8 Doa Mencegah Korupsi


05 Agustus 2016

Ilustrasi (Sumber foto : dream[dot]co[dot]id)

HarianBernas.com - Rasanya mengherankan memang, jika kita membicarakan doa dan korupsi. Mungkin akan timbul di benak kita masing-masing pertanyaan besar (big question).

Apa hubungan antara doa dan korupsi? Apakah orang yang melakukan korupsi itu tidak pernah berdoa? Jawabannya yang jelas, pasti merekapun berdoa, tapi apakah doa itu dapat menghujam ke lubuk hati yang paling dalam hingga memberikan implikasi positif dalam prilakunya sehari-hari atau tidak? Demikian pertanyaan besar selanjutnya yang patut menjadi renungan kita semua.

Saya ingin memulai tulisan ini dengan memaparkan sebuah kisah. Dalam sebuah riwayat diceritakan ketika salah seorang sahabat datang menemui Rasulullah dan berkata, ''Ya Rasulullah, saya terbelit utang, tolonglah saya.'' Tak berselang lama, sahabat lain juga datang dan mengadukan hal yang sama, ''Ya Nabiullah, saya tidak punya uang.''

Selanjutnya, kepada yang kedua, Rasulullah memberikan sebuah kapak dan memerintahkan sahabat tersebut pergi mencari kayu bakar untuk dijual di pasar, sedangkan kepada sahabat yang pertama Rasulullah tidak memberikan apa-apa kecuali hanya mengajarkan sebuah doa untuk diamalkan. ''Ya, Allah aku berlindung dari perasaan gundah gulana, lilitan utang, dan intimidasi orang-orang kuat.''

Penggalan kisah di atas mengandung suatu pelajaran yang sangat filosofis bahwa ketika sahabat mengadukan kondisinya yang pailit dan dililit utang serta kesulitan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Secara gamblang bisa kita pahami pada intinya mereka berharap Rasulullah memberikan uang sesuai dengan kemampuan beliau.

Di luar dugaan mereka, Rasulullah tidak memberikan uang, tapi hanya memberikan sebuah kapak dan sebuah doa. Pemberian kapak disini dimaknai sebagai pemberian peluang usaha yang halal. Tulisan ini tidak membahasnya secara rinci. Dalam tulisan ini kami mencoba dengan keterbatasan mengulas secuil pengetahuan yang kami milki tentang kekuatan doa. Jelas kita sepakat bahwa usaha dan doa merupakan satu kesatuan yang juga diperintahkan oleh Yang Maha Kuasa.

Tentu saja dalam kisah diatas bukan berarti Rasulullah tidak punya uang, tapi Nabi ingin mendidik sahabat beliau dengan memberikan pelajaran.

Pertama, perilaku minta-minta adalah sifat yang dibenci Allah, karena merupakan perendahan harga diri di depan manusia, menghilangkan rasa malu, dan yang terpenting pasti akan membelenggu diri untuk kebiasaan buruk, akan menjadi orang tidak mau berusaha. Seandainya Rasulullah memberikan uang, pasti sahabat tersebut akan datang lagi ketika kembali kehabisan uang.

Kedua, Rasulullah ingin mendidik mental para sahabat beliau, dan kita umatnya, agar jangan bermental rendah diri dan selalu bergantung kepada orang lain, walaupun itu saudara sendiri. Bahkan kita diajarkan dalam kondisi sesulit apapun kita tetap harus berdialog dalam bentuk doa dan mengembalikan masalah tersebut kepada Sang Pemilik Masalah yaitu Allah.

Ketika mental sudah terdidik selalu mengandalkan utang atau kebaikan orang lain, berarti kita sudah membelenggu otak dan pikiran untuk tidak mau berusaha mendapatkan uang dengan cara halal lainnya. Bahkan yang terjadi sebaliknya dan inilah awal mula menjadi virus yang sangat mematikan kreativitas manusia.

