Berita Nasional Terpercaya

Pentingnya Sikap untuk Menuju Kesuksesan

0

HarianBernas.com — Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard university menemukan bahwa ketika seseorang mendapatkan pekerjaan, 85% keberhasilannya disebabkan oleh sikap mereka dan hanya 15% yang karena kepandaian dan pengetahuan mereka.

Seru sekali, ironisnya kita tahu bahwa dana pendidikan kita kebanyakan dialokasikan untuk belajar kepandaian dan pengetahuan yang hanya menentukan 15 persen kesuksesan di tempat kerja. Waduh menarik sekali. Jarang sekali ada sekolah ataupun pendidikan yg mengajarkan soal bersikap yang baik.

Coba saya tanya dulu, dapatkah seorang presiden menjadi presiden yg baik tanpa sikap yang baik? Dapatkah orang tua, guru, pengusaha, karyawan membawakan peran mereka dengan baik tanpa sikap yang baik?

Ternyata sikap anda adalah landasan keberhasilan anda di bidang manapun yang anda pilih.

Hari ini kita akan belajar faktor faktor apa yang membentuk sikap anda,
Saya tanya dulu, apakah saat anda lahir langsung membawa sikap anda atau anda mengembangkan sikap ketika tumbuh dewasa? Tentu saja sikap terbentuk saat anda tumbuh dari anak anak ke dewasa, anda lahir seperti kertas kosong yang siap untuk ditulis. Terus apa aja sih faktor faktor yang membentuk sikap itu ?

1. Lingkungan
Lingkungan anda sangat berpengaruh terhadap sikap anda, baik itu lingkungan keluarga, organisasi, perusahaan, bahkan  negara, oleh karena itu makanya sikap anda pasti mirip dengan orang tua anda, karena anda secara sadar ataupun tidak sadar akan meniru orang orang di lingkungan anda. Kalau lingkungan anda penuh dengan orang orang yang bersemangat dan suka belajar, sudah pasti anda pun terbawa menjadi bersemangat dan suka belajar,

Begitu juga di negara-negara, dimana pemerintah dan lingkungan politiknya jujur, biasanya anda melihat masyarakatnya jujur, taat hukum, dan pemurah, namun sebaliknya di lingkungan yang korup, orang jujur akan mengalami kesulitan, sementara di lingkungan yang jujur, orang yg korup yang akan menghadapi kesulitan.

Ingat baik baik, budaya dimanapun selalu bersifat dari atas ke bawah, kalau leadernya bagus otomatis ke bawahnya juga bagus, makanya kalau anda melihat perusahaan yang pelayannya ramah sudah pasti atasannya juga ramah, kalau pelayaannya tidak baik, kemungkinan besar atasannya juga tidak baik.
ternyata lingkungan pengaruhnya sangat besar dalam membentuk sikap anda, oleh karena itu mulai pilihlah lingkungan yang anda inginkan seperti apa anda ingin menjadi.

2. Pengalaman
Sikap kita juga dibentuk oleh pengalaman kita dengan orang lain dan peristiwa peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita, misalnya dalam hidup kita punya pengalaman pahit karena bisnis orang tua anda atau bisnis anda hancur -ancuran, tanpa sadar pengalaman tersebut membentuk anda untuk menganggap bisnis itu tidak baik.
Jika punya pengalaman yang positif dengan seseorang sudah pasti sikap kita pun akan positif terhadap orang tersebut.

3. Pendidikan
Pendidikan disini yang dimaksud bukan hanya pendidikan formal. tapi juga pendidikan informal, anda akan bertindak sesuai dengan yang guru anda ajarkan kalau guru anda bersikap baik kemungkinan besar andapun akan bersikap baik, pendidikan yang baik seharusnya mengajarkan bukan hanya bagaimana mencari penghidupan, tetapi juga bagaimana menjalani kehidupan.

Ternyata faktor-faktor yang menentukan sikap anda adalah 3 hal di atas, yaitu lingkungan anda, pengalaman anda, dan pendidikan anda. Bukan turun dari langit. Oleh karena itu, untuk punya sikap yang baik cari lingkungan yang baik, buat pengalaman yang baik dan belajarlah dari guru guru yang terbaik.

Semoga mimpi mimpi anda segera tercapai

 

Salam Dahsyat!

Jansen Frank

Authorized Trainer of Xcellence International

Kalau Anda ingin mengundang saya sebagai pembicara di perusahaan ataupun kantor Anda, silakan hubungi di 0818 0856 5478 atau email: [email protected]

Leave A Reply

Your email address will not be published.