8 Doa Mencegah Korupsi


05 Agustus 2016

Ilustrasi (Sumber foto : dream[dot]co[dot]id)

HarianBernas.com - Rasanya mengherankan memang, jika kita membicarakan doa dan korupsi. Mungkin akan timbul di benak kita masing-masing pertanyaan besar (big question).

Apa hubungan antara doa dan korupsi? Apakah orang yang melakukan korupsi itu tidak pernah berdoa? Jawabannya yang jelas, pasti merekapun berdoa, tapi apakah doa itu dapat menghujam ke lubuk hati yang paling dalam hingga memberikan implikasi positif dalam prilakunya sehari-hari atau tidak? Demikian pertanyaan besar selanjutnya yang patut menjadi renungan kita semua.

Saya ingin memulai tulisan ini dengan memaparkan sebuah kisah. Dalam sebuah riwayat diceritakan ketika salah seorang sahabat datang menemui Rasulullah dan berkata, ''Ya Rasulullah, saya terbelit utang, tolonglah saya.'' Tak berselang lama, sahabat lain juga datang dan mengadukan hal yang sama, ''Ya Nabiullah, saya tidak punya uang.''

Selanjutnya, kepada yang kedua, Rasulullah memberikan sebuah kapak dan memerintahkan sahabat tersebut pergi mencari kayu bakar untuk dijual di pasar, sedangkan kepada sahabat yang pertama Rasulullah tidak memberikan apa-apa kecuali hanya mengajarkan sebuah doa untuk diamalkan. ''Ya, Allah aku berlindung dari perasaan gundah gulana, lilitan utang, dan intimidasi orang-orang kuat.''

Penggalan kisah di atas mengandung suatu pelajaran yang sangat filosofis bahwa ketika sahabat mengadukan kondisinya yang pailit dan dililit utang serta kesulitan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Secara gamblang bisa kita pahami pada intinya mereka berharap Rasulullah memberikan uang sesuai dengan kemampuan beliau.

Di luar dugaan mereka, Rasulullah tidak memberikan uang, tapi hanya memberikan sebuah kapak dan sebuah doa. Pemberian kapak disini dimaknai sebagai pemberian peluang usaha yang halal. Tulisan ini tidak membahasnya secara rinci. Dalam tulisan ini kami mencoba dengan keterbatasan mengulas secuil pengetahuan yang kami milki tentang kekuatan doa. Jelas kita sepakat bahwa usaha dan doa merupakan satu kesatuan yang juga diperintahkan oleh Yang Maha Kuasa.

Tentu saja dalam kisah diatas bukan berarti Rasulullah tidak punya uang, tapi Nabi ingin mendidik sahabat beliau dengan memberikan pelajaran.

Pertama, perilaku minta-minta adalah sifat yang dibenci Allah, karena merupakan perendahan harga diri di depan manusia, menghilangkan rasa malu, dan yang terpenting pasti akan membelenggu diri untuk kebiasaan buruk, akan menjadi orang tidak mau berusaha. Seandainya Rasulullah memberikan uang, pasti sahabat tersebut akan datang lagi ketika kembali kehabisan uang.

Kedua, Rasulullah ingin mendidik mental para sahabat beliau, dan kita umatnya, agar jangan bermental rendah diri dan selalu bergantung kepada orang lain, walaupun itu saudara sendiri. Bahkan kita diajarkan dalam kondisi sesulit apapun kita tetap harus berdialog dalam bentuk doa dan mengembalikan masalah tersebut kepada Sang Pemilik Masalah yaitu Allah.

Ketika mental sudah terdidik selalu mengandalkan utang atau kebaikan orang lain, berarti kita sudah membelenggu otak dan pikiran untuk tidak mau berusaha mendapatkan uang dengan cara halal lainnya. Bahkan yang terjadi sebaliknya dan inilah awal mula menjadi virus yang sangat mematikan kreativitas manusia.

