Memaknai Kemerdekaan dengan Rasa Kekinian

Muhammad Fahmi, ST, MSi - Sunti Melati
08 Juli 2016

memaknai kemedekaan (hidupseimbangku[dot]com)

HarianBernas.com -- Kemerdekaan memiliki beragam makna. Proklamasi 17 Agustus 1945 yang dibacakan Presiden Soekarno memang tidak secara eksplisit menerangkan apa makna kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Ketika Presiden Soekarno menyatakan kemerdekaan bangsa Indonesia, tentu yang dimaksudnya adalah kemerdekaan dari penjajahan Jepang.

 

Tetapi apa makna kemerdekaan itu bagi rakyat Indonesia saat ini merupakan tugas para generasi setelahnya untuk menjawabnya. Dalam Pembukaan UUD 1945 ditegaskan bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Perjuangan pergerakan kemerdekaan adalah pintu gerbang menuju cita-cita kebangsaan dan keindonesiaan yang sejati.

Proklamasi 17 Agustus 1945 hakikatnya juga merupakan momen yang mengakhiri episode keangkuhan dan penindasan rezim kolonial. Sebuah keangkuhan yang membuat bangsa kita miskin dan terhina selama ratusan tahun. Namun jangan lupa, berakhirnya keangkuhan dan penindasan rezim kolonial tidak serta merta membebaskan rakyat Indonesia dari keangkuhan dan penindasan rezim lain dalam bentuk yang berbeda.

Tugas terberat dari sebuah bangsa merdeka saat ini adalah bagaimana mempertahankan kemerdekaan dirinya sebagai bangsa merdeka, bebas dari hegemoni internal dan eksternal yang menindas. Merdeka dari hegemoni penindasan internal berarti bebas dari penguasa-penguasa pribumi yang bertindak dan bertingkah laku laksana penjajah asing.

Kita memerlukan pemerintahan yang sayang dan cinta kepada rakyatnya sendiri. Tidak hanya cinta sebatas bibir, namun juga mencintai dan mengayomi dalam bentuk dan tindakan nyata.

Merdeka dari hegemoni eksternal artinya bebas dari pengaruh dan tekanan asing (terutama di bidang politik, ekonomi, dan budaya). Bangsa yang merdeka, namun di bawah tekanan politik negara lain, sesungguhnya bukan bangsa yang merdeka. Bangsa yang merdeka, tapi menyerahkan pengelolaan sumber daya alamnya kepada pihak asing tanpa pembagian yang adil, bukan pula bangsa yang merdeka.

Bangsa yang merdeka, namun sangat inferior terhadap identitas budaya bangsa lain, bukan pula bangsa yang merdeka. Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia kini haruslah kemerdekaan yang holistik dan integral dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Alangkah indahnya jika bangsa Indonesia mampu memaknai kemerdekaannya seperti yang diidam-idamkan. Rakyat merasakan kemerdekaan ekonominya dan meraih kesejahteraan bersama. Tidak ada lagi penghisapan ekonomi, baik oleh oknum pribumi maupun pihak asing.

Seluruh warga negara Indonesia sama kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan. Tidak ada lagi tawar menawar hukum dan perlakuan istimewa bagi kaum berduit dalam proses peradilan. Bagi kelompok difabel, tak ada lagi perbedaan untuk memeroleh akses ekonomi, politik, sosial, dan pendidikan.

Kemerdekaan harus dirasakan oleh manusia-manusia Indonesia tanpa terkecuali dan tanpa batas. Manusia Indonesia di di seluruh wilayah harus dapat merasakan kemerdekaan yang ikhlas dan sejati, bukan kemerdekaan yang terpaksa dan semu.

