera tersebut agar sesuai dengan action camera yang ada di dalam idenya.

Baca juga: Inilah 7 Daftar Aplikasi Investasi Resmi Versi OJK

Tahun 2002, ide tersebut berhasil ia ciptakan. Ide action kamera tersebut ia namakan dengan GoPro. Tak disangka baru 2 tahun dikembangkan di tahun 2004 produk GoPro sudah memiliki banyak peminat dengan angka jual fantasitis hingga $521 juta dari hasil penjualan sebesar 2,3 juta unit.

Ternyata ide ini semakin menjadi-jadi ketika sebuah perusahaan besar Foxcom membeli 8.88% saham GoPro senilai $200 juta dollar. Puncaknya saat saham GoPro dilepas di publik. Saat itu kekayaan pria tersebut melonjak hingga $3,9 miliar  atau sekitar 500 Milyar rupiah, dan menempatkan pria tersebut dalam jajaran pengusaha muda paling sukses sejagat.

Nama pria tersebut adalah Nicholas Woodman. Lahir 24 Juni 1975 dan besar di kawasan di Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

Bayangkan, hanya dari sebuah ide sederhana, seorang Nicholas Woodman berhasil meraih kesuksesan luar biasa. Yang diperlukan adalah keseriusan untuk melanjutkan ide tersebut dan totalitas untuk memperjuangkannya. Jangan tanggung-tanggung jika ingin terjun dalam suatu kesempatan.

Gimana pendapatmu? Yakin masih menyerah begitu aja jika ada masalah?

Cari dan wujudkan mimpimu!

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.