Berita Nasional Terpercaya

Patung Graham, Sosok Kebal Kecelakaan Mobil?

0

HarianBernas.com ? Konon, manusia ialah makhluk paling sempurna yang diciptakan Tuhan. Walaupun begitu, faktanya manusia memiliki banyak kelemahan. Misalnya saja, siapa yang bisa selamat ketika mengalami kecelakaan mobil yang dahsyat? Mungkin perbandingannya hanya 1:1000 saja.

Disebut sempurna, karena manusia memiliki kecerdasan dan akal unutk mengatasi kelemahan yang dimilikinya. Akhir-akhir ini, di Victoria, Australia, baru saja diciptakan sebuah patung yang berbentuk manusia yang diklaim punya anatomi sempurna untuk bisa meredam benturan yang sangat keras, ketika sedang berkendara.

Siapa yang menciptakan patung ini?

Ia adalah Patricia Piccinini. Patricia adalah seorang pematung yang berasal dari Melbourne. Karyanya ini, berhasil membuat banyak orang di dunia tercengang. Ia tidak sendirian dalam mengerjakan patung ini. David Logan (insinyur keselamatan berlalu lintas) dan Kristen Kenfield (ahli bedah) diajak bekerja menciptakan patung yang diberi nama Graham ini. Bentuk dari Graham memang manusia, namun aneh. Meski begitu, mereka yakin, dengan bentuk tubuh seperti ini, seseorang bisa selamat dari kecelakaan akibat berkendara dengan kecepatan yang tinggi. Bentuknya yang unik, membuat proses pengerjaannya tidak bisa dibilang mudah dan sederhana. Mereka bertiga, berusaha sedemikian rupa untuk membuat Graham tahan dari tabrakan yang keras.

Dijadikan sebagai media edukasi

Graham diciptakan untuk dijadikan sebagai media edukasi bagi para siswa di Australia. Bisa dibilang, Graham adalah media kampanye keselamatan berlalu lintas dari pemerintahan Victoria. Bila Anda sedang berada di Australia, silahkan kunjungi National Gallery of Victoria, di Melbourne. Di tempat ini, Graham sedang dipamerkan.

Anatomi Graham

Graham memiliki kepala yang lebih besar dari pada kepala manusia umumnya. Ia memiliki dada yang lebar, puting yang banyak, dan leher yang diracang sedemikian rupa untuk tetap bertahan dari kecelakaan dahsyat. Bagian yang melengkung yang terdapat pada diri Graham, berfungsi untuk melindungi tulang rusuk. Bagian leher sengaja dihilangkan guna menghindari adanya patah tulang. Pada bagian wajah, terdapat timbunan lemak, guna melindungi telinga, hidup, dan mata.

Tidak hanya itu, kulitnya yang cukup tebal, membuatnya tidak akan tergores atau lecet. Kerennya, Graham dirancang untuk lompat ke mobil lain ketika kecelakaan terjadi. Lututnya yang bisa ditekuk kesegala arah, membuatnya terhindar dari patah tulang.

Organ Dalam Graham

Organ otak yang dimiliki oleh Graham, berbeda dengan manusia. Seperti yang sudah disebutkan, kepala Graham memiliki beberapa bagian yang diisi oleh lemak. Tengkoraknya juga mejadi lebih tebal. Untuk meniadakan guncangan, otak memilik jaringan tersendiri yang menghubungkan otak dengan tengkorak. Airbag juga disertakan pada bagian rusuk. Hal ini guna melindungi Graham dari benturan akibat tabrakan yang terjadi. Sayangnya, beberapa orang bilang bahwa anatomi Graham menyedihkan. Padahal, tubuhnya dirancang untuk menahan benturan bila terbentur dashboard.

?Meet Up Graham?

Tidak semua pihak mendukung adanya Graham. Ada juga dari mereka yang justru mengatakan, adanya acara ini menghabiskan biaya besar dan banyak waktu. Bukannya menjadi fokus mengemudi, orang akan sibuk melihat keanehan anatomi Graham. Hal ini dikatakan oleh pihak kontra. Sedangkan pihak pro mengatakan bahwa dengan hadirnya patung Graham, akan menjadi sebuah pengingat. Tidak ada satu manusiapun yang bentuknya menyerupai Graham. Sehingga, kita harus lebih hati-hati ketika berkendara. Kita juga dituntut untuk selalu mematuhi rambu – rambu lalu lintas yang ada.

Leave A Reply

Your email address will not be published.