Teringat dengan dialog dengan guru inspirasi penulis Ibu Dra. Hj. Rukmini Salma, kemerdekaan adalah terbebasnya seseorang dari penjajahan dirinya sendiri. Sekalipun ada sebagian orang mengatakan lanjutnya, bahwa bangsa ini memang masih dijajah oleh bangsa asing dalam bentuk lain. Namun yang paling penting, diri kita tak boleh terjajah oleh diri sendiri.

“Bila kita masih terjajah oleh diri sendiri, sampai kapanpun kita tak akan merasakan kemerdekaan.  Sampai kapanpun negeri ini tak akan pernah merdeka. Kemerdekaan harus dimulai dari kemerdekaan diri sendiri. Kemerdekaan negeri harus dimulai dari pribadi yang merdeka, tegas pensiunan Kepala Sekolah ini bersemangat.

Kalau melihat sekeliling kita, maka masih didapatkan begitu banyak diantara kita yang belum merasa merdeka. Kita masih terjajah oleh diri kita sendiri. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana kita mengelola waktu dengan baik. Kita masih kurang disiplin masalah waktu dan berakibat banyak waktu yang terbuang dalam keseharian. Padahal waktu yang diberikan Allah selama 24 jam itu semestinya sudah mampu membuat kita menjadi orang yang merdeka.

Dalam buku karya Irfan Hamka yang berjudul AYAH (kisah Buya Hamka) dan menjadi buku best seller d Indonesia, dikisahkan bagaimana buya hamka mengisi hari-harinya. Kisah Buya Hamka di masa muda, dewasa, menjadi ulama, satrawan, politisi, kepala rumah tangga, sampai ajal menjemputnya tercatat dengan cermat dalam buku ini.

Inilah sebuah kisah nyata orang yang merdeka. Penjajah bangsa lain boleh saja memenjarakannya, tetapi dirinya tetaplah orang yang merdeka. “Buya Hamka adalah seorang ayah bagi negeri ini. Ayah bukan hanya dilihat secara biologis, tapi dia juga ayah bagi anak-anak didiknya, ayah spiritualitas”, begitulah Prof. Dr. Komarudin Hidayat berkomentar dalam buku best seller ini.

Semoga di hari kemerdekaan republik Indonesia ini, kita semua mampu untuk melakukan introspeksi diri dan menilai diri sendiri apakah sudah menjadi orang yang merdeka atau masih terjajah oleh diri sendiri. Bila kita sudah merasa merdeka, maka saatnya kita menularkan kemerdekaan itu. Tetapi, bila kita masih merasa terjajah oleh diri sendiri, maka segeralah kita lawan dengan terus menerus memperbaiki diri dan keluar dari penjajahan diri sendiri.

Pepatah bijak mengatakan, “Menaklukan ribuan orang belum tentu disebut sebagai pemenang, tetapi mampu mengalahkan dirinya sendiri, itulah yang disebuat penaluk gemilang.

Kemerdekaan yang hakiki  itu sebenarnya terbebas dari keinginan diri yang hanya mementingkan diri sendiri. Bila hati dan pikiran kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka kita harus memulainya dari kecerdasan personal terlebih dahulu. Hal itu tentu saja harus dimulai dari diri kita masing-masing.

Sebagai akhir dari tulisan ini, saya ingin mengutip penggalan pidato Bung Karno pada saat HUT Proklamasi: Kita Bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dari pada makan bestik tapi budak.

Kelemahan kita adalah kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi penjiplak luar negeri dan kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya rakyat gotong royong. Merdekaaa.

 

Oleh: Muhammad Fahmi, ST, MSi

Pemerhati masalah Sumber Daya Manusia dan masalah Tematik Bangsa

Kandidat Doktor Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia

(Universitas Negeri Jakarta UNJ)

Master of Ceremony (MC), Trainer Publik Speaking/Kehumasan

Salam Merah Mempesona Menggelitik Hati

fahmizidane2003@yahoo.com

WA: 08158228009



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Kesehatan 7 Jam lalu

Minum Dingin Bikin Kanker, Fakta atau Hoax?

