Berita Nasional Terpercaya

Tahukah Anda Kisah Misterius di Balik Monumen-Monumen Dunia Berikut Ini?

0

HarianBernas.com – Nenek moyang manusia yang hidup ribuan tahun lalu telah mewarisi berbagai bangunan dan monumen megah yang masih bisa disaksikan sampai sekarang. Jika mengamati struktur serta kekuatan bangunan jelas monumen – monumen Nenek moyang manusia yang hidup ribuan tahun lalu telah mewarisi berbagai bangunan dan monumen megah yang masih bisa disaksikan sampai sekarang. Jika mengamati struktur serta kekuatan bangunan jelas monumetersebut dirancang dengan sangat detail dengan menggunakan ilmu sains modern.

Hal yang menjadi pertanyaan adalah apa fungsi dan tujuan serta bagaimana bangunan dan monumen raksasa itu dibuat. Hingga sekarang ada banyak teori dan kepercayaan yang berkembang di masyarakat.

Berikut kisah misterius monumen-monumen yang ada di dunia.

1. Borobudur, Indonesia

Ada sejumlah teori mengenai bagaimana cara membangun candi yang terletak di sebelah selatan kota Magelang. Teori yang paling umum, candi Borobudur merupakan peninggalan kerajaan Buddha. Candi ini konon dibangun oleh Samaratungga dari Dinasti Syailendra selama 50 tahun, mulai 778 sampai 856 Masehi.

2. Stonehenge, Inggris

Menurut legenda, bangunan batu tersebut dibangun oleh seorang penyihir bernama Merlin. Stonehenge muncul jauh sebelum Raja Arthur. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana orang dulu mengangkut batu raksasa dari lokasi tambang yang ditemukan ratusan kilometer dari Stonehenge.

3. Baalbek, Libanon

Bangunan yang menyerupai kuil dengan gaya antic dahulu adalah sebuah bangunan megah di sebuah kota yang makmur. Pada waktu tersebut bangsa Roman tidak memiliki teknologi yang dapat membuat blok batu yang mencapai 1000 ton beratnya. Sebagai perbandingan Piramida di Mesir hanya memiliki berat 90 ton.

4. Tikal, Guatemala

Menurut kabar bangunan tersebut merupakan tempat pemukiman bangsa Maya. Dalam lingkungan tersebut terdapat kolam buatan dan sebuah lapangan untuk permainan bola dan juga istana. Namun yang unik dari tempat tersebut adalah adanya piramida yang memiliki struktur indah.

5. Petra, Yordania

Bangunan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut tersebut tersembunyi di balik dinding batu. Sejarah dan fungsi bangunan tersebut masih belum jelas. Ada yang menyebut Petra dahulu digunakan sebagai kuil atau makam. Pembuat bangunan tersebut membutuhkan waktu yang lama dan perlu tingkat kejelian yang tinggi untuk memahat dinding batu menjadi mahakarya yang menakjubkan tersebut.

6. Terracotta Army, China

Tempat yang menjadi makam Qin Shi Huang ini terdapat lebih dari 8000 patung prajurit Cina dan kuda. Patung tentara tersebut konon dibuat pada tahun 200 sebelum masehi. Selama penggalian dari tahun 1970 para ilmuwan harus bekerja sangat hati-hati. Salah satu teori menyebut alasan pembuatan tempat tersebut adalah untuk tujuan keamanan. Karena menurut legenda kuno, mereka harus menemani kaisar di alam baka.

7. Angkor Wat, Kamboja

Banyak ilmuwan yang meragukan bangunan Angkor Wat dibangun oleh bangsa Khmer. Bangunan tersebut memilik struktur yang sangat padat dan halus. Pemandangan di Angkor Wat terlihat menakjubkan ketika musim hujan. Dengan adanya parit yang lebar, Angkor Wat mirip dengan sebuah pulau di tengah lautan yang luas.

8. The Easter Island Statues, Chili

Deretan patung yang berada di sebuah pulau di Samudra Pasifik masih menjadi sebuah misteri yang belum terpecahkan. Ada yang mengatakan patung tersebut dipindahkan dari tempat lain.

9. Patung Sphinx, Mesir

Patung kolosal yang berada di tengah gurun yang mungkin akan menjadi misteri terbesar sepanjang masa. Teori yang paling umum, patung ini dibangun oleh Firaun. Sejumlah penelitian telah dilakukan, namun berakhir dengan insiden serta pelarangan dari pihak yang berwenang.

10. Prambanan, Indonesia

Tidak jauh berbeda dengan kisah candi Borobudur, sejarah candi Prambanan juga masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Kisah yang banyak dipercayai masyarakat yaitu bangunan ini dahulu dibangun atas permintaan Roro Jonggrang kepada Joko Bandung sebagai syarat jika ingin menikahi Roro Jongrang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.