Berita Nasional Terpercaya

Inilah Surat Cinta Mark Zuckerberg untuk Putrinya di Hari Ayah (Bagian 2)

0

HarianBernas.com ? Mark Zuckerberg merupakan seseorang ayah yang sangat luar biasa. Sama dengan ayah yang lain dimana sangat mencintai anaknya, namun di Hari Ayah (Father?s Day), ia membuat sebuah surat cinta panjang untuk Maxima, putrinya.

Berbeda dengan surat cinta ayah kepada putrinya yang bercerita tentang betapa cinta seorang ayah dan putrinya. Zuckerberg telah menulis sebuah surat tentang harapan, cinta dan ketakutannya sebagai seorang ayah, manusia, generasi yang bertanggungjawab dengan generasi selanjutnya. Anda penasaran?

Untuk mengetahui isi surat sebelumnya silakan cek: Inilah Surat Cinta Mark Zuckerberg untuk Putrinya di Hari Ayah (Bagian 1)

Kelanjutan dari surat cinta Mark Zuckerberg dilansir dari The Times of India:

?Kita haruslah saling berhubungan secara langsung dengan orang yang kita layani. Kita tidak akan dapat membantu dan menguatkan orang-orang kalau kita tidak mengerti apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh lingkungan kita.

Kita harus membuat teknologi yang baik untuk membuat sebuah perubahan. Banyak institusi menginvestasikan uangnya hanya berdasarkan tantangan saat ini, tetapi sebagian besar kemajuan terjadi berasal dari produktifitas yang meningkat melalui inovasi.

Kita harus secara aktif dalam sebuah kebijakan untuk membuat perdebatan yang tajam (secara baik). Banyak institusi memang tidak menginginkan hal itu, tetapi kemajuan itu harus didukung dari pertumbuhan yang berkelanjutan (hal ini dapat terjadi dengan kebijkan yang mendukung).

Kita harus didukung oleh yang terrkuat dan pemimpin yang paling independent dari setiap bidang. Berpartner dengan orang-orang ahli akan lebih efektif dibandingkan mencoba memimpin dengan menggunakan kekuatan kita sendiri.

Kita harus menjalani resiko saat ini tetapi kita akan mendapatkan pelajaran hebat di esok hari. Kita harus belajar dari dini, ya mungkin banyak hal tidak berjalan dengan baik. Tetapi kita akan mendengarkan, belajar dan berkembang.

Pengalaman kita dengan belajar secara personal, akses internet dan pendidikan dalam masyarakat serta kesehatan telah membentuk kultur dan filosofi yang kita miliki. Generasi kami berkembang di sebuah ruangan kelas dimana kami belajar hal-hal yang sama dengan jalur yang sama tanpa memperdulikan apa kebutuhan dan minat kami.  

Generasi kamu Max akan membuat goal setting yang dapat kamu buat sendiri ? entah menjadi insinyur, pekerja di bidang kesehatan, penulis atau pemimpin. Kamu akan mempunyai teknologi yang membuatmu mengerti bagaimana kamu dapat belajar dengan cara yang terbaik dan dimana kamu akan fokus.

Kamu dapat berkembang dengan cepat di subjek yang kamu minati dan dapat dibantu oleh orang lain secepatnya ketika kamu berada di area yang kamu anggap sulit. Kamu akan mengeksplor topik yang tidak ditawarkan oleh sekolah saat ini. Guru kamu akan menjadi sebuah rujukan yang lebih baik dengan data yang akan membantu untuk mencapai tujuanmu.  

Akan lebih baik lagi, jika siswa di seluruh dunia dapat saling mengembangkan potensi diri melalui internat, bahkan sewaktu mereka ternyata tidak bersekolah di sekolah dengan kualitas yang baik. Memang benar, hal itu akan lebih banyak yang dibutuhkan dan bukan hanya teknologi semata. Teknologi yang dapat memberikan kesempatan berkembang setiap orang dengan cara yang adil.

Teknologi yang membuat seseorang akan belajar dengan sebuah jalur yang terukur yang dapat memberikan setiap anak pendidikan yang lebih baik dan kesempatan yang sama.

Kita memulai membuat teknologi saat ini, dan hasilnya sudah menunjukkan sesuatu yang menjanjikan. Bukan hanya membuta siswa dapat menampilkan performanya lebih baik pada saat tes, tetapi mereka mendapatkan keahlian dan percaya diri untuk mempelajari apa yang mereka inginkan. Teknologi dan pendidikan akan semkain berkembang setiap tahunnya ketika kamu mulai duduk di bangku sekolah.