Bernas.id – Apakah kamu percaya bila air dingin bisa membuat seseorang mudah terkena kanker? Bisa jadi karena suhu dingin dapat membuat makanan berminyak jadi semakin membeku dan bisa menyulut kanker bila ada di tubuh. Benarkah? Di ...

Kesehatan 8 Jam lalu

Ngeri, Jangan Makan Kentang Goreng Malam-Malam Kalo Gak Mau Jadi Gini!

Bernas.id - Apakah kamu termasuk penggemar makanan enak layaknya French Fries (kentang goreng) atau Steak. Namun tahukah kamu jika mengonsumsinya di malam hari malah menjadi hal yang buruk? Inilah penjelasan ilmiah. Dilansir dari Huffing ...

Otomotif 11 Jam lalu

Jangan Tinggalkan 5 Benda Ini di Dalam Mobil untuk Cegah Kebakaran

Bernas.id - Belakangan ini, kasus mobil terbakar kerap terjadi. Bahkan, saat diparkir pun mobil juga berresiko terbakar. Banyak hal yang menjadi penyebab kenapa mobil yang posisinya sedang diam dan tak menyala pun juga bisa terbakar. Ter ...

Otomotif 11 Jam lalu

Tips Simpel Merawat Mobil Berwarna Putih Supaya Catnya Tak Menguning

Bernas.id - Mobil adalah kendaraan beroda empat yang menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya, sebab mobil merupakan benda yang berguna untuk menunjang keperluan kita jika akan melakukan suatu perjalanan. Dengan makin berkembangnya indu ...

Nasional 11 Jam lalu

Berturut-turut OTT KPK di Daerah, Ini Usulan Anggota Komisi II DPR

JAKARTA, Bernas.id – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyayangkan fenomena kepala daerah yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini dinilai adanya korupsi yang makin akut di Indone ...

Otomotif 11 Jam lalu

Supaya Pakem, Penting untuk Merawat Master Rem. Ini Caranya

Bernas.id - Perkembangan sepeda motor di Indonesia dewasa ini sangat luar biasa dengan keragaman tipe, varian, inovasi teknologi, hingga kuantitasnya yang sangat banyak. Seiring dengan kemajuan teknologi itu, kebutuhan akan mekanik dan tekn ...

Kesehatan 11 Jam lalu

Penjualan Mobil Berbahan Bakar Fosil, Akan Dilarang di Negara Ini

Bernas.id - Di Negara Tiongkok, tingkat polusi saat ini kian mengkhawatirkan. Meski tidak termasuk ke dalam 10 negara dengan polusi paling parah, Tiongkok menempati urutan kelima untuk jumlah kematian yang disebabkan polusi udara. Sebena ...

Gadget 14 Jam lalu

Mau Internet Lancar Ngebut, Instal 7 Software Ampuh Ini di Gawaimu

Bernas.id - Ada banyak hal yang harus kamu ketahui untuk dapat menikmati internet. Tidak hanya hardware saja, software juga menjadi sebuah komponen yang wajib harus ada dan diketahui kegunaanya. Secara perkembangannya, software tidak kalah ...

Nasional 15 Jam lalu

PIA Minta Jokowi Dukung KPK Tuntaskan Kasus Megakorupsi E-KTP

JAKARTA, Bernas.id – Komunitas Perempuan Anti Korupsi (PIA) menggalang dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Acara itu digelar saat Car Free Day di Jakarta, Minggu (24/9/17). PIA pun meminta dukungan Presiden Joko W ...

Kuliner 15 Jam lalu

Bahayanya Daging Merah Jika Tak Sesuai Aturan. Ikut Cara Ini!

Bernas.id - Penganut diet Hi protein atau tinggi protein yang mengandalkan daging merah memang semakin hari semakin banyak saja. Itu karena jenis diet ini dikenal sangat efektif untuk dapat menguruskan pinggang serta meratakan perut. Apakah ...

