Berita Nasional Terpercaya

Menjadi Konsultan Terpercaya

0

HarianBernas.com — Saat menunggu panggilan boarding di sebuah lounge terminal 3 F Bandara Soekarno Hatta, saya dikejutkan oleh sesorang yang duduk di samping saya. Sosok tersebut  adalah salah seorang konsultan kharismatik yang saya kagumi dan selama  ini ingin saya temui untuk sekadar ngobrol sambil menimba ilmu bagaimana menjadi konsultan hebat.

Sungguh saya sangat beruntung, malaikat telah mengantarnya untuk bertemu dengan saya. Lebih beruntung lagi ada pengumuman bahwa penerbangan ke Jogja ditunda 30 menit, sehingga pembicaraan akan lebih panjang lagi. Setelah ngobrol tentang khabar masing-masing dan situasi terkini dalam bidang konsultan, saya mencoba membuka pembicaraan mengenai bagaimana menjadi konsultan terpercaya.

?Menjadi mitra terpercaya adalah puncak pencapaian seorang konsultan,? katanya. Apabila kepercayaan itu sudah diperoleh, tambahnya, maka klien akan selalu mencari kita, dan pekerjaan akan datang sendiri. Namun itu tidak mudah, harus dicapai melalui beberapa proses tahapan.

Untuk dapat mencapai konsultan terpercaya, salah satu cara yang harus dilakukan adalah berpikir empatik, yaitu menempatkan diri menjadi seorang klien. Sebagai seorang klien kita tentu akan menyerahkan permasalahan, kebutuhan, urusan dan termasuk data dan mungkin rahasia yang kita miliki kepada  konsultan dengan harapan mendapatkan solusi dan rekomendasi seperti yang diharapkan. 

Klien akan menyerahkan ?nasib?nya kepada konsultan.  Apabila klien mempunyai permasalahan ataupun urusan yang ingin dibantu oleh konsultan, langkah awal yang dilakukan adalah mencari konsultan yang dapat dipercaya, memiliki kemampuan dan handal dalam menangani permasalahan tertentu. Klien akan menyusun daftar pendek dan mengkaji  rekam jejak untuk mengetahui kemampuan teknis, pengalaman, success story, dan akan memilih satu diantara konsultan yang dapat dipercaya. Ini tentu bukan pekerjaan yang mudah.

Apabila klien sudah berhasil memilih dengan baik, dan ternyata pilihanya benar, konsultan tersebut mampu memberikan apa yang seperti diharapkan klien, ke depan apabila membutuhkan jasa lagi tentu klien tidak akan berpaling ke konsultan lain.

Menjadi konsultan terpercaya bukan hanya sekadar slogan, bahwa kami adalah konsultan terpercaya, atau sekadar  kata kata ?percayakan saja urusan kepada kami, maka segala sesuatu akan menjadi baik?. Lebih dari itu, konsultan terpercaya harus mampu menunjukkan bukti berupa rekam jejak, testimoni,  dan portofolio yang meyakinkan.

Apakah kepercayaan tersebut bisa kita peroleh secara seketika? Rasanya sangat sulit sekali untuk mendapatkan kepercayaan yang diperoleh secara seketika, kecuali  oleh konsultan yang memiliki pengalaman, talenta dan aura yang sangat luar biasa. Pada umumnya kepercayaan diperoleh secara perlahan-lahan. 

Pada tahap awal sering kali yang didapatkan berupa respon keraguan, akan dipikir dan dipertimbangkan lebih lanjut  atau malah penolakan sebagai bentuk  ketidakpercayaan. Oleh karenanya untuk memperoleh kepercayaan perlu bukti-bukti dan proses.

Dari pembicaraan selama 30 menit tersebut saya menyimpulkan bahwa modal dasar untuk menjadi konsultan terpercaya paling tidak ada 3, yaitu (1) harus dicapai melalui tindakan tindakan yang benar, (2) Kita akan mendapatkan balasan sesuai  apa yang kita lakukan dan apa yang kita berikan, dan (3) kita akan memanen benih benih yang kita tanam.

Pada kesempatan lain saya menemukan buku yang cukup menarik berjudul ?The Trusted Advisor?, yang ditulis oleh David H Maister dkk. Dalam bukunya David H Maister dkk, mengungkapkan ada 4 faktor yang mempengaruhi kepercayaan klien, yaitu (1) Kredibilitas,  (2) Keandalan, (3) Kedekatan, dan (4) Orientasi diri.

Konsultan Terpercaya harus memiliki kredibilitas

Untuk memperoleh kepercayaan konsultan harus memiliki kredibilitas yang tinggi, yaitu kemampuan teknis (hard skill) dan kemampuan dalam menyampaikan menyajikan hasil kerja (soft skill). Konsultan harus memiliki kemampuan teknis dapat mendiskripsikan masalah dengan jelas berdasarkan fakta dan keadaan nyata serta berbagai hal yang mempengaruhinya.

Dengan mendiskripsikan permasalahan sesuai  akar permasalahannya, konsultan juga dituntut harus mampu menganalisis, mengolah data menjadi informasi  yang dapat digunakan untuk memberikan solusi dan rekomendasi.  Selain memiliki kemampuan teknis dalam melakukan survei, analisis dan rekomendasi yang baik, konsultan harus mampu menyajikan dan  menyampaikan (delivery) dengan baik.