Sikap mental manusia harus mulai dibangun dari sini karena menjadi unsur penting dalam meraih keberhasilan. Seseorang yang bermental pantang menyerah tentulah dalam setiap usaha akan selalu berusaha keras menempuh jalan yang halal dan setiap rintangan hanya dianggap cobaan kecil dan anak tangga untuk meraih keberhasilan.

Sebaliknya, seseorang yang bermental korup sudah tentu di setiap detik yang terlintas dalam pikirannya bagaimana hari ini mendapatkan uang banyak dan metode apalagi yang harus diterapkan tanpa mempertimbangkan halal haramnya. Ini menunjukkan sikap sangat pengecut karena takut miskin dan sekaligus musyrik karena tidak percaya rezeki dari sang pencipta.

Di akhir riwayat, kedua sahabat tersebut mendatangi Rasulullah kembali dan mengatakan bahwa mereka sudah tidak punya utang lagi dan sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Subhanallah, percayalah bahwa terbukti  doa jika dipanjatkan dengan sungguh-sungguh akan memberikan motivasi diri untuk melepaskan diri dari belenggu utang yang merupakan sumber gundah gulana.

Doa itu senjata orang beriman, yang berarti merupakan bekal dan sekaligus tameng untuk menghadapi kesulitan hidup yang ditemui. Doa itu percakapan antara seorang hamba kepada Tuhannya. Para ahli pun mengatakan bahwa rintihan, percakapan dan bentuk-bentuk kalimat bebas lainnya yang berisikan dialog dengan Tuhan tidak lain merupakan doa. Bahkan shalatpun sesungguhnya adalah doa. Sebab hampir seluruh bacaan di dalamnya merupakan permintaan kepada Allah.

Allah berjanji mengabulkan setiap doa hambanya di dunia atau akan menjadi simpanan di akhirat kelak. Nah kalau begitu, tidaklah berlebihan jikalau salah  guru agama ustad Hasanuddin pernah berkata maraknya korupsi disebabkan karena orang yang korupsi tidak pernah berdoa secara serius. Baik serius membaca doanya maupun memahami apa arti doa yang diucapkan terlebih lagi memancarkan akhlak baik akibat dari doa yang  dipanjatkan.

Untuk menghindari diri kita dari perbuatan korupsi dalam berbagai macam bentuk, sang gurupun mengajarkan untuk mengamalkan secara benar 8 doa kunci aktivitas harian. Masih menurut sang guru, sesungguhnya seluruh kalimat doa yang ada dapat menghindarkan manusia dari semua perbuatan yang negatif asalkan kita melakukannya secara benar.

Mustahil doa akan memberikan kekuatan yang luar biasa dalam diri manusia. Dalam aktivitas keseharian, sang guru mencatat ada 8 doa  kunci yang memiliki makna luar biasa secara simultan dapat menghantarkan kita menjadi manusia yang akan selalu tunduk dan patuh kepada sang Khalik jika kita dapat  amalkan secara kontinyu dan benar.

 

Kekuatan 8 doa kunci tersebut insya Allah akan mengurungkan niat manusia untuk berbuat negatif termasuk korupsi.

Delapan doa tersebut adalah; doa sebelum dan bangun tidur, doa sebelum dan sesudah wudhu, doa sebelum dan sesudah makan/minum, doa sebelum mengenakan pakaian serta doa pada saat berkendaraan/dalam perjalanan.

Menurut sang guru ke delapan doa kunci tersebut merupakan aktivitas harian yang tidak mungkin tidak kita lakukan sebagai ummat manusia.  8 doa tersebut sangat memiliki makna yang sangat mendalam.

Doa sebelum dan bangun tidur

Mengingatkan kepada kita untuk selalu ingat kematian. Mestinya jika doa ini kita pahami betul semua sifat-sifat negatif (sombong, iri, dengki, takabbur dan sebagainya) yang ada pada diri manusia akan sirna dengan sendirinya. Karena semuanya bermuara pada kesadaran hakiki bahwa kita hanya hamba lemah yang sewaktu-waktu dapat dihidupkan dan dimatikan kapanpun Allah mau.