Kesehatan 15 Jam lalu

Gak Kurus Meski Diet? Bisa Jadi Karena 3 Masalah Ini

Bernas.id – Berat badan yang enggan menyusut menandakan ada yang salah dengan metabolisme tubuhnya. Dilansir dari Brightside.me, inilah beberapa hal yang bisa menjadi pengganggu metabolism kamu. 1. Diet yang Salah Pada saat usia ...

Kecantikan 15 Jam lalu

Sering Ada di Dapur, Herbal ini Bisa Menghaluskan Wajah Kamu

Bernas.id - Seringkali kita melakukan perawatan kecantikan di salon maupun di klinik kecantikan yang terbilang menghabiskan banyak uang. Padahal dengan membuat sendiri berbagai produk kecantikan tentu akan lebih menghemat. Salah satunya ada ...

Highlight 15 Jam lalu

Waduh! Banyak Aplikasi Google Play Berbuat Curang

Bernas.id - Dilansir dari androidauthority.com, kecurangan yang terdapat di Google Play bukan masalah besar tapi hal tersebut dapat dirasakan langsung oleh pemakainya. Dua masalah langsung yang dirasakan pemakainya adala ...

Properti 16 Jam lalu

Generasi Milenial Senang Jalan-jalan, tapi Ingin KPR Tetap Aman. Ini Tipsnya

JAKARTA, Bernas.id - Setiap orang butuh hiburan sewaktu-waktu, terutama bagi generasi milenial yang sehari-harinya berkutat dengan pekerjaan. Alasannya, tak jarang di hari libur pun mereka masih sibuk dengan pekerjaan. Anda pastinya tidak m ...

Properti 16 Jam lalu

Benda-benda Ini Dianggap Membawa Sial untuk Rumah. Ini Alasannya

JAKARTA, Bernas.id - Terkadang, menempati sebuah hunian baru atau lama, sebagian orang masih percaya akan mitos dan feng shui. Feng shui sendiri merupakan ilmu Tiongkok yang mempelajari tentang keseimbangan antara manusia dengan alam, yang ...

Otomotif 16 Jam lalu

Berniat Ganti Ban Motor Lebih Lebar? Ini Rumusnya Agar Tetap Safety

Bernas.id - Modifikasi sepeda motor merupakan suatu hal yang wajar dilakukan bagi mereka penggemar otomotif. Ada rasa kenikmatan tersendiri sesudah mengubah performa atau bentuk motor yang paling disayangi, hingga dapat memberi rasa percaya ...

Wisata 16 Jam lalu

Jangan Lewatkan 4 Hal Ini Jika Kamu Berkunjung ke Sydney

Bernas.id - Sydney memang menjadi salah satu kota yang sangat terkenal dengan pantai dan pelabuhannya yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Namun, jika kamu pergi ke Sydney dan tidak melakukan hal ini, maka kamu belum dianggap menik ...

Otomotif 16 Jam lalu

11 Deretan Mobil Irit dan Ramah Kantong Ini Ada di Indonesia!

Bernas.id - Memiliki mobil baru memang menjadi dambaan bagi setiap orang, terlebih lagi yang sudah berkeluarga. Dengan memilki mobil, kita dapat membawa keluarga saat liburan ataupun mudik untuk merayakan hari raya di kampung halaman. Ta ...

Nasional 17 Jam lalu

Pasca Lelang Mobil Sitaan, Pansus Angket Pertanyakan Ini

JAKARTA, Bernas.id – Panitia Khusus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di DPR turut menyoroti pengelolaan barang sitaan dan rampasan KPK. Hal itu masuk dalam poin yang dipermasalahkan Pansus Angket KPK. Anggota pansus ha ...

