Berita Nasional Terpercaya

Tips Bahagiakan Diri Kapan Saja dan Dimana Saja

0

Harianbernas.com – Bahagia adalah kata favorit karena menjadi impian semua orang. Kita kerja setiap hari tujuan akhirnya adalah untuk bisa berbahagia dengan hasil usaha kita. Kita bertemu orang dan berkomunikasi satu sama lain juga bertujuan untuk bisa saling membahagiakan. Lalu apa itu bahagia? 

Saya pribadi senang mengartikan bahagia adalah ketika Anda mensyukuri apa pun yang Anda miliki saat ini. Seperti kata Fredrick Koeing  ?Kita sering lupa bahwa kebahagiaan tidaklah datang sebagai hasil dari mendapatkan apa yang tidak kita miliki, tetapi dengan mengenali dan menghargai apa yang telah kita miliki.?

Perasaan bahagia merupakan produk dari pikiran yang Anda miliki. Bagaimana kualitas berpikir Anda sangat menentukan kualitas perasaan yang Anda miliki. Saat Anda tidak dapat mengendalikan cara berpikir Anda, maka pikiran Anda secara otomatis mengambil alih kendali tersebut. Akibatnya, Anda tidak dapat mengendalikan akibat yang harus Anda tanggung karena keputusan-keputusan yang dibuat oleh pikiran Anda. 

Banyak orang yang dalam kehidupannnya tidak bahagia bukanlah karena mereka tidak berhak atau tidak bisa untuk merasa bahagia, melainkan dikarenakan mereka tidak memilih untuk bahagia. Dengan demikian rahasia bahagia ternyata berkaitan erat dengan bagaimana kemampuan Anda dalam mengkomunikasikan sesuatu secara tepat pada diri Anda.

Bahagia muncul dari apa yang Anda katakan pada diri Anda. Berbeda cara Anda mengatakan sesuatu pada diri Anda akan memberikan arti yang berbeda pula. Kebanyakan orang tidak bahagia dalam kehidupannya hanya dikarenakan kesalahan mereka dalam mengkomunikasikan kata bahagia tersebut.

Sekarang jawablah pertanyaan saya,

  1. Apakah Anda merasa bahagia saat orang lain bertemu dengan Anda mereka tersenyum kepada Anda?
  2. Apakah Anda merasa bahagia bila diberikan hadiah oleh orang lain?
  3. Apakah Anda bahagia saat seseorang mengatakan kepada Anda bahwa dia sangat mencintai Anda?

Jika jawaban Anda ketiga-tiganya ya, maka Anda termasuk orang yang normal karena sebagian besar orang pasti akan menjawab ya pada pertanyaan di atas. Dengan kata lain, Anda sepakat bahwa bahagia adalah ketika orang lain senyum kepada Anda, bahagia adalah saat Anda diberikan hadiah dan mendapat ucapan yang romantis dari seseorang.

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah, adakah yang keliru dengan cara orang kebanyakan mendefinisikan kata bahagia seperti di atas? Letak kekeliruannya adalah jika Anda termasuk orang yang mendefinisikan bahagia seperti di atas maka Anda termasuk orang yang hidup dalam kendali orang lain.

Saat Anda bertemu dengan orang lain dan kemudian mereka tidak tersenyum kepada Anda, apakah Anda bisa merasa bahagia? Tentu tidak jika definisi Anda bahagia adalah ketika orang lain tersenyum kepada Anda dan ketika ulang tahun Anda tiba dan tidak satupun sahabat ataupun keluarga yang mengucapkan selamat ulang tahun dan memberikan Anda hadiah apakah Anda bisa tetap merasa bahagia dihari ulang tahun Anda? Pastinya tidak jika Anda mendefinisikan bahagia adalah saat orang-orang yang Anda cintai mengucapkan sesuatu kepada Anda sambil memberikan hadiah.

Kebanyakan orang hidup dalam kendali orang lain. Perasaan mereka ditentukan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Masing-masing orang di sekitarnya diibaratkan membawa remote emosi dirinya, sehingga dengan mudah orang lain dapat mengubah perasaanya dari gembira menjadi sedih, dari senang menjadi marah.

Bagaimana perasaan Anda terhadap sesuatu tergantung dari bagaimana Anda mengartikan hal tersebut pada diri Anda. Dengan kata lain jika cara Anda mengkomunikasikan sesuatu berbeda maka secara pasti apa yang Anda rasakan pun kan berbeda.

Untuk dapat mengendalikan diri Anda seutuhnya agar tetap bahagia, Anda hanya butuh belajar bagaimana mengkomunikasikan arti bahagia dengan cara yang tepat. Bagaimana jika saat ini Anda mengkomunikasikan bahagia sebagai :

  1. Saya merasa bahagia saat saya tersenyum kepada orang lain.
  2. Saya merasa bahagia saat saya memberikan sesuatu kepada orang lain, apapun itu.
  3. Saya merasa bahagia saat saya mengatakan pada orang lain betapa saya sangat mencintai mereka.

Dengan kata lain, apapun yang terjadi dalam kehidupan Anda, selama Anda tersenyum Anda dapat merasakan bahagia. Tanpa harus terpengaruh oleh orang lain yang berwajah cemberut kepada Anda. Bukankah bisa jadi orang tersebut mungkin sedang memiliki masalah sehingga membuat wajahnya cemberut dan kemungkinan besar masalah yang dihadapi oleh orang itu sama sekali tidak berhubungan dengan diri Anda. Dengan cara ini Anda memiliki kontrol penuh dalam diri Anda. Anda dapat merasa bahagia, gembira, senang, termotivasi dan lainnya, kapanpun dan dimanapun Anda inginkan.

Salam Pembelajar

Ronal Hutagalung
Motivator & Trainer Indonesia Timur
Penulis buku “Ternyata Berprestasi itu Mudah”
dan “Sukses dengan NLP”
CP : 0821-1000-0650

Leave A Reply

Your email address will not be published.