Ayah dan bunda belajar menjadi siswa dan kita belajar apa yang membuat hal itu akan bekerja. Itu akan membutuhkan kekuatan yang sangat luar biasa yang dibantu oleh pemimpin terkuat di bidang pendidikan untuk dapat membantu sekolah di seluruh dunia mengadopsi hal ini.

Ini membutuhkan dukungan dari lingkungan dan komunitas, oleh karena itu kami memulainya dari daerah San Fransisco. Itu akan membutuhkan teknologi dan ide baru. Tentu saja itu akan menghasilkan kesalahan yang sangat banyak, tetapi kita akan belajar dari kesalahan itu sebelum mencapai tujuan kita.

Tetapi setelah kita mengerti dunia yang dapat kita buat untuk generasimu, kita akan mempunyai tanggung jawab sebagai sebuah sebuah masyarakat yang fokus dengan investasi kita dimasa depan sehingga hal itu menjadi kenyataan.

Bersama, kita bisa melakukannya. Dan ketika kita melakukannya, pembelajaran bukan hanya hanya akan membantu siswa yang berada di sekolah yang baik, tetapi akan membantu menyiapkan kemampuan yang sama kepada setiap orang dengan adanya koneksi internet.

Banyak oportunistis yang luar biasa yang akan generasi kamu temukan yang berasal dari memberi semua orang akses internet. Orang-orang sering berpikir internet hanya untuk hiburan atau berkomunikasi. Tetapi untuk mayoritas orang di dunia ini, internet adalah kehidupan.

Internet menyediakan pendidikan ketika kamu tinggal jauh dari sekolah yang baik. Internet menyiapkan informasi kesehatam dan bagaimana kamu dapat menghindari penyakit atau membuat anak-anak menjadi lebih sehat ketika tidak ada dokter yang dekat dengan lingkungannya ia tinggal.

Internet menyediakan pelayanan keuangan jika kamu tidak tinggal dekat dengan banak. Internet pun menyediakan pekerjaan ketika ternyata kamu berada di situasi ekonomi yang tidak menguntungkan.

Internet sangatlah penting untuk setiap 10 orang yang mendapatkan akses internet, sekitar satu orang dapat keluar dari kesengsaraan dan sekitar satu pekerjaan baru tercipta karenanya.

Tetapi masih ada lebih dari setengah populasi dunia atau sekitar 4 miliar manusia yang belum mempunyai akses internet. Jika generasi kami dapat menghubungkannya, kita dapat mengangkat ratusan juta orang dari kesengsaraan dan kemiskinan.

Kita dapat juga membantu miliaran anak untuk mendapatkan pendidikan dan menyelamatkan jutaan nyawa lewat membantu orang-orang menghindar dari penyakit.

Sekali lagi, ini merupakan perjuangan jangka panjang yang dapat cepat terjadi dengan adanya partnership dan teknologi. Itu akan membutuhkan penemuan baru dibidang teknologi sehingga dapat membuat internet semakin bermanfaat dan membuatnya terakses oleh orang yang masih belum terakses internet.  

Membutuhkan partnership baik dari pemerintah, LSM dan juga perusahaan swasta. Selain itu juga diperlukan dukungan lingkungan yang saling mengerti apa yang dibutuhkan. Orang-orang yang baik akan melihat dari sisi yang berbeda an kita akan berupaya agar hal itu sukses.

Bersama kita akan sukses dan membuat dunia yang setara.

Teknologi memang tidak bisa memberikan solusi untuk dirinya. Dibutuhkan dunia yang lebih baik untuk memulai membangun lingkungan yang kuat dan sehat.

Anak-anak mempunyai kesempatan terbaik sewaktu mereka dapat belajat. Dan mereka dapat belajar dengan baik ketika mereka sehat.  

Kesehatan dimulai sejak dini dengan keluarga yang saling mencintai, nutrisi yang baik dan rasa man serta ligkungan yang stabil.

Anak-anak yang pernah mengalami trauma di masa kecilnya akan tumbuh dengan piiran dan tubuh yang kurang sehat. Penelitian membutktikan perubahan terjadi dalam pertumbuhan otak yang menimbulkan kurangnya kemampuan kognitifnya.

Ingat, Bunda adalah dokter dan dia telah melihat itu secara nyata.

Jika kamu adalah anak yang kurang sehat maka akan sulit untuk mengembangkan potensimu secara utuh.

Jika kamu sibuk memikirkan dimana kamu akan tinggal, hari ini mau makan apa, ataupunkhawatir akan kejahatan dan penyiksaan maka hal tersebut akan menyulitkanmu untuk meraih potensi terbaikmu.

