Berita Nasional Terpercaya

7 Destinasi Wisata di Jalur Pantura Ini Patut Anda Kunjungi

0

HarianBernas.com – Yang dinanti setiap bulan Ramadhan tiba adalah kebiasaan mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman. Anda mungkin tidak pernah melewatkan tradisi tersebut setiap tahun.

Perjalanan mudik dapat jadi sangat panjang dan melelahkan, terlebih lagi jika harus melintasi jalur darat dengan kendaraan pribadi. Supaya perjalanan Anda tetap menyenangkan, Anda yang melewatkan jalan nasional jalur pantura dapat singgah ke sejumlah tempat wisata di sepanjang jalan.

1. Ketika melintasi Cirebon, jangan lupa mampir ke Kampung Batik Trusmi. Di sinilah Anda dapat mendapatkan oleh-oleh batik Cirebon beserta kuliner khasnya
Lokasinya berada di jalan tol Palimanan?Kanci. Di tempat tersebut Anda dapat menjumpai dan memilih sendiri batik favorit untuk dijadikan oleh-oleh. Contohnya adalah motif Mega Mendung yang asli Cirebon.

Berbagai kuliner serta jajanan khas Cirebon tersedia di tempat tersebut. Ada nasi lengko yang berisi sayur. Selain itu, ada juga nasi jamblang yang disajikan di atas daun jamblang dan empal gentong. Gak ketinggalan, nikmati juga tahu gejrot asli Cirebon.

2. Di Tegal, luruskan kaki dan lanjutkan perjalanan Anda menyusuri Pantai Alam Indah yang memiliki pemandangan senja mempesona
Ketika melewati Tegal di siang hari, Anda sangat disarankan untuk singgah di Pantai Alam Indah, pantai yang menjadi ikon wisata kota ini. Anda dapat berjalan sambil melemaskan kaki menyusuri hamparan pasir atau melangkah ke dermaga yang menjorok ke tengah laut dan mengambil pemandangan indah di tempat tersebut.

3. Lanjut ke Pekalongan, Anda dapat menuju Pantai Pasir Kencana yang indah serta menikmati berbagai koleksi batik Nusantara di Museum Batik
Anda dapat menikmati wisata pantai serta berbelanja oleh-oleh batik yang otentik dari Kota Batik ini. Jika ingin berisrtiahat sambil piknik di pantai, Anda dapat datang ke Pantai Pasir Kencana, pantai ini dekat dari pusat kota.

Anda dapat menikmati koleksi batik yang dipamerkan di Museum Batik. Museum yang beralamat di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan, menampung ratusan koleksi mulai dari yang kuno sampai modern dengan berbagai corak dan karakter.

4. Berkelilinglah melewati pusat kota Semarang, di mana Anda dapat pergi ke bangunan Lawang Sewu serta mencoba damainya beribadah di Masjid Agung Jawa Tengah
Tidak lama setelah keluar dari Pekalongan, Anda akan memasuki daerah Semarang, ibukota Jawa Tengah. Sempatkan diri Anda untuk melintasi pusat kota dan mampir ke bangunan bersejarah peninggalan kolonial bernama Lawang Sewu.

Satu tempat yang wajib Anda kunjungi ketika ke Semarang, yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Jawa Tengah yang berada di kota Semarang. Tidak hanya beribadah shalat, Anda juga akan kagum oleh arsitekturnya yang sangat indah.

5. Setelah terus bertemu pantai di sepanjang jalan, sempatkan dirimu untuk menjelajahi Goa Maharani, sebuah goa paling indah di Lamongan
Pemandangan pantai di sepanjang jalan Pantura dari Rembang hingga Tuban mungkin membuat Anda bosan. Ketika sampai di Lamongan, lewatlah daerah pesisir utara dan sempatkan untuk mampir ke Maharani Zoo & Goa Lamongan alias Mazola. Di tempat tersebut Anda dapat bercengkerama dengan satwa penghuni kebun binatang.

Tidak hanya itu, jelajahi juga Goa Maharani, goa alam paling inddah di Lamongan.
Jika mempunyai banyak waktu, kawasan Wisata Bahari Lamongan juga dapat Anda singgahi. Anda tidak akan menyangka jika Lamongan mempunyai kawasan wisata dengan wahana yang tidak kalah menarik dari Dufan.

6. Jika Anda membutuhkan oase di tengah panasnya kota industri Gresik, Telaga Ngipik akan menjadi pilihan yang pantas untuk Anda
Kota Gresik adalah sebuah kawasan industri di Jawa Timur yang terkenal panas dan ramai. Anda tidak akan menyangka jika di tengah kota terdapat sebuah oase berupa ruang terbuka hijau dan panorama telaga yang menawan.

Kawasan bernama Telaga Ngipik ini dimanfaatkan warga Gresik untuk istirahat dari ramainya kota Gresik. Anda juga pasti akan mengira telaga tersebut adalah bekas galian tambang pabrik semen.

7. Di Surabaya Anda dapat menaiki kapal selam di Monumen Kapal Selam
Jangan sampai lupa untuk menjelajahi isi kapal selam di Monumen Kapal Selam. Kapal selam yang Anda kunjungi ini merupakan kapal selam yang sudah pensiun bernama KRI Pasopati 410. Kapal ini merupakan kapal selam buatan Rusia yang dimiliki oleh Angkatan Laut RI sejak tahun 1962.

Selain melihat isi kapal selam, Anda juga dapat menyaksikan video dokumenter yang menceritakan sejarah KRI Pasopati 410 serta Angkatan Laut RI. Akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.