Regional 17 Jam lalu

Janji Ridwan Kamil Buat Kereta Gantung di Situs Megalitikum Ini

CIANJUR, Bernas.id – Ridwan Kamil mengunjungi situs Megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (23/9/17). Pria yang merupakan bakal calon Gubernur Jawa Barat itu berjanji akan membangun infrastruktur yang lebih modern. Sal ...

Nasional 17 Jam lalu

Ramai Situs Nikah Siri, Ini Kata Mensos Khofifah

BANTUL, Bernas.id – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa turut mengecam adanya situs nikahsirri[dot]com. Menurutnya, situs online itu berpotensi menjadi praktik pelacuran terselubung dengan modus agama. "Nikah siri kok dija ...

Film 19 Jam lalu

Begini Foto Penghormatan The Flash untuk Film Superman: The Movie

Bernas.id – Mungkin beberapa fans berat telah menangkap referensi ini sejak dirilisnya trailer Justice League versi comic-con. Namun setelah foto baru Ezra Miller sebagai Barry Allen (The Flash) beredar di dunia maya baru-ba ...

Nasional 19 Jam lalu

Tol Trans Jawa Tersambung 2018, Jokowi Minta Lapak untuk Pedagang

PEMALANG, Bernas.id – Jalan Tol Trans Jawa akan meningkatkan konektivitas atas daerah. Namun, jalan tol diperkirakan bisa mematikan usaha para pedagang di sepanjang Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa. Presiden Joko Widodo pun member ...

Umum 19 Jam lalu

Langka! Kementerian LHK Siapkan Habitat Kedua Badak Bercula Satu

PANDEGLANG, Bernas.id – Badak bercula satu termasuk dalam kategori hewan langka. Bahkan, populasi badak bercula satu di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Jumlahnya pun tak sampai ratusan. Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat menegaskan ...

Selebritas 19 Jam lalu

Berlokasi di Candi Borobudur, Vicky Shu Resmi Menikah

Bernas.id – Penyanyi Vicky Shu akhirnya melepas masa lajangnya pada Sabtu (23/9/17). Ia resmi dinikahi Ade Imam. Vicky menggelar akad nikah dan resepsi di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sejak siraman yang digelar ...

Properti 22 Jam lalu

Perkiraan Pengembang: Tahun 2020, Properti Indonesia Meroket

JAKARTA, Bernas.id - Tiga tahun terakhir properti Indonesia merosot terus, hal ini mengindikasikan bahwa belum pulihnya pasar properti Indonesia. Hendra Hartono selaku CEO Leads Property Indonesia mengungkapkan, seluruh total kumulasi ap ...

Properti 23 Jam lalu

Ini 5 Alasan Paling Masuk Akal untuk Segera Mencicil Rumah Sebelum Terlambat

JAKARTA, Bernas.id - Setiap orang ingin mempunyai rumah sendiri. Namun, berbagai alasan untuk memiliki karena terbentur dengan situasi. Tidak punya uang untuk uang muka, cicilan yang memberatkan, belum menikah, belum mempunyai karir yang ba ...

Nasional 1 Hari lalu

Banyak Kepala Daerah Tertangkap, Mendagri Apresiasi Kinerja KPK

Bernas.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas korupsi di Tanah Air.  Ini terbukti dengan banyak kepala daerah yang terjerat operasi tangkap ta ...

Tokoh 1 Hari lalu

Perkenalkan Asima Chatterjee, Ahli Kimia yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Bernas.id –  Hari ini, Sabtu (23/9/2017),  Google memajang doodle sosok wanita berkacamata yang lengkap dengan struktur molekul kimia disusun apik membentuk kata "Google" dengan dominasi warna hijau. G ...

Tokoh 1 Hari lalu

Politikus Afsel ini Mandi Tiga Hari Sekali, Begini Alasannya

Bernas.id –  Kepala Daerah Western Cape Afrika Selatan, Helen Zille, mengungkapkan bahwa ia hanya mandi tiap tiga hari sekali. Alasannya, Western Cape yang terkenal dengan perkebunan anggur, pegunungan, dan pantai telah m ...

