Berita Nasional Terpercaya

Kekuatan Secangkir Teh Panas untuk Bisnis Digital Anda

0

HarianBernas.com – Menurut Wikipedia “Hospitality” adalah hubungan antara tamu dan tuan rumah, atau tindakan atau keramah-tamahan terhadap tamu atau orang asing sekalipun,termasuk memberikan hiburan sekalipun. Kebetulan saat ini saya sangat dekat dengan para sahabat pebisnis yang bergerak di bidang hospitality.

Pasti Anda langsung menerka bahwa bisnis perhotelan, “tourism”, sampai bisnis rumah makan adalah bisnis yang bergerak di bidang “hospitality”. Era digital ini, semua bisnis seakan menjadi bisnis yang tidak luput dari digital hospitality. Bagaimana membuat aset digital Anda seperti website dan media sosial menjadi rumah digital Anda yang siap meneriman tamu digital dan membuat mereka betah dan akhirnya melakukan pembelian secara digital atau online.

Banyak website bisnis masih belum memperlakukan para pembeli sebagai seorang tamu VIP digital tapi masih seperti orang yang tidak dikenal atau orang asing. Padahal menurut arti dari hospitality diatas, orang asing sekalipun mempunyai hak untuk dilayani dengan keramah-tamahan. Tanpa mau menyalahkan para “front-liner” setiap bisnis digital atau ?Sales-Person? di setiap bisnis digital, kenyataannya website masih belum mempunyai pola pikir digital yang sederhana ini yaitu keramah-tamahan digital atau digital hospitality. 

Cara paling mudah menerapkan strategi digital hospitality di website adalah dengan memberikan tampilan desain digital yang menarik untuk dilihat mata dan susunan kata-kata headline yang menyentuh secara visual, auditory dan kinaesthetic. Isi website yang dikelola dengan apik, sistematis dan konsisten sehingga pengunjung digital Anda akan tertarik untuk tinggal beberapa waktu di rumah digital.

Suguhkan teh panas yang nikmat, tentunya secara digital, yaitu dengan pilihan isi yang bisa memberikan pengunjung digital Anda mendapatkan manfaat layaknya meminum teh panas dari daun teh yang berkualitas. Kelola website Anda dengan artikel yang memberikan edukasi, inspirasi, pencerahan, motivasi dan kalau menurut saya apa pun bentuk bisnis Anda, memberikan hal tersebut tidak selalu harus berkaitan langsung dengan produk dan jasa bisnis. Video tentang sejarah perusahaan dan testimonial dari pelanggan, ini mulai mengarahkan hasil dari minum teh panas menjadi salah satu penentu keberhasilan penjualan secara digital.

Seperti layaknya berkunjung ke rumah seseorang, di dunia digital juga harus ada unsur manusiannya. Sediakan pilihan untuk berbicara langsung dengan customer service anda melalui widget 'chat' atau sekedar berkirim email langsung. Jaga tingkat respon Anda, jangan sampai tamu digital 'dicuekin' atau Anda merespon lebih dari 24 jam.

Respon terbaik adalah 'real-time' seperti halnya Anda sedang berbicara langsung dengan tamu digital. Jangan terlalu banyak 'suguhan' seperti misalnya 'pop-up' window, iklan, penawaran lain di luar dari bisnis Anda dan lain-lain. Sediakan pilihan yang tepat dan biarkan tamu digital Anda yang memilih atau Anda bisa sederhananya memberikan pilihan dengan icon-icon yang mewakili setiap pilihan.

Kesimpulannya, aset digital Anda seperti foto, gambar, video dan presentasi digital harus digarap serius. Apalagi hal tersebut di masukan ke dalam website Anda, rumah digital Anda. Kelola dengan baik sehingga rumah digital Anda tidak kotor dengan spam dan virus yang menggangu tamu digital yang berkunjung. 

Info konsultasi, training, dan narasumber: 0877 88582887 – 0812 855 444 15 | e-mail: [email protected]

Leave A Reply

Your email address will not be published.