Kemampuan soft skill sangat mendukung hasil-hasil analisis, solusi dan rekomendasi yang telah dibuat, menjadi informasi yang sederhana, mudah difahami dan meyakinkan. Hasil analisis umumnya berupa angka-angka yang harus disajikan secara ringkas dan sederhana menjadi grafik, bagan  dan gambar yang mudah difahami.

Singkat kata hasil pekerjaan konsultan harus dapat disajikan dalam laporan yang sederhana, ringkas, jelas dan informatif, serta disampaikan secara meyakinkan dengan bahasa yang mudah ditangkap, suara yang jelas dan lantang serta bahasa tubuh yang meyakinkan. Intinya seorang konsultan tidak hanya memiliki kemampuan akademis yang bagus saja tetapi juga harus memiliki kemampuan menyusun laporan (writing) dan presentasi (public speaking).

Konsultan Terpercaya harus memiliki keandalan (reliability)

Keandalan adalah membandingkan antara harapan klien dengan tindakan yang dilakukan oleh konsultan. Keandalan pada dasarnya merupakan kesan secara rasional yang timbul dari interaksi yang berulang-ulang antara konsultan dengan kliennya.  Tingkat keandalan dapat dinilai berdasarkan pemenuhan pelaksanaan pekerjaan yang diberikan oleh klien sesuai yang dispakati antara lain kualitas, kuantitas dan pemenuhan waktu.

Usahakan seluruh hasil kerja yang telah dispakati dan menjadi harapan klien dapat terlaksana semua dengan baik. Penyerahan hasil kerja hindari melebihi dead line, tenggat waktu yang disepakati. Keandalan juga mengandung unsur emosional yang menyangkut selera atau kebiasaan klien. Secara alam bawah sadar konsultan dalam memberikan pelayanannya akan mengikuti selera dan kebiasaan yang dimiliki oleh klien, tentu saja sepanjang tidak mengganggu tugas dan tujuan utamanya.

Konsultan terpercaya harus mempunyai keandalan secara rasional maupun emosional. Konsultan terpercaya akan dapat memenuhi harapan klien, tidak hanya dengan memberikan  hasil kerja sesuai rincian kerja, dengan tenggat waktu yang sesuai saja, tetapi juga harus bisa menjalin komunikasi, mudah dihubungi, respon terhadap permintaan serta  komitmen terhadap  janji dan kesepakatan.

Konsultan Terpercaya harus memiliki kedekatan (intimacy)

Kegagalan yang sering dihadapi oleh konsultan adalah akibat tidak berhasil membangun kedekatan antara konsultan dengan klien. Jangan salah mengartikan kedekatan (intimacy) ini menjadi kedekatan yang bersifat personal. Kedekatan seorang konsultan dengan kliennya adalah kedekatan yang bersifat profesional. Kedekatan profesional dibangun dengan keramahan, keakraban yang membuat klien merasa nyaman dalam rangka menjalankan tugas sebagai konsultan.

Kedekatan akan lebih cepat terbentuk jika konsultan benar-benar memahami apa yang diharapkan dan disenangi oleh klien secara mendalam. Dalam  berkomunikasi dengan klien, biasakan membicarakan hal hal yang baik dan disenangi oleh klien. Dengan keterjalinan komunikasi dengan baik maka konsultan akan lebih mudah untuk memperoleh apa yang diharapkan oleh klien. Kedekatan juga dapat dibangun melalui memberikan pelayanan terbaik kepada klien.

Konsultan harus selalu mencari terobosan terobosan untu memberikan pelayanan yang selalu lebih baik kepada klien. Gunakan ide-ide kreatif yang bisa membuat pelayanan menjadi lebih hidup dan penuh warna. Dengan demikian klien tidak pernah bosan menggunakan jasa kita dan akan menceritakan pengalamannya kepada orang lain. Ciptakan standar pelayanan yang selalu meningkat dari waktu ke waktu agar klien tidak merasa monoton.

Konsultan Terpercaya harus memiliki orientasi diri

Orientasi diri sangat terkait dengan motivasi dalam memberikan pelayanan konsultan. Apakah dalam memberikan pelayanan ini lebih berorientasi kepada konsultan atau klien. Orientasi yang fokus kepada konsultan menunjukkan bahwa yang terpenting adalah hasil kerja konsultan, dengan demikian konsultan akan dibayar sesuai kesepakatan.  

Orientasi yang demikian menunjukkan bentuk hubungan yang mementingkan diri sendiri dari pada berusaha melayani klien dengan baik. Kesan tersebut  akan mengurangi tingkat kepercayaan yang diberikan oleh klien. Konsultan terpercaya harus mampu mengendalikan orientasi diri dari untuk lebih mementingkan pelayanan kepada klien.  Konsultan harus berpikir  bagaimana membantu klien untuk menyelesaikan permasalahanya.

Sudah siapkah anda menjadi konsultan terpercaya? Dengan memahami dan mempraktekkan aspek kredibilitas, keandalan, kedekatan, dan orientasi diri, bekal menjadi konsultan terpercaya sudah dalam genggaman anda.

 

Fuad Bustomi

Expert dan owner PT Adiguna Mitra Terpercaya Consultants

Leave A Reply

Your email address will not be published.