Nasional 1 Hari lalu

Sekjen PPP Keberatan Ada Pihak Sebut Semua Anggota DPR Ingin Lemahkan KPK

JAKARTA, Bernas.id – Keberadaan dan kerja Pansus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memang menuai polemik. Masa kerja Pansus Angket ini pun akan berakhir pada 28 September 2017. Ada pi ...

Nasional 1 Hari lalu

Hore! Ada Kereta Ekonomi Premium Cilacap-Solo, Ini Tarifnya

JAKARTA, Bernas.id – Kereta Api rute khusus Cilacap hingga Solo pun akan menjadi kenyataan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan bahwa Kereta Wijayakusuma jurusan Cilacap-Yogyakarta-Solo dan sebaliknya akan diluncurkan pada Senin ...

Film 2 Hari lalu

Lagu Metallica Iringi Trailer Perdana Marvel’s The Punisher

Bernas.id –  Lagu Metallica berjudul “One,” hadir mengiringi trailer untuh perdana serial The Punisher diluncurkan oleh Netflix. Trailer yang cukup brutal ini sebenarnya isinya cukup sederhana, yai ...

Nasional 2 Hari lalu

Arsitek ITB: Dengan Membangun Desa, Warga Tak Perlu Migrasi

SEMARANG, Bernas.id – Pembangunan wilayah pedesaan dinilai mendesak. Hal ini diharapkan mengerem orang-orang desa yang ingin bermigrasi ke kota. Seorang Arsitek dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Tjuk Kuswartojo menyampaikan pel ...

Selebritas 2 Hari lalu

Akhirnya! Impian Vicky Shu Menikah di Candi Borobudur Terwujud

Bernas.id – Wedding dream hampir dimiliki setiap calon pengantin. Setelah Raisa Andriana, kini giliran penyanyi Vicky Shu yang naik ke pelaminan. Perempuan yang sudah menginjak 30 tahun itu tak butuh waktu lama untuk memutuskan menika ...

Selebritas 2 Hari lalu

Jalani Rehabilitasi, Ello Tetap Sibuk Berkarya dan Manggung

JAKARTA, Bernas.id – Penyanyi Ello yang memiliki nama asli Marcello Tahiteo sudah hampir dua bulan menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur. Ello pun wajib mengikuti kegiatan rutin di RSK ...

Nasional 2 Hari lalu

Polisi: Omzet PCC Capai Miliaran, Sindikat Penjualannya Rapi

JAKARTA, Bernas.id – Polisi telah mengamankan empat orang tersangka pembuat dan penyebar pil PCC. Mereka adalah MSAS, WY dan pasangan suami-istri BP dan LKW. Setidaknya ada 4 ton bahan baku dan ratusan ribu butir pil PCC yang ditemuka ...

Kuliner 2 Hari lalu

Wujudkan Visi APPBI, Ambarrukmo Plaza Selenggarakan “Taste of Harmony”

Bernas.id – Untuk mewujudkan visi Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Ambarrukmo Plaza gelar festival kuliner yang bertajuk “Taste of Harmony”. Festival ini akan diselenggarakan di Pendopo Royal Ambarrukmo ...

Kuliner 2 Hari lalu

Jogja City Mall Jadi Tuan Rumah WICSF 2017

Bernas.id – Dalam rangka memeriahkan Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 2017, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jogja City Mall hadirkan festival sate. Event kuline ...

Kuliner 2 Hari lalu

Meriahkan Festival Kuliner APPBI 2017, Mall Malioboro Berhiaskan Lampion Warna-warni

Bernas.id – Malioboro Mall akan melangsungkan event kuliner yang bertajuk “Malioboro Mall’s Colorfood Festival : Citarasa Kuliner Nusantara”, pada 29 September sampai dengan 1 Oktober 2017 mendatang. Event kuliner in ...

