Berita Nasional Terpercaya

Kekuatan Kepercayaan Diri untuk Meraih Keberhasilan

0

HarianBernas.com – Dalam semua pikiran dan tindakan, seperti halnya dalam kaidah eksak matematika dan fisika, semua hal diatur oleh hukum sebab dan akibat. Kerjakan satu hal tertentu dengan cara tertentu, maka kita pasti mendapatkan hasil tertentu. Ini merupakan salah satu prinsip kerja hukum semesta.

 

Segalanya di dalam dunia ini berjalan menurut kaidah, termasuk pikiran kita sendiri. Kita dapat memperbaiki diri kita dengan menggunakan kaidah yang dapat diterapkan, salah satunya adalah kaidah antisipasi kreatif atau kepercayaan diri.

Orang yang secara mental menggambarkan dirinya berhasil dan mau membayar harga untuk studi yang intensif disertai dengan usaha yang terus-menerus, pasti  akan mengalami kemajuan ke arah tujuannya. Visi mental itu penting karena apa jadinya kita nanti, berhubungan erat dengan citra diri atau gambaran dasar diri kita. Apa yang kita pikirkan, apa yang kita bayangkan hingga jangkauan yang luas adalah masa depan kita (Sentanu, 2010).

Ingatlah bahwa kepercayaan diri adalah rahasia utama keberhasilan kita sehingga kita dapat menjalani kehidupan dengan bebas tanpa tanggung-tanggung, berikan semua yang kita miliki, dan kehidupan kita akan memberikan semuanya kepada kita. Praktikkan kekuatan harapan yang positif bahwa kita dapat memperoleh yang terbaik untuk diri kita. Jangan pernah membiarkan kesalahan apa pun menyebabkan kita berhenti percaya kepada diri kita sendiri. Kita ditakdirkan untuk tumbuh menjadi orang yang kuat dan cakap serta percaya kepada diri sendiri, kepada negara kita dan kepada Tuhan. Kita tidak ditakdirkan menjadi orang ?cebol? yang kecil dan lemah.

Kita diharapkan menjadi pria dan wanita sejati yang dapat menjadikan diri kita sendiri berarti. Untuk melakukan itu, jangan pernah melupakan prinsip keberhasilan ini: ?Anda pasti bisa bila Anda berpikir bisa?. Gagasan ini menghasilkan perubahan dramatis dalam cara berpikir kita. Kita mampu berpikir tenang dan lurus di dalam situasi kritis sehingga menghasilkan tindakan yang efektif.

Seseorang yang patut kita contoh semangat dan keyakinan dirinya adalah Tom Dempsey, seorang pemain sepak bola Amerika yang menendang gol luar biasa dari jarak 53 m. Tom lahir dengan kaki sebelah tangan yang separuh dan tangan yang cacat. Akan tetapi, Tom mempunyai orang tua yang sangat hebat, karena tak sekalipun mereka membuatnya tidak enak dengan cacatnya.

Tom mempunyai keinginan untuk unggul dalam bakat khusus. Ia ingin menjadi pemain sepak bola. Tom percaya bahwa ia dapat menendang bola sepak lebih jauh daripada siapa pun yang bermain dengannya. Untuk memanfaatkan kemampuan itu ia mendapatkan sepatu yang dirancang khusus. Ia mencoba melamar ke klub-klub sepak bola. Banyak pelatih ragu akan kemampuannya. Akhirnya, ia diterima menjadi pemain sepak bola di New Orleans Saints. Tom membuat pelatihnya terkesan atas prestasi Tom. Tom dapat menghasilkan goal dalam jarak 50 meter dalam pertandingan ekshibisi. Tendangan ini menjadikannya pemain tetap di Saints.

Sebuah rekor luar biasa dibuat oleh Tom. Ia dapat menendang bola sejauh 53 meter dan mengalahkan rekor tendangan terjauh Bert Rechichar dari Baltimore Colts. Banyak orang tidak percaya dengan apa yang mereka lihat, tapi Tom hanya tersenyum. Ia ingat kepada orangtuanya yang selalu mengatakan kepadanya apa yang dapat ia lakukan, bukan apa yang tidak dapat ia lakukan.

Pikiran kita sebenarnya adalah instrumen yang dirancang untuk melayani diri kita, bukan untuk menghancurkan kita. Jika tidak terkendali, pikiran kita dapat menjadi sangat merusak diri kita sendiri, tetapi jika dikendalikan pikiran kita dapat mengembangkan kekuatan yang terbatas. Pria dan wanita yang gagal, itu disebabkan karena mereka belum bisa menguasai pikiran mereka sendiri. Oleh karena itu, tolaklah kegagalan secara mental. Kenali diri kita sendiri. Kendalikan pikiran kita. Ambil keputusan yang tepat. Jangan pernah berpikir kalah.

Percaya bahwa kita bisa kalau kita berpikir bisa, maka rumuskan tujuan yang ingin kita capai, tapi bukan tujuan yang kabur dan samar melainkan tujuan yang didefinisikan dengan jelas dan tajam. Berdoalah mengenai tujuan itu agar tujuan yang telah kita rumuskan adalah benar. Kemudian tempatkan tujuan ke dalam pikiran sadar kita, sambil menyimpan citra di sana dengan kuat hingga citra itu tenggelam ke dalam pikiran bawah sadar.

Ketika citra itu sudah tenggelam di sana, kita akan memilikinya karena citra ini telah memiliki diri kita. Beri citra ini semua pikiran, usaha, imajinasi, dan inovasi. Tanamkan di benak kita setiap hari sepanjang hidup kita hingga kita percaya jauh di dalam hati bahwa kita tidak akan pernah berpikir gagal.

Orang yang berpikir bahwa mereka pasti bisa akan selalu mengatasi segalanya, dan yang sama pentingnya adalah mereka mempertahankannya. Setiap orang menjumpai faktor-faktor yang mengalahkan dalam kehidupan, tetapi orang yang berpikir bahwa mereka pasti bisa tidak akan mau menyerah. Dengan memanfaatkan kekuatan pikiran dan semangat, mereka benar-benar menolak untuk dikalahkan. Mereka menydari bahwa situasi yang paling sulit sekalipun, pasti dapat diatasi, maka mereka maju terus untuk mengatasinya. Mereka melakukannya dengan tekun dan terus berharap. Harapan ini amat penting.

Jadi, jangan pernah kita berpikir dan mengatakan kepada diri kita bahwa tidak dapat melakukan ini atau itu, jangan pernah menegaskan secara negatif bahwa sesuatu itu benar-benar tidak mungkin. Hanya berkata kepada diri kita bahwa kita bisa meraih keberhasilan. Ingat ?Anda Bisa bila Anda Berpikir Bisa?. Semua sumber daya yang kita perlukan ada di dalam pikiran kita sendiri. Semua itu tersedia di dalam kesadaran menunggu untuk dipanggil. Bangun inventaris sumber daya kita melalui kepercayaan diri.

I Gede Astawan | Penulis Buku Jalan Spiritual Menuju Hidup Bahagia

Email: [email protected].

Leave A Reply

Your email address will not be published.