Doa ini menyadarkan kita bahwa kematian adalah kado terindah yang pasti ada dalam episode hidup ini. Kematian adalah kepastian yang akan diterima oleh setiap manusia, cepat atau lambat dan tidak satupun jiwa makhluk yang dapat menolaknya.

Doa sebelum dan sesudah wudhu

Memberikan makna keinginan menjadi hamba yang bertaubat, bersih fisik rohani serta kelapangan rumah tangga. Aktivitas harian yang satu ini sangat dapat menjaga kesucian diri manusia lahir bathin.

Orang yang selalu menjaga wudhunya dengan menyempurnakan pemahaman terhadap doa yang dipanjatkan pastinya dapat dijamin akan malu jika berbuat maksiat. Justru dengan wudhu yang terjaga akan membentengi manusia dari segala macam dosa.

Allah memberikan jaminan surga dari pintu mana saja bagi siapapun yang dapat menjaga wudhunya setiap hari. Wudhu disini tentunya dalam makna yang hakiki yaitu wudhu secara fisik dengan air wudhu dan terjaganya perilaku manusia sehari-hari.

Doa sebelum dan sesudah makan

Merupakan permohonan menjadi hamba yang pandai bersyukur atas berkah rezki yang kita dapatkan dan dijauhkan siksa api neraka. Sungguh sangat tidak mungkin jika orang yang mengamalkan aktivitas doa harian ini lalu tergoda untuk melakukan hal-hal yang dibenci olehNya.

Jadi, jika ada orang sehabis makan lalu nyolong/mencuri itu berarti doa yang dipanjatkan tidak sungguh-sungguh diucapkan. Makanan/minuman yang telah masuk ke dalam tubuh kita semestinya memompa kita untuk bergerak dan beraktivitas di jalan yang telah diperintahkan oleh Yang Maha Pencipta.

Doa mengenakan pakaian

Mengarahkan kita berprilaku baik dan terhindar dari perbuatan jahat. Dengan memahami doa ini akan semakin mengokohkan diri kita untuk memancarkan cahaya kebaikan dengan pakaian yang melekat di tubuh kita.

Bahkan dengan memaknai doa tersebut manusia dapat meningkatkan peran dakwahnya apapun profesi yang kita geluti dan memlihara komitmen kita untuk menghindari perbuatan jahat. Jadi, sangatlah tidak mungkin orang yang telah berdoa secara khusyuk pada saat akan mengenakan pakaian setelah itu akan bertidak amoral termasuk korupsi dalam segala bentuk.

Doa perjalanan

Mengingatkan kita pada kebajikan dan ketaqwaan, perlindungan keluarga, dijauhkan dari bencana harta dan keluaa. Jika doa  ini kita pahami betul maknanya tentu kita akan selalu melindungi diri dari segala macam tujuan perjalanan yang menyesatkan.

Bahkan dengan doa ini kita akan selalu terlindungi dari segala macam kemungkaran yang dapat merusak prinsip tauhid kita kepada yang Maha Kuasa. Kalau kita sudah mengerti benar tentang doa ini, tidak mungkin manusia akan terjerumus dalam sebuah perjalanan sia-sia yang akan menghancurkan  moralitas kepribadian kita sebagai hamba yang beriman.

Ilmu pengetahuan mungkin tak akan pernah menunjukkan secara pasti dahsyatnya kekuatan doa dalam mengatasi penyakit kronis bangsa yang menghancurkan tatanan moral bangsa ini yaitu korupsi.

Kini, siapapun kita (pejabat, pengusaha, rakyat biasa kaya dan miskin, tua ataupun muda) yang mungkin berada di sekitar lingkaran yang dapat memancing terjadinya korupsi dalam segala bentuk, sekecil apapun itu lawanlah dengan benteng 8 doa kunci aktivitas harian yang khusyuk dan sungguh-sungguh.