Sikap mental manusia harus mulai dibangun dari sini karena menjadi unsur penting dalam meraih keberhasilan. Seseorang yang bermental pantang menyerah tentulah dalam setiap usaha akan selalu berusaha keras menempuh jalan yang halal dan setiap rintangan hanya dianggap cobaan kecil dan anak tangga untuk meraih keberhasilan.

Sebaliknya, seseorang yang bermental korup sudah tentu di setiap detik yang terlintas dalam pikirannya bagaimana hari ini mendapatkan uang banyak dan metode apalagi yang harus diterapkan tanpa mempertimbangkan halal haramnya. Ini menunjukkan sikap sangat pengecut karena takut miskin dan sekaligus musyrik karena tidak percaya rezeki dari sang pencipta.

Di akhir riwayat, kedua sahabat tersebut mendatangi Rasulullah kembali dan mengatakan bahwa mereka sudah tidak punya utang lagi dan sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Subhanallah, percayalah bahwa terbukti  doa jika dipanjatkan dengan sungguh-sungguh akan memberikan motivasi diri untuk melepaskan diri dari belenggu utang yang merupakan sumber gundah gulana.

Doa itu senjata orang beriman, yang berarti merupakan bekal dan sekaligus tameng untuk menghadapi kesulitan hidup yang ditemui. Doa itu percakapan antara seorang hamba kepada Tuhannya. Para ahli pun mengatakan bahwa rintihan, percakapan dan bentuk-bentuk kalimat bebas lainnya yang berisikan dialog dengan Tuhan tidak lain merupakan doa. Bahkan shalatpun sesungguhnya adalah doa. Sebab hampir seluruh bacaan di dalamnya merupakan permintaan kepada Allah.

Allah berjanji mengabulkan setiap doa hambanya di dunia atau akan menjadi simpanan di akhirat kelak. Nah kalau begitu, tidaklah berlebihan jikalau salah  guru agama ustad Hasanuddin pernah berkata maraknya korupsi disebabkan karena orang yang korupsi tidak pernah berdoa secara serius. Baik serius membaca doanya maupun memahami apa arti doa yang diucapkan terlebih lagi memancarkan akhlak baik akibat dari doa yang  dipanjatkan.

Untuk menghindari diri kita dari perbuatan korupsi dalam berbagai macam bentuk, sang gurupun mengajarkan untuk mengamalkan secara benar 8 doa kunci aktivitas harian. Masih menurut sang guru, sesungguhnya seluruh kalimat doa yang ada dapat menghindarkan manusia dari semua perbuatan yang negatif asalkan kita melakukannya secara benar.

Mustahil doa akan memberikan kekuatan yang luar biasa dalam diri manusia. Dalam aktivitas keseharian, sang guru mencatat ada 8 doa  kunci yang memiliki makna luar biasa secara simultan dapat menghantarkan kita menjadi manusia yang akan selalu tunduk dan patuh kepada sang Khalik jika kita dapat  amalkan secara kontinyu dan benar.

 

Kekuatan 8 doa kunci tersebut insya Allah akan mengurungkan niat manusia untuk berbuat negatif termasuk korupsi.

Delapan doa tersebut adalah; doa sebelum dan bangun tidur, doa sebelum dan sesudah wudhu, doa sebelum dan sesudah makan/minum, doa sebelum mengenakan pakaian serta doa pada saat berkendaraan/dalam perjalanan.

Menurut sang guru ke delapan doa kunci tersebut merupakan aktivitas harian yang tidak mungkin tidak kita lakukan sebagai ummat manusia.  8 doa tersebut sangat memiliki makna yang sangat mendalam.

Doa sebelum dan bangun tidur

Mengingatkan kepada kita untuk selalu ingat kematian. Mestinya jika doa ini kita pahami betul semua sifat-sifat negatif (sombong, iri, dengki, takabbur dan sebagainya) yang ada pada diri manusia akan sirna dengan sendirinya. Karena semuanya bermuara pada kesadaran hakiki bahwa kita hanya hamba lemah yang sewaktu-waktu dapat dihidupkan dan dimatikan kapanpun Allah mau.

