Berita Nasional Terpercaya

Kepercayaan, Elemen Dasar dari Kecepatan

0

HarianBernas.com – Apa itu kepercayaan ? Kepercayaan adalah keyakinan. Lawan dari kepercayaan adalah kecurigaan. Kenapa kepercayaan itu sungguh penting ?

Karena Kepercayaan adalah Elemen dasar dari kecepatan. Pernahkah anda membeli barang dari sesorang yg sangat anda kenal ? Ya bagaimana prosesnya ? Apakah prosesnya cepat ? Ya sudah pasti sangat cepat.

Anda tidak perlu mempertanyakan produknya seperti apa, detailnya seperti apa, bahkan kadang anda tidak mempertanyakan harganya. Bahkan kalaupun orang tersebut salah menyebutkan data datanya anda masih tetap mau beli.

Tapi coba bayangkan kalau anda ditawarkan oleh seseorang yg belum anda percaya. Apa yg terjadi sebagus bagusnya barang tersebut, sebaik baiknya kegunaan, meskipun data data pendukungnya lengkap, entah kenapa timbul musuhnya kepercayaan yaitu “kecurigaan” segala sesuatu kebenaran berasa hanya angin lalu dan dianggap sebagai tindakan licik untuk menipu anda. Betapa ketidakpercayaan itu begitu menghambat percepatan.

Dari sini kita tau mana perusahaan perusahaan yg berkembang sangat pesat. Perusahaan perusahaan hebat sudah pasti mengkedepankan rasa saling percaya antar orang-orangnya. Namun, tidak begitu dengan perusahaan perusahaan yang lambat, umumnya orang orangnya tidak punya rasa saling percaya.

Atasan tidak percaya kepada bawahan, bawahanpun tidak percaya kepada atasan. Antar pekerja pun sibuk saling berpolitik dan saling tusuk menusuk. Kalau sudah dalam kondisi seperti ini. Bagaimana perusahaan tersebut bisa maju cepat ?

Hubungan suami istri juga seperti itu, bayangkan kalau antar suami istri kurang mempunyai rasa percaya, suami pulang malam dicurigai sedang bersama wanita lain, suami sibuk bekerja dicurigai sedang party, begitu pulang ke rumah, sang istri nanya yg aneh-aneh, suami pun tersinggung dan akhirnya cekcok gak karuan.

Naill Fitzgerarld, Mantan Pimpinan Unilever mengatakan ?anda boleh mempunyai segala fakta dan angkanya, segala bukti yang mendukung, segala dukungan yg anda inginkan, namun kalau anda tidak punya kepercayaan, anda tidak akan kemana-mana?.

Ketika kepercayaan menurun otomatis kecepatan menurun dan biaya meningkat.
Ketika kepercayaan meningkat otomatis kecepatan meningkat dan biaya menurun.

Misalnya ada kasus bom di bandara, apa yg terjadi ? Seketika pengawas jadi jauh lebih banyak, prosedur diperketat yg berarti penumpang semakin lama untuk terbang dan biaya pengamanan pun meningkat.

Bagaimana cara terbaik mendapatkan kepercayaan ? Berikanlah kepercayaan itu terlebih dahulu.
Orang orang suka dipercaya, saat orang dipercaya tanpa sadar orang tersebut ingin mengembalikan kepercayaan tersebut.

Bahkan kalau anda sadar, warteg ataupun angkringan sudah mengenal konsep kepercayaan ini, warteg atau angkringan biasanya bayar seingatnya saja ya ? Tapi entah kenapa rasanya tidak pernah saya mendapati orang yang sengaja mengambil kesempatan untuk membayar kurang. Selain itu pelayanannya menjadi begitu cepat dan efisien.

Segala sesuatu yang tidak dilandasi kepercayaan biasanya hasilnya tidaklah baik. Kalau anda ingin bisnis anda maju lebih cepat segeralah bangun kepercayaan dalam tim anda.

 

Salam Dahsyat !!

Jansen Frank | Service Excellence Trainer

Bila Anda ingin mendapatkan pelajaran yang saya pelajari setiap hari gratis dan langsung saya kirimkan via WhatsApp ke Anda,silakan hubungi/SMS/WA ke: 0818 0856 5478 atau e-mail: [email protected]

Leave A Reply

Your email address will not be published.