Berita Nasional Terpercaya

Satu Kunci Agar Berhasil di Hubungan Sosial

0

HarianBernas.com – Sobat, tahukah Anda sebuah kunci yang sangat menentukan efektivitas terapi, coaching, ataupun interaksi sosial? Ada satu hal yang sangat penting dalam hal ini, yang seringkali orang lewatkan.

Ya, Keakraban Bathin atau Rapport. Atau dalam terminologi keilmuan Hipnosis modern disebut juga Connectedness atau keterhubungan. Rapport disini adalah sebuah keakraban bathin. Betul, keakraban bathin. Disebut begitu karena bisa saja seseorang di luarnya terlihat akrab namun hanya berpura-pura. Keakraban bathin yang dimaksud adalah seseorang memang benar-benar akrab dan bawah sadar mereka terhubung.

Untuk menciptakan rapport atau connectedness. Telah ada dalam Social Interaction Theory, bahwa keakraban bathin di bangun dari kesamaan dan saling sharing (self-disclosure). Mari kita bahas satu per satu.

Kesamaan artinya semakin seseorang sama latar belakang sosialnya maka semakin akrablah orang tersebut. Semakin orang tersebut memiliki kesamaan satu dan lainnya, maka keakraban semakin terbangun. Coba bayangkan Anda sedang di London, dan tiba-tiba Anda bertemu dengan orang Indonesia yang sama-sama tinggal di daerah Surabaya. Langsung! Gelombang keakraban pasti membanjiri Anda berdua. Dan lucunya, biasanya dialek yang digunakan langsung berubah menjadi dialek Surabaya.

Hal ini menunjukkan bahwa ?saling menyamakan? adalah proses alami dalam komunikasi antar pribadi. Terlebih lagi selain kesamaan latar belakang sosial, penelitian juga menunjukkan bahwa dengan menyamakan nada suara, tinggi rendahnya suara (paralanguage), serta menyamakan bahasa tubuh dapat membuat komunikasi menjadi semakin akrab.

Jadi, dalam Neuro-Linguistic Programming diajarkan betul untuk menyamakan dan memperoleh harmonisasi dalam komunikasi. Ibarat alunan nada yang sangat indah, komunikasi yang baik memiliki alunannya sendiri. Selain menyamakan aspek-aspek diri, rapport juga dapat dibangun dengan cara saling sharing (self-disclosure). Semakin banyak orang curhat dengan kita, maka semakin akrablah ia dengan diri kita. Oleh karena itu ada yang bilang bahwa jika ingin membuat orang rapport dengan Anda, buatlah dia bercerita tentang dirinya sendiri selama beberapa menit. Dijamin rapport langsung terbentuk.

Bagaimana jika orang tersebut memiliki pribadi yang tertutup? Ya, curhat duluan (go first) adalah jalannya. Milton Erickson pernah berkata, ?Jika engkau ingin orang lain bercerita tentang ibunya, berceritalah tentang ibumu atau ibu secara umum..?

Benar saja, biasanya seseorang langsung terpancing untuk bercerita lebih lanjut ketika kita menceritakan kisah kita duluan. Dan dengan pemahaman ini Anda akan lebih mudah untuk menciptakan keakraban bathin kepada orang-orang disekitar Anda.

Sudahkah Anda izinkan diri Anda sendiri untuk mudah akrab dengan orang lain? Sudahkah Anda membangun rapport dalam setiap interaksi yang Anda jalani?

Salam Ajaib!

Andreas Pasolympia, BA, MA (Hons)
Happiness Coach | People Development & Communication Expert

Leave A Reply

Your email address will not be published.