Doa ini menyadarkan kita bahwa kematian adalah kado terindah yang pasti ada dalam episode hidup ini. Kematian adalah kepastian yang akan diterima oleh setiap manusia, cepat atau lambat dan tidak satupun jiwa makhluk yang dapat menolaknya.

Doa sebelum dan sesudah wudhu

Memberikan makna keinginan menjadi hamba yang bertaubat, bersih fisik rohani serta kelapangan rumah tangga. Aktivitas harian yang satu ini sangat dapat menjaga kesucian diri manusia lahir bathin.

Orang yang selalu menjaga wudhunya dengan menyempurnakan pemahaman terhadap doa yang dipanjatkan pastinya dapat dijamin akan malu jika berbuat maksiat. Justru dengan wudhu yang terjaga akan membentengi manusia dari segala macam dosa.

Allah memberikan jaminan surga dari pintu mana saja bagi siapapun yang dapat menjaga wudhunya setiap hari. Wudhu disini tentunya dalam makna yang hakiki yaitu wudhu secara fisik dengan air wudhu dan terjaganya perilaku manusia sehari-hari.

Doa sebelum dan sesudah makan

Merupakan permohonan menjadi hamba yang pandai bersyukur atas berkah rezki yang kita dapatkan dan dijauhkan siksa api neraka. Sungguh sangat tidak mungkin jika orang yang mengamalkan aktivitas doa harian ini lalu tergoda untuk melakukan hal-hal yang dibenci olehNya.

Jadi, jika ada orang sehabis makan lalu nyolong/mencuri itu berarti doa yang dipanjatkan tidak sungguh-sungguh diucapkan. Makanan/minuman yang telah masuk ke dalam tubuh kita semestinya memompa kita untuk bergerak dan beraktivitas di jalan yang telah diperintahkan oleh Yang Maha Pencipta.

Doa mengenakan pakaian

Mengarahkan kita berprilaku baik dan terhindar dari perbuatan jahat. Dengan memahami doa ini akan semakin mengokohkan diri kita untuk memancarkan cahaya kebaikan dengan pakaian yang melekat di tubuh kita.

Bahkan dengan memaknai doa tersebut manusia dapat meningkatkan peran dakwahnya apapun profesi yang kita geluti dan memlihara komitmen kita untuk menghindari perbuatan jahat. Jadi, sangatlah tidak mungkin orang yang telah berdoa secara khusyuk pada saat akan mengenakan pakaian setelah itu akan bertidak amoral termasuk korupsi dalam segala bentuk.

Doa perjalanan

Mengingatkan kita pada kebajikan dan ketaqwaan, perlindungan keluarga, dijauhkan dari bencana harta dan keluaa. Jika doa  ini kita pahami betul maknanya tentu kita akan selalu melindungi diri dari segala macam tujuan perjalanan yang menyesatkan.

Bahkan dengan doa ini kita akan selalu terlindungi dari segala macam kemungkaran yang dapat merusak prinsip tauhid kita kepada yang Maha Kuasa. Kalau kita sudah mengerti benar tentang doa ini, tidak mungkin manusia akan terjerumus dalam sebuah perjalanan sia-sia yang akan menghancurkan  moralitas kepribadian kita sebagai hamba yang beriman.

Ilmu pengetahuan mungkin tak akan pernah menunjukkan secara pasti dahsyatnya kekuatan doa dalam mengatasi penyakit kronis bangsa yang menghancurkan tatanan moral bangsa ini yaitu korupsi.

Kini, siapapun kita (pejabat, pengusaha, rakyat biasa kaya dan miskin, tua ataupun muda) yang mungkin berada di sekitar lingkaran yang dapat memancing terjadinya korupsi dalam segala bentuk, sekecil apapun itu lawanlah dengan benteng 8 doa kunci aktivitas harian yang khusyuk dan sungguh-sungguh.