Jika sesungguhnya ke 8 doa kunci aktivitas harian tersebut kita amalkan secara baik dan benar, masihkah kita berani melakukan Korupsi? Ingatlah tidak ada jaminan yang pasti menurut standar manusia bahwa seseorang dapat menjalani fase kehidupan ini  sedetik,  semenit,  sejam atau beberapa hari mendatang. Yang jelas pintu kematian segera menghampiri kita.

Kata orang bijak “ usia itu tidak berbau” apapun, di mana pun, kapan pun, siapa pun dan dalam kondisi bagaimana pun kado kematian siap menjemput kita, meskipun berada dalam sebuah benteng yang tinggi lagi kokoh. Sebagaimana diisyaratkan oleh Allah: “Dimana saja kamu berada, kematian pasti mendatangimu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh..” (QS.4:78)

Di akhir tulisan ini saya ingin meyakinkan bahwa kebesaran dan kesucian Allah tidak perlu diragukan lagi. “dan apa saja musibah yang menimpamu, itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah tetap akan memaafkan sebagian besar kesalahan-kesalahanmu”. (QS. 42:30).

 

Muhammad Fahmi, ST, MSi

Pemerhati masalah Sumber Daya Manusia dan masalah Tematik Bangsa

Kandidat Doktor Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia

(Universitas Negeri Jakarta UNJ)

Master of Ceremony (MC), Trainer Publik Speaking/Kehumasan

Salam Merah Mempesona Menggelitik Hati

fahmizidane2003@yahoo.com atau WA: 08158228009


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Seleksi Komisioner KID Diharapkan Jangan Hanya untuk Penuhi Undang-undang

YOGYA, BERNAS.ID- Pemda DIY membuka penerimaan Calon Anggota Komisi Informasi Daerah (KID) DIY untuk periode 2019-2023. DPRD DIY berharap agar proses seleksi KID DIY menghasilkan komisioner yang kapabel supaya keberadaan KID tidak hanya sek ...

DIY

Pemkot Jogja Konsultasikan Penyerahan Aset Terminal Giwangan ke DIY

YOGYA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta akan melakukan konsultasi ke Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta terkait penyerahan aset Terminal Giwangan kepada Kementerian Perhubungan. Ini sebagai tindak lanjut rencana revitalisasi termin ...

DIY

HUT Bhayangkara ke-73, Polri Pecahkan Rekor MURI Operasi Bibir Sumbing Terbanyak

SLEMAN, BERNAS.ID- Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73 bertema "Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk masyarakat, bangsa, dan negara", Polri bekerjasama dengan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial (PABMI) dan Smi ...

DIY

Begini Suasana Ketika Gubernur DIY Syawalan Dengan Walikota Jogja

YOGYA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono beserta Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam X menggelar acara syawalan dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dan tokoh masyarakat Kota Jogja, Senin (17/6/2019) di Halaman Balaikota. Acara ...

Hukum dan Kriminal

Kasum TNI Cek Kesiapan Satgas Pamtas RI-Malaysia

BALIKPAPAN, BERNAS.ID - Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia (Kasum TNI), Letjen TNI Joni Supriyanto melakukan pengecekan dan memeriksa kesiapan operasi 450 prajurit pada Gelar Pasukan Satgas Yonif Raider-600/Modang dalam rangka tuga ...

Hukum dan Kriminal

Penemuan Mayat Bayi Dalam Sumur Gegerkan Warga Tulangbawang

TULANGBAWANG, BERNAS.ID - Penemuan mayat seorang bayi menggegerkan warga Unit 2, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulangbawang, Propinsi Lampung. Mayat bayi yang diketahui berjenis kelamin laki-laki ditemukan telah terapung di dalam sum ...

