Berita Nasional Terpercaya

3 Cara Rahasia Marketing

0

HarianBernas.com – Ada sebuah Ironi dalam bisnis, lalu apakah Ironi terbesarnya? Apakah anda tahu restoran Burger terbesar didunia ? Pernahkah anda makan di restoran tersebut?

Saya bertanya kepada anda yang sudah makan ke restoran burger tersebut. Misalnya anda telah memesan burger anda, setelah anda mendapatkan burger pesanan anda, lalu anda mulai memakan burger anda. Pertanyaan saya, setelah memakan Burger tersebut, apakah yang anda rasakan ?

Respon dari yang memakan burger tersebut bisa berbeda-beda, tetapi bolehkah saya rangkum hanya dua jawaban saja. 

Bisa jadi respon anda adalah : 

1. Anda akan memuji, karena rasanya enak banget, “Wah pantes saja restoran ini cabangnya dimana-mana rasanya nikmat banget” 

2. Anda merasa Heran, “Saya bingung mengapa restoran ini bisa ramai, dan banyak cabang diseluruh dunia ya? Rasa burgernya biasa saja, masih banyak burger yang lebih enak daripada ini” 

Inilah Ironinya, sebuah bisnis atau perusahaan yang besar, belum tentu produknya adalah produk yang terbaik, banyak juga produknya sudah bagus, tetapi perusahaan itu tidak menjadi perusahaan yang besar atau terbaik. 

Banyak bisnis yang memiliki produk bagus, service juga oke, tetapi entah kenapa selalu saja perang harga, harga dibuat serendah mungkin agar menarik perhatian para customer.

Apakah disekitar anda masih ada yang seperti itu ?

Dalam dunia bisnis sebenarnya bukan hanya produk yang menjadi sebuah unggulan, mungkin ada yang berfikir bahwa ketika memiliki produk yang benar-benar ada maka konsumen/customer akan terarik. 

Sebenarnya yang tepat adalah (perception is reality) persepsi customer anda adalah kenyataan. Bukan kenyataan realistis dari wujud PRODUKNYA tetapi PERSEPSINYA. 

Lalu, bagaimana caranya agar bisnis kita bisa terus tumbuh dan berkembang ? Seperti apakah Marketing dan Branding strategy ini?. 

Untuk membangun dan mengembangkan bisnsis maka kita harus bisa berjualan. Nah, ada banyak cara dalam marketing, namun saya akan menyampaikan 3 Rahasia Marketing ala Coach Yohanes Pauly : 

1. Specific (Who)

Pada bagian ini, pointnya adalah siapa yang mau kita tawarkan? Siapa Customer yang mau kita hajar? Kita harus membidik customer yang tepat. Kebanyakan pemilik bisnis selalu mengutamakan (Bagaimana cara menjual) bukan kepada siapa produk ini akan dijual. 

Anda pernah tahu tentang Ice Cream Walls? 

Dulu manager pemasarannya pernah berdebat dengan tim pendistribusiannya tentang angka penjualannya, lalu kemudian managernya menganalisa, kemudian managernya melakukan hal analisa (Specific Who).

Ternyata setelah dilakukan analisa itu, dan mulailah dilakukan penetrasi penjualan kepada ibu-ibu yang memiliki anak dengan tingkat pendidikan masih duduk dibangku sekolah dasar. Dengan ini ternyata penjualannya semakin meningkat, karena kuasa beli terhadap ice cream walls terletak dari seorang ibu, dan keinginan terbesar pembelian ada id anak. 

2. Emotional (What)

Bisnis yang sukses mempunyai kedekatan emosi yang kuat kepada customer atau clientnya. Mereka yang telah berhasil membangun emosi, akan memiliki ; Gengsi, Kepastian, Kenyamanan dan Standardnya masing-masing. 

Contohnya Starbuck : Orang lebih cenderung ketika diajak ketemuan, meeting atau kongkow2 memilih di Starbuck, mengapa ? Karena orang-orang ini telah memiliki ikatan emosianl yang sangat kuat dengan starbuck.

Itu kenapa ada orang yang kalau memesan minum lalu, lalu ia minum kopinya sambil jalan-jalan di mall, maka gelas kopi yang ia pegang akan ia usahakan agar tanganya tidak menutupi Logo di gelasanya. Ia berharap logo Starbuck bisa dilihat banyak orang, jadi ia bisa terlihat keren. 

3. Relevan (Why)

Ketika pemilik bisnis ngotot ingin berjualan, banyak dari mereka yang hanya sekedar ngotot doank, gak tahu apakah produknya relevan atau tidak, ia hanya memaksakan kehendaknya saja. 

Tetapi ketika customer anda merasa Relevan dan mempunyai alasan yang kuat untuk membeli produk anda, maka anda tidak perlu ngotot menjuali mereka.

Semoga bermanfaat. 

 

Salam Dashyat!

VAO 

Service Excellence Trainer

Untuk mengundang Vicktor Aritonang (VAO) berbicara di perusahaan Anda, silakan menghubungi di [email protected]. Bagi yang ingin mendapatkan artikel motivasi setiap harinya, dapat langsung menghubungi WA saya di 0812.7307.3882. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.