Jika sesungguhnya ke 8 doa kunci aktivitas harian tersebut kita amalkan secara baik dan benar, masihkah kita berani melakukan Korupsi? Ingatlah tidak ada jaminan yang pasti menurut standar manusia bahwa seseorang dapat menjalani fase kehidupan ini  sedetik,  semenit,  sejam atau beberapa hari mendatang. Yang jelas pintu kematian segera menghampiri kita.

Kata orang bijak “ usia itu tidak berbau” apapun, di mana pun, kapan pun, siapa pun dan dalam kondisi bagaimana pun kado kematian siap menjemput kita, meskipun berada dalam sebuah benteng yang tinggi lagi kokoh. Sebagaimana diisyaratkan oleh Allah: “Dimana saja kamu berada, kematian pasti mendatangimu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh..” (QS.4:78)

Di akhir tulisan ini saya ingin meyakinkan bahwa kebesaran dan kesucian Allah tidak perlu diragukan lagi. “dan apa saja musibah yang menimpamu, itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah tetap akan memaafkan sebagian besar kesalahan-kesalahanmu”. (QS. 42:30).

 

Muhammad Fahmi, ST, MSi

Pemerhati masalah Sumber Daya Manusia dan masalah Tematik Bangsa

Kandidat Doktor Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia

(Universitas Negeri Jakarta UNJ)

Master of Ceremony (MC), Trainer Publik Speaking/Kehumasan

Salam Merah Mempesona Menggelitik Hati

fahmizidane2003@yahoo.com atau WA: 08158228009



Hi guyss..
Terimakasih sudah berkunjung ke BERNAS.id yaa..

Sekarang, BERNAS Group sedang membangun #ViralTeam di seluruh desa di
Indonesia melalui program #ViralDesa

Ingin Produk dan Jasa di desamu terkenal?
Kumpulkanlah 20 Orang untuk dilatih langsung Praktek ilmu #DigitalViralMarketing sekaligus,

Buat kalian bisa mendapatkan #RezekiDigital lewat #GotongRoyongDigital ya Guysss...
Mari menjemput #RezekiDigital, Menjadi 10-20 orang yang kami latih di BERNAS Group, untuk menjadi pengusaha Digital 2020
#ViralDesa
#Viralincome
#ViralKomisi
https://bernas.info/ViralDesa


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Lifestyle

Berikut Tips Awet Muda yang Gampang Caranya dan Alami

BERNAS.ID - Wanita mana yang tidak ingin terlihat awet muda meski usia sudah berumur? Setiap wanita tentunya memiliki impian agar terlihat awet muda. Ini karena penampilan awet muda membuat wanita lebih menarik dan lebih percaya diri.  ...

Lifestyle

Ketika Anak Menjadi Bullies, Ternyata Orang Tua Adalah Penyebabnya

Bernas,id - Bullying adalah perilaku yang berbahaya dan tidak menyenangkan bagi orang lain. Bullying tidak hanya terjadi pada fase usia remaja atau dewasa. Anak-anak adalah usia yang juga rentan menjadi korban bullying atau justu menjadi pe ...

Pendidikan

Catat dan Ingat 8 Poin Penting Bagi Para Peserta UTBK-SBMPTN 2020

Bernas.id - Ujian Tulis Berbasis Komputer- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 semakin mendekati masa pendaftaran. Seleksi yang digelar secara nasional oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dapat diiku ...

Olahraga

Pandemi Covid-19, Berikut Olahraga yang Digemari Anak Muda Belakangan Ini

BERNAS.ID - Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga sekarang ini sudah menjadi gaya hidup terutama untuk anak muda. Gerakan pola hidup sehat banyak digencarkan dengan menggunakan artis atau pun public figure. Ke ...