Hukum dan Kriminal

Sebar Hoax di Grup WA, Siap-Siap Ditangkap Tim Cyber Polri

JAKARTA, BERNAS.ID - Maraknya penyebaran hoax yang bisa menyesatkan di Grup Whatsapp, membuat Tim Cyber Polri merasa perlu melakukan pemantauan terhadap kegiatan didalam Grup WA tersebut, agar masyarakat tidak salah dalam menerima informa ...

Lifestyle

Ngonthel Bareng Cara Unik Polres Blitar Jaga Persatuan dan Kesatuan

BLITAR, BERNAS.ID - Untuk menjaga situasi kamtibmas agar kondusif dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa pasca Pemilu 2019, berbagai upaya telah dilakukan oleh jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur. Salah satunya seperti yan ...

Pariwisata

Plt Bupati Mesuji Terpesona Keindahan Panorama Danau Ranau

OKU SELATAN, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji Propinsi Lampung melakukan studi banding yang dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Mesuji Saply TH di Wisata Danau Ranau, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU ...

Daerah

Oku Timur Ikuti PEDA KTNA di Musi Banyu Asin

BATURAJA, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (Pemkab OKU) Timur melalui Dinas Pertanian OKU Timur akan menerjunkan 40 peserta kontingen dalam acara Pekan Daerah Kelompok Tani - Nelayan Andalan (KTNA) ke XIII yang akan berlan ...

Olahraga

Ratusan Orang Ikuti Jalan Sehat Hari Lahir Pancasila

SLEMAN, BERNAS.ID- Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Jalan Sehat Hari Lahir Pancasila, pada Jumat pagi 14 Juni ...

DIY

Airnav Kesulitan Cari si Pelepas Balon Udara Liar

SLEMAN, BERNAS.ID- Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI)  cabang Yogyakarta  atau AirNav Indonesia cabang Yogyakarta mengaku kesulitan untuk mencari pelepas balon udara liar yang masuk j ...

DIY

Walikota Lantik Dewan Pengawas dan Direktur Bank Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti siang ini melantik Sigit Arie Heryanto sebagai Direktur Bisnis dan Operasional Perusahaan Daerah (PD) Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Bank Jogja dan Yuni Istanto sebagai Anggota Dew ...

DIY

Kejadian Laka Lantas Operasi Ketupat 2019 di DIY Naik

SLEMAN, BERNAS.ID- Kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat Operasi Ketupat Progo (29 Mei-10 Juni 2019) mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2018 lalu. Dari data Polda DIY,  jumlah laka la ...

DIY

Balon Udara Raksasa Jatuh di Jatirejo Mlati Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID- Hari Rabu sore kemarin (12/6), sekira pukul 17.30 WIB, warga Jatirejo RT05/RW22, Sendangadi, Mlati, Sleman dikejutkan dengan jatuhnya balon udara raksasa warna kuning yang tersangkut di wilayah tersebut. Selama 10 menit, ...

Ekonomi

Presiden Jokowi: Perang Dagang Munculkan Peluang Baru bagi Indonesia

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 12 Juni 2019, menerima kunjungan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Pertemuan tersebut berlangsung di Istana Merdeka, ...

DIY

Warga Bantul Gelapkan Puluhan Mobil Rental

SLEMAN, BERNAS.ID- Kepolisian Sektor (Polsek) Mlati Sleman Yogyakarta berhasil meringkus pemuda berinisial ARW (29) warga Tamantirto, Kasihan, Bantul, pelaku penggelapan kendaraan bermotor berupa 3 buah mobil dan 1 buah handphone. Penggelap ...

Budaya

Sultan : Saling Memaafkan Membuat Kita Legowo

YOGYAKARTA, BERNAS ID - Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X berpesan bahwa memaafkan itu sejatinya dapat memerdekaan diri kita dari rasa dengki dan kekerdilan hati. Sehingga, dengan sa ...

