Berita Nasional Terpercaya

Inilah Surat Cinta Mark Zuckerberg untuk Putrinya di Hari Ayah (Bagian 1)

0

HarianBernas.com ? Hari Ayah (Father?s Day) memang dirayakan di sebagian negara di dunia, tak terkecuali di Amerika Serikat. Banyak orangtua terutama ayah menikmati kebersamaannya dengan putra dan putrinya di hari tersebut. Di waktu inilah para ayah semakin menguatkan hubungan dengan sang anak. Begitupula dengan CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Zuckerberg merayakan Hari Ayah pertamanya dengan putri tercinta, Maxima hanya beberapa bulan setelah ia lahir. Untuk merayakannya, Zuckerberg menulis sebuah ?surat cinta? untuk Max (sapaan akrab dari Maxima) yang berisi harapan untuk Max dan dunia ini.

Inilah isi dari surat cinta Zuckerberg untuk Max dilansir dari The Times of India :

?Sayang Max,

Ayah dan Bunda belum tahu kata-kata apa yang dapat menggambarkan harapan kami untuk Max di masa depan. Kehidupanmu penuh dengan janji yang hebat dan kami berharap kamu akan sehat dan bahagia sehingga kamu dapat mengeksplor dunia ini. Max telah memberikan alasan kami (Ayah dan Bunda) untuk dapat merefleksikan dunia yang kami harapkan dimana kamu dapat tinggal dengan tenang.

Seperti semua orangtua di dunia, kami ingin Max tumbuh dengan dunia yang jauh lebih indah dari dunia yang ditinggali oleh Ayah dan Bunda saat ini.

Walaupun kenyataannya, banyak kabar yang menceritakan betapa buruknya dunia ini, padahal di sisi lain dunia menjadi lebih baik. Dunia kesehatan telah berkembang. Kesengsaraan semakin menurun. Pengetahuan senantiasa bertumbuh. Orang-orang semakin dapat saling berhubungan. Teknologi semakin maju di segala bidang itu artinya duniamu nanti Max harus lebih indah dari dunia Ayah dan Bunda.

Tenang saja, Ayah dan Bunda akan bekerja keras supaya hal itu terjadi, bukan hanya karena kami mencintaimu, Max. Tetapi kami berdua bertanggung jawab secara moral kepada seluruh anak-anak di generasi selanjutnya.

Kami percaya, semua orang harus hidup dengan nilai yang sama dan itu termasuk banyak orang di luar sana yang ingin hidup demi generasi masa depan yang lebih baik daripada hari ini. Masyarakat saat ini mempunyai kewajiban bagaimana memajukan kehidupan dunia, bukan hanya saat ini. Tapi sekarang, kami memang tidak bisa secara langsung membantu dan menyelesaikan masalah yang mungkin akan kalian hadapi di masa depan.   

Berbicara tentang wabah penyakit. Hari ini, kami menghabiskan waktu sekitar 50 kali lebih banyak untuk membantu masyarakat yang sakit dibandingkan kami menginvestasi berbagai riset sehingga Max nantinya tidak sakit (padahal seharusnya ini prioritas kami yang utama sebagai orang tua).

Pengobatan baru benar-benar di pelajari secara sains kurang dari 100 tahun yang lalu, dan terbukti generasi kami dan sebelumnya telah berhasil menyembuhkan berbagai penyakit dan wabah. Bersamaan pula dengan perkembangan teknologi, kami benar-benar dapat membuat beberapa pencegahan, penyembuhan dan bagaimana mengatur semuanya atau mungkin ?amanah? ini akan dilanjutkan 100 tahun lagi.

Saat ini, mayoritas orang yang meninggal karena 5 hal ? penyakit jantung (stoke), hati, kanker, syaraf dan penyakit menular ? dan kami saat ini dapat melakukan penyembuhan 5 penyakit itu secara lebih cepat, begitu juga dengan penyakit lainnya.

Setelah kami menyadari jika generasi Max dan generasi setelah Max mungkin tidak akan menderita karena suatu penyakit, kami secara kolektif harus bertanggungjawab untuk membuat masa depan yang lebih baik menjadi sebuah kenyataan. Ayah dan Bunda ingin melakukan sesuatu yang memang menjadi tugas kami.