Pendidikan

Ayo Kuliah, Ini 7 Manfaat Menuntut Ilmu Sampai Perguruan Tinggi

  Bernas.id - Pendidikan Pekerjaan apa yang akan kamu lakukan kelak tentu ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor pendidikan. Meskipun banyak orang tidak tamat kuliah tapi bisa jadi pengusaha besar atau hanya ta ...

Lifestyle

Tak Perlu Khawatir Berbelanja Di Toko Ritel Selama Masa Pandemi, Cukup Perhatikan 5 Hal Ini untuk Menjaga Diri Anda

Bernas.id - Perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju persiapan dimulainya kembai aktivitas masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir saat ini. Menggulirkan wacana baru mengenai new normal life. ...

Pendidikan

Berbagai Masalah Pendidikan yang Dihadapi Masyarakat Indonesia, Nomor 4 Ada Solusinya

  Bernas.id –  Kehidupan yang layak bisa didapat bila seseorang mampu memberdayakan dirinya dan terus menggali potensi dalam dirinya dalan hal pekerjaan agar mendapat pendapatan yang baik. Agar bisa memberdayakan dir ...

DIY

DIY: Tambahan 3 Pasien Positif Covid-19, 9 Orang Sembuh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan ada tambahan 3 kasus baru pasien positif Covid-19. Sehingga kini jumlah pasien positif Covid-19 di DIY ber ...

Pendidikan

 4 Cara yang Bisa Kamu Terapkan untuk Membayar Biaya Kuliah

  Bernas.id – Pendidikan tinggi masih dipercaya sebagai salah satu cara untuk meraih kesuksesan jangka panjang di masa depan. Bukan hanya untuk meraih gelar kesarjanaan, menuntut ilmu di perguruan tinggi juga mendatangkan bany ...

Pendidikan

5 Jurusan Kuliah Favorit Paling Dicari Tahun 2020

  Bernas.id – Perkembangan teknologi, digital, dan internet beberapa tahun terakhir membuat profesi dan lapangan pekerjaan baru muncul. Sebut saja web desainer, content writer, dan desain grafis. Ketiga pekerjaan ter ...

DIY

DIY Laporkan Tambahan 2 Positif Covid-19 dan Pasien Sembuh 7 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada tambahan 2 pasien positif Covid-19, Jumat (29/5/2020). Dengan demikian, jumlah pasien positif Co ...

DIY

Sri Sultan Minta Penyusunan SOP 'New Normal' Sesuai Karakter DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar segera menyelesaikan Standard Operational Procedure (SOP) new normal. SOP new ...

Ekonomi

10 Tips Menampilkan Presentasi Online yang Memikat

  Bernas.id – Era pandemi seperti ini kita dianjurkan untuk sebisa mungkin tidal berkumpul atau berkerumun dan melakukan segala sesuatu dari rumah saja. Untuk memutus rantai penyebaran virus korona, melakukan physical distanci ...

Lifestyle

Skenario New Normal, Kapolri Perintahkan Kasatwil Lakukan Ini

BERNAS.ID - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menginstruksikan agar para Kasatwil membuat peraturan penanganan penularan Covid-19. Aturan ini akan berlaku untuk pengelola tempat kerja, pelaku usaha, pelanggan atau konsumen, para pek ...

DIY

8 Orang Dinyatakan Sembuh, Tidak Ada Penambahan Pasien Positif di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan RS Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali melaporkan tidak ada tambahan kasus baru pasien positif Covid-19, Kamis (28/5/2020). Sehingga jumlah akumulasiny ...

DIY

Berjumlah 228 Kasus Covid-19, Sri Sultan Perpanjang Darurat Bencana Sampai 30 Juni

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah dua hari dilaporkan tidak ada tambahan kasus baru pasien positif Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan RS Rujukan Covid-19 di DIY menyampaikan ada tambahan 2 kasus baru, Rabu (27/5/2020).&nbs ...