Hukum dan Kriminal

Operasi Ketupat Progo 2019 Polres Bantul : Wilayah Bantul Aman dan Kondusif

BANTUL, BERNAS.ID - Operasi Ketupat Progo 2019 di wilayah hukum Polres Bantul sudah selesai. Tidak ada kejadian menonjol dalam pelaksanaan operasi yang dilaksanakan selama 13 hari itu. Diungkapkan Kapolres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan, S ...

DIY

Sri Sultan Ingin Masyarakat Jalin Benang-benang Solidaritas Kembali

SLEMAN, BERNAS.ID- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menghadiri silaturahmi dan syawalan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa 11 Juni 2019. Rombongan Sultan tiba sekitar pukul 09.00 WIB d ...

Politik

Koper Jomin: Jokowi Berikan Layanan Terbaik Bagi Pemudik

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Umum Komunitas Penggerak Ekonomi Rakyat atau Koper Jomin H Ayep Zaki menolak tudingan jika pemerintahan Jokowi tidak bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat karena macetnya jalan tol trans Jawa akiba ...

DIY

Buya Syafii Menilai Menhan Sosok yang Positif

SLEMAN, BERNAS.ID-Guru Bangsa, Buya Syafii Maarif menilai sosok Menteri Pertahanan RI (Menhan), Ryamizard Ryacudu sebagai sosok yang positif. Hal ini disampaikannya seusai menerima kunjungan Menhan di kediamannya yang terletak di Nogotirto, ...

DIY

Menhan Bertemu Buya Syafii Bicara Masalah Agama dan Moral Bangsa

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu mengunjungi Guru Bangsa, Buya Syafii Maarif untuk silahturahmi di kediamannya yang terletak di Nogotirto, Gamping, Sleman, Selasa pagi sekira pukul sepuluh, 11 Juni 2019. ...

Pendidikan

Cak Nun: Hidup Itu Kolusi dengan Allah

SLEMAN, BERNAS.ID- Hari pertama masuk setelah libur panjang Lebaran, keluarga besar UNY melaksanakan kegiatan syawalan. Hampir 2000 orang dosen, tenaga pendidik, dan perwakilan mahasiswa UNY mengikuti kegiatan halalbihalal di Auditoriu ...

DIY

Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Sleman Lakukan Sidak

SLEMAN, BERNAS.ID- Bupati bersama Wakil Bupati Sleman lakukan inspeksi mendadak (sidak) hari pertama masuk kerja pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Sleman setelah libur panjang Lebaran, Senin 10 Juni 2019. Sidak ini dilakukan selepa ...

Ekonomi

Pemudik dengan Moda Pesawat Terbang di Jogja Stabil

SLEMAN, BERNAS.ID- General Manager PT Angkasa Pura I, selaku pengelola Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan puncak arus balik di Bandara Internasional Adisutjipto terjadi hari Sabtu kemarin, (8/6/2019). Ia menyeb ...

DIY

Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas dan Lava Pijar

SLEMAN,BERNAS.ID- Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten, kembali meluncurkan awan panas guguran dengan jarak luncur 1000 meter, amplitudo 60 milimeter dan berdurasi 198,16 detik ke arah hulu sungai ...

DIY

Banyak Balon Udara Liar di Jalur Penerbangan, Kemenhub Minta Aparat Bertindak Tegas

SLEMAN, BERNAS.ID-Kementerian Perhubungan merasa prihatin karena masih ditemukan banyaknya balon udara yang diterbangkan oleh masyarakat pada arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2019 ini. Hal tersebut banyak dilaporkan oleh para pilot y ...

DIY

Informasi Arus Balik Terminal Giwangan

YOGYA, BERNAS.ID - Puncak arus balik angkutan Lebaran 2019 di Terminal Giwangan Yogyakarta diperkirakan terjadi pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6). Diperkirakan, jumlah penumpang yang diberangkatkan berkurang dibanding tahun lalu. “ ...