Nasional 2 Hari lalu

OJK: Isi Ulang E-Money Biarkan Ditentukan Pasar Bukan BI

JAKARTA, Bernas.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut menanggapi aturan Bank Indonesia terkait beban biaya isi ulang (top up) uang elektronik antar bank dan pihak ketiga. Jika isi ulang dilakukan antar bank maka dikenakan tarif Rp 1 ...

Wisata 2 Hari lalu

Menpar: Tanjung Lesung Jadi Destinasi Dunia, Ini yang Wajib Ada

BANTEN, Bernas.id – Tanjung Lesung masuk dalam 10 destinasi wisata prioritas Indonesia. Namun, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini belum memiliki fasilitas bandar udara internasional. Menteri Pariwisata (Menpar) pun mengatakan Banten har ...

Wisata 2 Hari lalu

Menteri BUMN: Buat Paket Wisata Indonesia Jadi Pilihan Utama

JAKARTA, Bernas.id – Pariwisata dan liburan tidak pernah ada matinya. Banyak tawaran paket liburan yang biasanya dimanfaatkan agar bisa menikmati perjalanan bersama keluarga. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno memi ...

Internasional 2 Hari lalu

Begini Kemelut dan Pro Kontra Kemerdekaan Kurdi-Irak

Bernas.id –  Rakyat Kurdi di Irak kini bersiap menyambut referendum kemerdekaan yang akan digelar pada tanggal 25 September 2017 mendatang. Sebelumnya Pemerintah Regional Kurdistan (KRG) di Irak utara bertemu di Erbil dan menyata ...

Fotografi 2 Hari lalu

Foto Karya WNI Gerdie Hutomo Sukses dalam Pameran Foto di Korea

Bernas.id –  Seorang WNI bernama Gerdie Hutomo ini adalah pegawai pada perusahaan obat ternama di Tanah Air. Walau begitu, karyanya yang diakui publik jauh dari pekerjaanya. Foto hasil jepretan Gerdie juga ternyata mengagumkan ...

Nasional 2 Hari lalu

OTT KPK, Wali Kota Cilegon dan Uang Ratusan Juta Diamankan

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengamankan Wali Kota Cilegon Iman Ariyadi dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Cilegon, Banten. Ditangkap beserta temuan uang ratusan juta, Jumat (22/9/17). "Ada ...

Event 2 Hari lalu

Sedot Wisatawan, ISOPLUS Segera Gelar City Run dan Beach Run di Yogyakarta

YOGYAKARTA, Bernas.id - Tingginya antusias masyarakat terhadap kegiatan lari, menginspirasi ISOPLUS, untuk menggelar dua kegiatan lari sekaligus, yaitu “ISOPLUS City Run” yang digelar di 5 kota dan “ISOPLUS Beach Run& ...

Nasional 2 Hari lalu

Tuduhan Pansus Angket Terhadap Agus Rahardjo, KPK Sebut Janggal

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai tudingan Pansus Angket di DPR RI terkait dugaan korupsi Agus Rahardjo yang kini menjadi Ketua KPK adalah janggal. Dugaan pengelewangan terhadap Agus itu saat menjaba ...

Nasional 2 Hari lalu

Fahri Hamzah: KPK Belum Klarifikasi, Pansus Angket Wajar Diperpanjang

JAKARTA, Bernas.id – Fahri Hamzah selaku Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyebutkan masih ada pekerjaan Pansus Angket KPK di DPR yang belum diselesaikan. Ia pun menganggap wajar jika ada usulan perpanjangan masa kerja Pa ...

Properti 2 Hari lalu

Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat, Itu Tugas Pemerintah

JAKARTA, Bernas.id - Setiap warga negara Indonesia wajib mendapatkan haknya dalam kehidupan berbangsa. Hak tersebut salah satunya adalah, mendapatkan tempat tinggal yang layak bagi warga negara. Hunian yang layak tersebut sepatutnya lah ...