DIY

Hari Ini #14TahunGempaJogja, Sri Sultan Ajak Warga DIY Lakukan Ini

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Tepat 27 Mei menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan bagi warga Daerah Istimewa Yogyakarta maupun Jawa Tengah. Hal ini karena adanya gempa bumi berkekuatan 5,9 SR yang mengguncang DIY, khususnya Kabupaten B ...

Ekonomi

Buka Usaha Franchise Bonus Mentoring Bisnis Gratis

Bernas.id – Membuka usaha baru saat suasana pandemi seperti saat ini memanglah sangat riskan. Selain dampak berbagai kebijakan pemerintah dalam pencegahan semakin menyebarnya virus corona juga disebabkan oleh menurunnya daya beli masy ...

DIY

Dua Hari Berturut-turut DIY Laporkan 0 Kasus Positif Covid-19, Netizen: Alhamdulillah!

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan tidak ada tambahan kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa (26/5/2020). Dengan de ...

Ekonomi

7 Langkah Sederhana Memindahkan Bisnis Offline ke Online

BERNAS.ID - Bisnis offline kini semakin tertekan karena adanya perubahan tren belanja yang beralih ke dunia online. Transaksi digital yang terus berkembang semakin memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus rep ...

Pendidikan

Teknik Industri: Ketika Teknik Bertemu Manajemen

Teknik Industri adalah program studi yang relatif baru di Indonesia dibandingkan dengan kebanyakan prodi teknik lainnya. Meskipun relatif baru, program studi ini sama sekali tidak sepi peminat. Justru, dari tahun ke tahun, pendaftarnya maki ...

Pendidikan

Berbagai Jenis Beasiswa yang Ada di Kampus, Simak Persyaratannya

  Bernas.id – Ada kemudahan finansial yang bisa kamu dapatkan saat kuliah. Tentu saja kemudahan dan bantuan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang membutuhkan. Bantuan tersebut dikenal dengan istilah beasiswa. Beasiswa adala ...

DIY

Kabar Baik! Tak Ada Tambahan Pasien Positif Covid-19 dan Meninggal di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ada kabar baik di Hari Raya Idul Fitri kedua tidak ada penambahan kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan yang meninggal dunia di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (25/5/2020). Berdasarka ...

Ekonomi

Tips Memulai Usaha Kuliner Khusus Delivery Service

BERNAS.ID - Berjualan secara online tidak akan ada batasnya, mulai dari produk fashion, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, kendaraan, hingga makanan. Saat ini produk jenis makanan atau usaha kuliner juga bisa menggunakan toko onl ...

Lifestyle

Tak Bisa Hidup Normal Seperti Dulu, Achmad Yuri: Harus Lakukan Kebiasaan Baru

BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum normal. Apalagi kasus baru pasien yang positif terinfeksi virus corona masih terus bertambah dan belum melandai. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Cov ...

Kesehatan

Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Tembus Angka 22 Ribu, DIY Bertambah 1 Kasus

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penularan virus corona masih terjadi di tengah masyarakat Indonesia. Kasus Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta bertambah 1 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Melansir dari Instagram resmi Humas Pemda ...

Lifestyle

4 Tips untuk Mahasiswa Kos, Bebas Homesick karena Enggak Mudik

  Bernas.id – Lebaran kali ini terasa berbeda dan luar biasa bagi sebagian besar orang. Merayakan lebaran di tengah pandemi membuat banyak ritual dan aktivitas tidak bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Mudik atau pu ...

Lifestyle

6 Tips untuk Mahasiswa Saat Lebaran di Rumah Aja

    Bernas.id – Nampaknya kuliah online masih akan berjalan cukup lama. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan berita bahwa penyebarang virus corona penyebab penyakit covid-19 belum kunjung usai. Hal ini menyebabkan b ...