DIY

Ribuan Jamaah Sholat Idul Fitri di Lapangan Denggung Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID- Ribuan umat muslim dari berbagai wilayah Kabupaten Sleman memadati lapangan Denggung, Sleman untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri 1440 H, Rabu 5 Juni 2019. Sholat Idul Fitri dimulai tepat pukul 07.00 WIB, lalu dilanjut ...

Budaya

1 Syawal 1440 H Jatuh Pada Tanggal 5 Juni 2019

JAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah melalui Kementerian Agama RI, menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriyah jatuh pada 5 Juni 2019 Masehi. Penetapan ini dilakukan setelah Kemenag menggelar sidang isbat, Senin (3/6/2019) malam, di Kementerian Agama, ...

Budaya

Presiden Jokowi : Idul Fitri Momen untuk Mempererat Persatuan dan Persaudaraan Bangsa

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bagi seluruh rakyat Indonesia yang merayakan. Dengan berlatar suasana mudik menjelang hari raya, Presiden juga menyampaikan harapannya agar Idul Fitr ...

DIY

Kakak Beradik Asal Solo Ini Mencuri di Pakem untuk Kebutuhan Lebaran

SLEMAN, BERNAS.ID- Siang bolong sekira jam 12 siang, dua pencuri bernama Kus Hardjanto (45) dan Kus Hartono (43) nekat mencuri di toko kelontong yang terletak di Jalan Kaliurang Km 21, Dusun Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, pad ...

Pariwisata

Kebon Kaktus dan Kandang Merino Wahana Baru di Puri Mataram

SLEMAN, BERNAS.ID - Bupati Sleman, Sri Purnomo meresmikan wahana wisata baru berupa Kebon Kaktus dan Kandang Merino di Komplek Puri Mataram, Sleman, Jumat (31/5/2019). Puri Mataram yang merupakan salah satu unit usaha BUMDes Tridadi Makm ...

Pendidikan

Pancasila Perlu Dijadikan Sumber Inspirasi "Politik Harapan" Bangsa

SLEMAN, BERNAS.ID- Universitas Gadjah Mada menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila di Halaman Balirung UGM. Upacara tersebut diikuti sekitar 4.000 peserta yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa ...

Kesehatan

Ani Yudhoyono Tutup Usia

SINGAPURA, BERNAS.ID - Ani Yudhoyono, istri Presiden ke 6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, meninggal dunia di tengah perjuangannya melawan kanker darah (leukemia) di National University Hospital, Singapura, Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu S ...

DIY

BMI DIY Peringati Harlah Pancasila dengan Serangkaian Kegiatan

SLEMAN, BERNAS.ID- Banteng Muda Indonesia (BMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan serangkaian kegiatan untuk peringatan harlah (hari lahir) Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Nicolaus Langgeng Suksmanto, Penanggu ...

Politik

Muhammadiyah Imbau Hentikan Pertikaian Pasca Pilpres

YOGYA, BERNAS.ID - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengajak berbagai pihak melakukan silaturahmi kebangsaan, sebab kini muncul ketegangan dan kerusuhan pasca Pemilu 2019. Bila tidak, Indonesia akan menuju perpecahan. Ketua Umum Pimpinan Pusa ...

Kesehatan

Layanan Kesehatan di Kota Yogyakarta Selama Libur Lebaran Tetap Buka

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Layanan fasilitas kesehatan di Kota Yogyakarta selama musim liburan Lebaran tetap berjalan normal sebagaimana biasanya, hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, dr. Fita Yulia Kisworini, M.Kes, Rab ...

DIY

Rekayasa Arus Mudik, Jalur Sisi Barat Proyek Underpass Kentungan Dibuka

SLEMAN, BERNAS.ID- Antisipasi kepadatan arus kendaraan mudik Lebaran 2019, sisi barat proyek underpass Kentungan dibuka sejak Rabu (29/5) hari ini, sementara pekerjaan proyek diberhentikan total selama libur Idul Fitri 1440 Hijriah. Pemb ...