Jika kamu takut akan masuk ke dalam penjara dibandingkan masuk sekolah karena warna kulitmu, atau bahkan khawatir akan keluargamu kapan akan dideportasi karena status illegal, atau takut menjadi korban kejahatan karena agama kamu, orientasi seksual, identitas gender kamu, maka akan sulit untukmu mengembangkan potensi terbaikmu.

Kita membutuhkan institusi yang memahami semua isu tersebut. Itulah filofosi yang diinginkan sebuah sekolah yang sedang Bunda Max buat.

Dengan berpartner dengan sekolah, pusat kesehatan, grup orangtua dan pemerintah lokal serta memastikan semua anak dapat makan dan dipelihara dengan baik sejak usia dini. Kita akan dapat memulai agar semua itu terhubung. Hanya jika kita secara kolektif dapat memulai dengan memberikan semua orang kesempatan yang sama.

Ini memang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan model ini. Tetapi ini adalah contoh bagaimana mengembangkan potensi manusia dan memajukan manusia yang setara dapat saling berhubungan.

Jika kita bisa, kita juga kan membangun lingkungan untuk inklusif dan sehat untuk pertama kalinya.

Untuk generasi Max yang dapat hidup di dunia yang lebih baik, banyak hal yang harus generasi kami kerjakan saat ini.

Hari ini Ayah dan Bunda berjanji untuk menghabiskan waktu kami untuk ambil bagian kecil  membantu mengatasi permasalahan ini, Ayah akan melanjutkan pekerjaan Ayah menjadi CEO Facebook untuk banyak, banyak waktu di masa depan, tetapi isu-isu ini sangatlah penting untuk ditunda sampai Max besar atau Ayah dan Bunda tua ketika memulainya.

Dari sejak usia muda, Ayah dan Bunda berharap sudah dapat bermanfaat dalam kehidupan kami.

Saat Max memulai melanjutkan generasi keluarga Chan Zuckerberg, kamu juga akan mulai Chan Zukerberg untuk inisatif memulai bergabung dengan masyarakat untuk menjalankan dua misi kita.

Kami fokus pada pendidikan secara personal, menyembuhkan penyakit, menghubungkan orang-orang dan membuat komunitas atau lingkungan yang kuat.

Kita akan memberikan 99% saham Facebook yang kami miliki atau sekitar $45 miliar selama kami masih diberi nafas untuk memenuhi misi ini. Kami tahu ini hanyalah sebuah kontribusi yang kecil dibandingkan berbagai sumber daya dan talenta yang telah bekerja memecahkan masalah ini.

Tetapi kami ingin melakukan apa yang kami bisa dan bekerja bersama dengan yang lain.  

Kita akan menceritakan lebih detaik di bulan-bulan kedepan ketika kita sudah mapan dengan ritme keluarga baru. Kami mengerti bahwa kamu (Max) mempunyai banyak pertanyaan tentang mengapa dan bagaimana kami melakukannya.

Kita dapat melakukannya hanya karena kita memiliki komunitas global yang kuat yang mendukung kami. Membuat Facebook dapat menciptakan sumberdaya untuk berkembang di dunia ini untuk generasi yang selanjutnya.

Setiap member dari komunitas Facebook telah mengambil peranan dari pekerjaan ini, Kita dapat membuat kemajuan dari kesempatan ini hanya jika kita dapat saling bahu membahu dengan orang-orang yang ahli, seperti mentor kami, partner dan orang yang luar biasa telah berkontribusi dengan bidang ini.  

Dan kta hanya fokus untuk melayani komunitas ini dan misi ini karena kita dikelilingi oleh keluarga yang saling mencintai, teman-teman yang selalu mendukung dan kerabat yang luarbiasa. Kami berharap kamu dapat mempunyai hubungan yang dalam dan hubungan yang menginspirasi di dalam hidupmu juga.

Max, Ayah dan Bunda mencintai kamu. Kami merasakan tanggungjawab yang besar untuk dapat meninggalkan dunia dengan menjadi tempat yang lebih baik untuk kamu dan semua anak-anak.

Kami berharap kamu dapat mengisi dunia dengan cinta yang sama, harapan dan kesenangan yang kamu berikan untuk kami. Kami tidak sabar untuk melihat apa yang kamu berikan untuk dunia ini.

 

Cinta yang besar dari Ayah dan Bunda?

Wow, sebuah surat cinta yang panjang yang sangat indah dari Mark Zuckerberg dan istri kepada Max, putrinya. Ini menggambarkan betapa dalamnya pemikiran CEO Facebook ini akan cinta keluarga, komunitas, lingkungan dan dunia.

Apakah Anda juga berpikiran dan merasakan hal yang sama dengan Mark Zuckerberg?

Leave A Reply

Your email address will not be published.