Ekonomi

7 Tips Jitu Memenangkan Persaingan Bisnis Online

BERNAS.ID - Dunia digital yang semakin berkembang membuat orang bisa melakukan apapun dengan mudah, termasuk berbisnis. Itu mengapa kini bisnis online semakin menjamur baik itu yang berskala kecil maupun besar. Pangsa pasar besar, modal yan ...

Lifestyle

Video Call, Jokowi dan Ma'ruf Saling Bersilaturahmi Virtual Saat Idul Fitri

BERNAS.ID - Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut bersilaturahmi pada Hari Raya Idul Fitri pada Minggu (24/5/2020). Namun, Idul Fitri tahun ini, masyarakat tak boleh saling berkunjung dari rumah ke rumah lantaran ...

Lifestyle

Lebaran Tetap Asyik Meski di Tengah Pandemi

Bernas.id - Ramadan telah berlalu. Waktu seakan berlari dengan kencangnya, baru juga kemarin sedikit sedih karena tidak dibolehkannya acara buka puasa bersama alias bukber karena social distancing, tak terasa kini sudah sampai pada hari ray ...

DIY

Jelang Idul Fitri Ada Tambahan 5 Pasien Positif Covid-19 di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, ada tambahan 5 orang pasien positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penambahan kasus Covid-19 di DIY didominasi oleh klaster keluarga karyawan Indogrosir. Kini, j ...

Kesehatan

Sebelum Makan Hidangan Lebaran, Ini Tips Agar Tetap Menyehatkan

BERNAS.ID - Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 24 Mei 2020, meski masih ada pandemi virus corona (Covid-19) tentu saja urusan masak hidangan khas tetap dilakukan. Ada beragam makanan khas saat Lebaran seperti ketupat, opor, olahan daging, dan ...

Pendidikan

Jangan Tunda Bergabung Di UNMAHA, Beasiswanya Membuka Peluang Emas Masa Depan!

Bernas.id - Berasal dari keluarga kurang mampu bukan hal yang dapat dipilih oleh seorang anak ketika ia dilahirkan. Mampu membiayai kuliah anaknya sampai jenjang yang tinggi adalah harapan setiap orang tua. Namun kebutuhan hidup dan penghas ...

DIY

220 Pasien Positif Covid-19 di DIY, Tambahan dari Klaster Indogrosir

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta masih terus bertambah terutama dari klaster Indogrosir. Berdasarkan hasil laporan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid- ...

Kesehatan

Jelang Idul Fitri, Task Force Covid-19 MPC PP Jaksel Bagi-bagi Sembako dan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

JAKARTA, BERNAS.ID - Jelang hari Raya Idul Fitri 1441 H, warga di dua kecamatan di Jakarta Selatan, yakni Kecamatan Cilandak dan Kecamatan Kebayoran Baru mendapat bantuan sembako dari Taks Force Covid-19 Majelis Pengurus Cabang Pemuda ...

Pendidikan

9 Istilah Teknologi Informasi Ini Ada Padan Katanya dalam Bahasa Indonesia, lho!

  Bernas.id – Era teknologi informasi menyebabkan munculnya istilah-istilah baru yang dengan cepat terdengar familiar di telinga masyarakat. Istilah tersebut dapat segera diterima karena sangat sering dipakai dan diucapkan dal ...

Pendidikan

5 Tips Nulis CV Agar Lolos Seleksi Beasiswa

  Bernas.id – Menulis dan membuat Curriculum Vitae atau yang lebih dikenal dengan CV tidak bisa sembarangan. CV adalah salah satu persyaratan yang penting ketika kamu mengajukan lamaran, mulai dari lamaran kerja, lamaran magan ...

Lingkungan

Menteri Siti : Pertama Kalinya Indonesia Menerima Pembayaran Hasil Penurunan Emisi GRK

JAKARTA,BERNAS.ID - Keberhasilan Indonesia menekan laju deforestasi dan degradasi hutan, serta berbagai konsistensi kebijakan pendukung lainnya di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, telah berhasil menurunkan emisi Gas Rumah ...