Memang menemukan obat dari suatu penyakit membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Paling sedikit  membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 tahun, walaupun itu juga tidak terlalu memberikan banyak perbedaan. Namun nantinya di jangka panjang, bibit-bibit itu telah tertanam dan mulai bertumbuh, suatu saat nanti, Max dan anakmu dapat melihat sesuatu yang hanya dapat kami bayangkan: sebuah dunia tanpa adanya kesengsaraan karena sakit.

Begitu banyaknya kesempatan yang datang seperti ini. Jika masyarakat fokus dan memberikan kekuatannya untuk menghadapi tantangan luar biasa ini, kami akan pergi dengan meninggalkan generasi dengan dunia yang lebih baik.

Harapan kami, generasimu Max akan fokus pada dua ide: memajukan potensi manusia dan menaikkan derajatnya manusia secara berimbang. Memajukan potensi manusia adalah tentang menekan segala halangan untuk menjadi manusia terbaik sesuai yang dia inginkan.

Dapatkah kamu belajar dan merasakan berbagai pengalaman 100 kali lebih banyak dari yang kami rasakan hari ini?

Dapatkan generasi kita menemukan obat dari berbagai penyakit sehingga kamu dapat hidup dengan usia lebih panjang dan lebih sehat?

Dapatkan kita menghubungkan dunia ini sehingga kamu mempunyai akses untuk menceritakan setiap ide, orang dan juga kesempatan?

Dapatkah kita membuat energi yang bersih sehingga kamu dapat menemukan sesuatu yang tidak kami temukan saat ini tanpa merusak lingkungan? Dapatkah kita mengembangkan jiwa entrepreneurship sehingga kamu dapat membangun bisnis apapun dan menyelesaikan berbagai tantangan yang ada dengan damai dan sejahtera?

Menaikkan derajat manusia secara berimbang adalah bagaimana menyakinkan semua orang mempunyai akses untuk mendapatkan kesempatan yang sama tanpa melihat dari mana ia berasal, dari keluarga yang seperti apa dan situasi apa yang terjadi ketika ia lahir.

Masyarakat harus melakukan hal tersebut bukan karena kebenaran atau pun beramal tetapi untuk sebuah kemajuan manusia yang jauh lebih baik. Saat ini kami telah ?merampok? berbagai potensi yang telah banyak ditawarkan.

Satu-satunya cara untuk dapat menawarkan potensi kita secara utuh adalah adanya ?channel? untuk mengembangkan berbagai talenta, ide dan kontribusinya untuk setiap orang di dunia ini.

Dapatkan generasi kami menghapuskan kesengsaraan dan kelaparan?

Dapatkah kita memastikan setiap orang mendapatkan jaminan kesehatan dasar?

Dapatkah kita membuat komunitas untuk inklusif?

Dapatkah kita menciptakan perdamaian dan hubungan saling mengerti untuk semua orang di dunia ini?

Dapatkah kita benar-benar menguatkan setiap orang terutama para perempuan, anak-anak, kaum minoritas, imigran dan orang-orang yang tak terkoneksi?

Jika di generasi kita dapat melakukan berbagai investasi dengan benar, semua jawaban itu dapat diisi dengan sebuah kata yaitu ?YA? dan semoga sudah terjadi sewaktu kamu mandiri.

Misi untuk – memajukan potensi manusia dan menaikkan derajatnya manusia secara berimbang ? akan membutuhkan pendekatan baru yang dapat dilakukan sehingga tujuan ini dapat tercapai.

Kita harus melakukan berbagai investasi jangka panjang lebih dari 25, 50 atau bahkan 100 tahun. Tantangan terbesarnya ialah membutuhkan pandangan jauh ke depan dan waktu yang lama dan kita tidak bisa menyelesaikannya dengan jangka waktu pendek untuk berpikir dan merenung.?

Inilah sebagian surat cinta Mark Zuckerberg yang sangat dalam untuk Max. Surat ini telah menggambarkan betapa dalamnya CEO Facebook ini memikirkan tentang dunia dan kelangsungan generasi kita selanjutnya. Dari surat inilah kita memahami mengapa ia telah menjadi orang yang sangat berpengaruh di dunia ini.

Jika penasaran dengan kelanjutan surat cinta Mark Zuckerberg, tenang saja masih ada kelanjutannya di: Inilah Surat Cinta Mark Zuckerberg untuk Putrinya di Hari Ayah (Bagian 2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.