Berita Nasional Terpercaya

Pemerintah Perlu Tingkatkan Daya Saing Pariwisata Indonesia dengan Promosi

0

PEKANBARU, HarianBernas.com ? Daya saing pariwisata Indonesia kini menempati peringkat ke 50 berdasarkan dari Travel and Tourism Competitiveness Index-WEF. “Artinya daya saing pariwisata Indonesia masih kalah tertinggal karena terkendala pembangunan infrastruktur pariwisata yang kurang, pembangunan lingkungan yang kurang serta kesehatan dan kebersihan,” ujar Kepala BPS RI DR. Suryamin, M.Sc di Pekanbaru, Kamis (2/6).

Suryamin mengungkapkan pariwisata berkelanjutan dapat tercapai bila didukung oleh berbagai insrumen yang memadai ketersedian infrastruktur dan fasilitas. Investasi juga diperlukan guna pembangungan infrastruktur baru, seperti teknologi ramah lingkungan, transportasi hingga akomodasi yang meminimalkan kebutuhan energi. Selain itu tentang kebersihan dan fasilitas kesehatan sebagai contoh adalah pengadaan air bersih dan pengelolaan limbah.

Pada acara rapat konsultasi regional Produk Regional Bruto-Indikator Sosial Ekonomi (Konreg) PDRB-ISE se-Sumatera tahun 2016 yang bertajuk  “Optimalisasi peran industri pariwisata dalam mendukung pencapaian Sustainabel Developement Goal's melalui pemantapan infrastruktur dan promosi” mengungkapkan bahwa pemerintah mulai dari daerah hingga pusat berperan untuk menciptakan situasi yang menarik bagi sektor swasta.

Tentunya mereka akan berinvestasi di sektor industri pariwisata.

Pemerintah harus terlibat dalam industri pariwisata berkelanjutan guna pengembangan pariwisata. Selain itu, didukung dengan adanya promosi yang mampu mempunyai daya saing dengan negara lainnya.
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.