DIY

Mudik Lebaran, Jalan Denggung-Wonorejo Dibuka Sementara

SLEMAN, BERNAS.ID- Jalan Dengung-Wonorejo telah dibuka untuk sementara waktu jelang libur Lebaran atau Idul Fitri 1440 Hijriah pada H-7 sampai H+7 (tanggal 29 Mei-10 Juni 2019). Pembukaan jalur ini dilakukan karena pembangunan empat jembata ...

Pendidikan

XL Axiata – Kementerian Agama Luncurkan Program Madrasah Aliyah 4.0

JAKARTA, BERNAS.ID - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) bekerja sama mengembangkan pendidikan berbasis digital di sekolah setingkat Madrasah Aliyah. Program ini akan menjangkau sedikitnya 400 Mad ...

DIY

Edarkan Sabu-sabu, Imbalannya Sabu-sabu

SLEMAN, BERNAS.ID- Polres Sleman berhasil meringkus satu orang berinisial PU (36), warga Surakarta, Jawa Tengah, yang diduga terkait peredaran sabu jaringan Solo-Yogya di wilayah hukum Sleman. PU ditangkap petugas di Banjarsari, Surakarta, ...

DIY

Arus Mudik di Bandara Adisutjipto Terpantau Mengalami Kenaikan

SLEMAN, BERNAS.ID- Menyambut momen lebaran dan libur panjang, Juni 2019, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta melaksanakan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2019 (1440 H). Apel pembukaan posko te ...

Pariwisata

Libur Lebaran, Dispar DIY Siapkan Toilet dan Objek Wisata yang Bersih

BANTUL, BERNAS.ID- Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki persiapan jelang liburan Idul Fitri 1440 Hijriah. Persiapan ini dilakukan mengingat kenaikan wisatawan pada tahun 2018 lalu. Kepala Dinas Dispar DIY, ...

DIY

Operasi Ketupat 2019 Digelar Selama 13 Hari

SLEMAN, BERNAS.ID- Jelang Idul Fitri 1440 Hijriah, Polda DIY bersama TNI beserta komponen masyarakat melakukan apel gelar pasukan Operasi Ketupat tahun 2019 di Halaman Mapolda, Selasa (28/5). Operasi Ketupat Tahun 2019 akan digelar selama 1 ...

DIY

475 Petugas Disiagakan untuk Operasi Ketupat Progo Kota Jogja 2019

YOGYA, BERNAS.ID - Polresta Yogyakarta dan Pemerintah Kota Yogyakarta menyelenggarakan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2019 di Halaman Timur GOR Among Rogo, Selasa (28/5/2019). Bertindak sebagai pemimpin apel Walikota Jogja Haryadi Suyu ...

Pariwisata

E-Pesta, Aplikasi untuk Melindungi Pariwisata dan Wisatawan di Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID- Untuk mewujudkan akuntabilitas Kawasan Wisata Nasional di Kabupaten Sleman yang meliputi pencegahan terhadap kecelakaan, pengaduan masyarakat dan mencegah temuan hasil pemeriksaan, Bupati Sleman, Sri Purnomo meluncurkan a ...

DIY

Konsep Khilafah Versi Ahmadiyah, Beda Dengan Khilafah Islam Mainstream

SLEMAN, BERNAS.ID - Khilafah Islamiyah umumnya selalu diidentikkan dengan sistem politik. Hal ini bisa dimaklumi, karena konsep khilafah yang mencuat ke permukaan adalah model khilafah Hizbut Tahrir, ISIS, atau Al-Qaeda yang jelas-jelas ori ...

DIY

Operasi Angkutan Lebaran 2019 Sleman dengan Jalur Alternatifnya

SLEMAN, BERNAS.ID- Terkait adanya peningkatan pengendara bermotor roda dua ataupun roda empat, Kabupaten Sleman telah memiliki rencana Operasi Angkutan Lebaran tahun 2019 untuk pengendalian arus kendaraan. Operasi Angkutan Lebaran akan dila ...