Berita Nasional Terpercaya

Cara Mengatasi Stres Ala Ruby Herman

0

HarianBernas.com ? Anda sering mengalami stress ? atau sering mengalami ketegangan yang tak bisa terkendalikan ? Hal yang saya lakukan untuk memghilangkan stress sebagai berikut :

CARA MENGHILANGKAN STRES SECARA ALAMI

1. Pergi ke Taman

Saat anda dilanda stress, maka langkah awal yang harus segera anda lakukan adalah dengan meninggalkan ruang, tempat, dan melepaskan kepenatan. Saya sejenak untuk mencari udara segar seketika itu pula. Hal itu mampu menenangkan diri saya dari tekanan permasalahan yang mampu mengguncang kestabilan mental dan jiwa anda.

Temukan tempat dengan udara yang segar dan memiliki pemandangan indah. Jika beban permasalahan masih mendera maka dipagi harinya anda bisa mencoba berjalan-jalan di pagi hari temukan tempat yang sejuk dan memiliki pemandangan indah namun terdapat sinar matahari pagi.

Menurut penelitian ternyata saat tubuh terkena matahari pagi akan meningkatkan produksi vitamin D yang akan berdampak pula meningkatkan produksi hormon Serotonin dimana hormon ini juga dikenal sebagai hormon ?Bahagia?, dengan demikian anda akan merasa lebih baik.

2. Mandi air hangat 
Dengan memanfaatkan air. Sudah sejak lama diyakini bahwa air memiliki efek yang sangat baik untuk penyembuhan maupun penenangan diri. Saat sesorang berada dalam air pikiran akan merasa tenang dan tubuh juga merasa sangat nyaman.

Hal ini tentunya tak terlepas dari stimulus suasana mengingatkan tubuh dan fikiran pada keadaan kita saat dalam rahim dimana kita merasa sangat nyaman dan disayangi. Selain itu, efek air sendiri memang memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh.

Lakukan mandi atau berendam dengan air hangat di bathub. Jika tidak ada maka lakukan mandi dengan air hangat dan guyur dengan air secara perlahan sembari nikmati setiap basuhan air di tubuh anda. Rasakan kenyamanan tersebut sehingga anda terlupa dari bebagai kepenatan masalah anda.

3. Olahraga ke pusat kebugaran

?Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat?, mungkin pribahasa yang satu ini sangat cocok sebagai kiasan. Olahraga selain baik bagi kesehatan tubuh juga sangat baik untuk kesehatan jiwa.

Saat anda dilanda stres maka olahraga merupakan salah satu kegiatan yang bisa dijadikan pilihan untuk mengatasinya. Saat berolahraga tubuh kita juga meningkatkan produksi hormon Endorphin, yaitu hormon yang mampu memberi ketenangan bagi pikiran. Apalagi olahraga yang dilakukan merupakan olahraga kesukaan anda.

4. Berdoa

Jika dalam keadaan stres tetapi anda tidak mampu meninggalkan ruangan kerja untuk sekedar mencari udara segar maka anda bisa mencoba untuk menenangkan diri dan mengatasinya dengan berdoa ditempat yang tenang. 

5. Meditasi atau Yoga.

Meditasi maupun yoga sudah lama dikenal  kegiatan yang sangat baik dalam mengontrol emosi dan pikiran. Banyak pakar yang mengakui dampak dari meditasi dan yoga sangat baik bagi kondisi jiwa seseorang. Bahkan menurut hasil penelitian melakukan meditasi selama 15 menit sudah menyamai kebugaran tubuh saat melakukan olahraga selama 1 jam, apalagi bagi pikiran.

Apabila stres yang menerpa anda dirasa semakin berat maka ada baiknya melakukan meditasi secara rutin. Demikian halnya dengan yoga, mengatasi stres dengan yoga cukup dilakukan 5 menit saja dengan teknik membuka diri dan melepaskan beban di pundak, dada, dan pikiran.

6. Curhat dengan teman dekat, atau pasangan anda.

Stres biasanya disebabkan karena pikiran terbebani dengan masalah yang dihadapi. Semakin besar beban masalah yang ditanggung seseorang maka kecenderungan untuk semakin stres akan meningkat. Maka dari itu berbicara dan berbagi cerita seputar permasalahan dengan seseorang memiliki dampak yang signifikan dalam mengatasi stres.  

Bahkan menurut penelitian orang yang tertutup memiliki presentasi lebih besar mudah mengalami stres dari orang yang membuka diri dan sering berbicara dan berbagi permasalahan dengan orang lain.

Selain itu, berbagi cerita atau curhat dengan teman mungkin akan memberikan kemungkinan anda mendapat solusi dari permasalahan tersebut, meskipun tidak ada solusi minimal beban anda sedikit berkurang dan terbagi.

Demikian hal-hal yang saya lakukan saat saya mengalami stress, semoga bermanfaat.

Ruby Herman
Pakar Network Marketing

Leave A Reply

Your email address will not be published.