Kesehatan

Pertama Kalinya, Tambahan Pasien Positif Covid-19 Nyaris 1.000 Dalam 24 Jam

BERNAS.ID - Kabar mengejutkan penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia pertam kalinya memecahkan rekor harian. Terjadi penambahan kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 973 orang, per Kamis (21/5/2020).&nb ...

Pendidikan

Asyiknya Program Studi Manajemen

Kata “manajemen” sudah pasti tidak asing lagi di telingamu begitu juga bagi kebanyakan orang di luar sana. Program studi ini tergolong sebagai program studi yang cukup fleksibel dalam hal prospek karir. Selain itu, banyak orang ...

DIY

Tambahan Klaster Jamaah Tablig dan Indogrosir, Pasien Positif Covid-19 di DIY 206 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertambah 6 orang, Selasa (19/5/2020). Jumlah pasien positif Covid-19 di DIY kini mencapai 206 orang. Berdasarkan hasil laporan Dinas Kes ...

DIY

Pasien Positif Covid-19 di DIY 200 Orang, Ini Pesan Sri Sultan untuk Anak Muda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berdasarkan hasil laporan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga Senin (18/5/2020) pasien yang terkonfirmasi positif virus cor ...

Kesehatan

Tagar Indonesia Terserah Dimata Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing

JAKARTA,BERNAS.ID - Tagar Indonesia menjadi viral di media sosial yang banyak dicuitkan pengguna Twitter dan diunggah di Instagram beberapa hari ini #IndonesiaTerserah dianggap bentuk kekecewaan dari tim medis yang tengah berjuang men ...

Kesehatan

Doni Monardo Tanggapi #IndonesiaTerserah, Jumlah Pasien Positif Covid-19 Tembus 18 Ribu

BERNAS.ID - Tagar #IndonesiaTerserah masih bertahan menjadi salah satu trending topic Twitter. tagar tersebut merupakan salah satu bentuk protes tenaga medis. Hal ini karenan banyak masyarakat yang nekat bepergian, mudik, bahkan masih ...

Pendidikan

Peringatan Hari Buku Nasional, Ini Pandangan Buku Di Mata MenteriLHK Siti Nurbaya

JAKARTA,BERNAS.ID - Hari Buku Nasional guna memperingati pentingnya budaya membaca. Peringatan Hari Buku Nasional (Harbuknas) telah dimulai sejak 2002, dicetuskan saat masa Menteri Pendidikan, Abdul Malik Fadjar. Penetapan Harbuknas d ...

Lifestyle

Ini Pondasi Dasar Dalam Berbisnis Bagi Entrepreneur

BERNAS.ID - Seorang Entrepreneur harus memiliki pondasi dasar yang kuat sebelum melangkah lebih jauh dalam berkecimpung di dunia bisnis. Berikut pondasi dasar yang harus dimiliki seorang pengusaha :  Mindset/Pola Pikir Berbicara te ...

Lifestyle

Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Kamu

  Bernas.id - Hadirnya berbagai macam platform social media seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, Youtube, dan sebagainya dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan bisnis mereka. Perusahaan tidak lagi men ...

Lifestyle

Berikut Menu Buka Puasa yang Tak Menguras Kantong

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Momen buka puasa merupakan sesuatu hal yang ditunggu-tunggu setelah seharian menahan nafsu, lapar dan dahaga. Tak perlu makanan mahal, yang murah meriah saja sudah bikin hati senang. Anda bisa menyiapkan menu spes ...

Ekonomi

Tips Menyediakan Layanan Food Delivery untuk Bisnis Kuliner Anda

BERNAS.ID - Adanya layanan delivery makanan atau food delivery di rumah makan Anda akan menjadi nilai positif bagi bisnis Anda. Menurut beberapa survey, pendapatan yang dihasilkan restoran dari layanan delivery makanan cukup banyak.  ...