Kisah Kegigihan Susi Susanti

Anthony Salim - Elyandra Widharta
29 Juli 2016

Susi Suanti (Sumber foto : masadera.[dot]com)

HarianBernas.com - Di saat kamu berada di dalam sebuah kondisi yang sangat sulit. Di saat semua yang kamu buat terlihat salah. Di saat kelihatannya tidak ada yang membantu kamu. Di saat kamu sepertinya tidak mampu bertahan walaupun 1 menit saja.

JANGAN PERNAH MENYERAH
Justru saat-saat seperti itulah, akan ada pembalikkan keadaan yang luar bisa.
(Harriet Beecher Stowe)

Quote ini sangat cocok untuk menggambarkan kisah perjuangan Susi Susanti yang luar biasa ini.

Saat ini, apabila kita mendengar nama Susi Susanti, siapa yang tidak kenal? Juara badminton yang terkenal, pemenang medali emas di Olympiade Barcelona. Nama Susi Susanti pernah merajai dan membuat gemetar para lawannya. Ada banyak hal yang menyebabkan dia bisa mencapai prestasi yang sedemikian dahsyatnya. Dan salah satunya, kita bisa kita pelajari dari kisah hidupnya ini.

Cerita bermula saat Susi Susanti berusia 17 thn. Dia menjadi Juara Dunia tingkat Junior badminton di tahun 1987. Di final Uber Cup 1988, beliau bertemu dengan Han Ai Ping, yang merupakan Juara Dunia badminton thn 1987.  Di set pertama, Susi unggul dengan nilai 11 :8.
Di set kedua, posisi Susi sudah unggul dengan 11:5, tetapi lawannya tidak menyerah dan melawan dengan gigih. Alhasil, keadaan berbalik, Susi kalah dengan nilai 11:12.

Di set penentu, Susi pun unggul dengan 9:5, tinggal tersisa 2 poin lagi, pertandingan berlangsung dengan sengit, Han Ai Ping pun tidak mau menyerahkan trofi dengan mudah, dia melawan. Poin-demi-poin, dan akhirnya Susi pun dengan terpaksa harus menelan pil pahit kekalahan tipis, 11:12.

Waktu berjalan, dan ada sebuah event lagi, yaitu Sudirman Cup 1989. Di event ini, harga diri  Indonesia dipertaruhkan, karena ini adalah pertama kali dibuat di Indonesia, dan tekanan untuk menang sangat tinggi.

Indonesia pun memilih wakil-wakil terbaiknya untuk mengikuti pertandingan ini. Pilihan jatuh kepada :
1.    Eddy Hartono/Gunawan 
2.    Verawaty Fajrin/Yanti Kusmiati 
3.    Susi Susanti 
4.    Edy Kurniawan 
5.    Eddy Hartono/Verawaty 

Susi susanti memang sudah terkenal karena sudah beberapa kali memenangkan event, tetapi event dengan skala sebesar ini, pengalaman dan kedewasaannya masih dikatakan “hijau”, dibandingkan dengan senior-seniornya.

Singkat cerita, akhirnya dengan perjuangan keras Indonesia berhasil lolos ke final dan piala Sudirman terlihat semakin dekat di mata. Lawan berat yang harus menghalangi di final adalah Korea.
Jadwal pertandingan sudah diatur
1.    Eddy Hartono/Gunawan vs  Park Joo Bong/Kim Mon Soo
2.    Verawaty Fajrin/Yanti Kusmiati vs Hwang Hye Young/Chung Myung Hee
3.    Susi Susanti vs Lee Young Sook
4.    Edy Kurniawan vs Han Kok-Sung
5.    Eddy Hartono/Verawaty vs Park Joo Bong/Chung Myung Hee

Sistem pertandingannya sederhana, yaitu siapa yang dahulu menang 3 kali, memenangkan piala Sudirman ini.

Pertandingan pertama pun berlangsung, antara Eddy Hartono / Gunawan vs  Park Joo Bong / Kim Mon Soo. Walaupun berlangsung dengan sengit, akhirnya pasangan Indonesia harus mengakui keunggulan pasangan korea dengan setelah melalui 3 set.

Pertandingan kedua antara Verawaty Fajrin / Yanti Kusmiati vs Hwang Hye Young / Chung Myung Hee, ternyata kondisi sudah sedemikian menekan, sehingga pasangan Indonesia harus menyerah kalah 2 set langsung.

Tibalah pertandingan penentu, nasib Indonesia dipertaruhkan di bahu seorang pemudi yang berusia 18 tahun, yang kelihatannya masih “hijau”, yang baru saja mulai menapakkan kakinya ke dunia badminton. Namanya, SUSI SUSANTI. Apabila Susi kalah, maka Korea langsung memenangkan pertandingan ini. Jadi, nasib Indonesia tergantung kepada anak usia 18 tahun ini.

Lawan Susi adalah Lee Young Sook, yang secara ranking diatas Susi. (di tahun 1990, Lee Young Suk meraih ranking 2 di dunia).

Pertandingan pun berlangsung dengan sengit dari babak pertama. Setelah susah payah, akhirnya Lee Young Sook memenangkan set pertama dengan nilai 10:12.

Harapan untuk Indonesia menang mulai menipis. Penonton mulai kurang bersemangat, karena kemungkinan untuk menang, terlihat sangat tipis. Pihak korea semakin diatas angin, kepercayaan diri mereka sangat tinggi untuk memenangkan pertandingan dan meraih trofi perdana ini. Perjuangan hanya tinggal 1 set lagi dan kemenangan sudah di depan mata.

Set kedua pun dimulai, mental Susi pun diuji. Poin pertama diraih oleh Lee, 0-1. Lalu, dilanjutkan lagi dengan 0-2, dan 0-3, dan 0-4, hingga 0-5. Semangat yang muncul di supporter semakin turun. Piala sudirman terlihat semakin jauh di tangan. Pihak korea semakin sumringah, mereka sudah dapat membayangkan berdiri di podium no 1. Dukungan pun semakin turun, sedikit peserta mulai tertunduk n berjalan pulang, melihat kemungkinan menang semakin tipis saja.

Tetapi, Susi masih terus berjuang. Dia tidak menyerah, nilai pun bertambah 0-7. Untuk meraih 1 angka, kelihatannya seperti sebuah hal yang mustahil. Orang mulai bicara, “yah, memang usia n mental itu ada pengaruhnya ya. Pertandingan besar seperti ini, bebannya mungkin terlalu besar bagi seorang anak berusia 18 thn”.
Susi masih belum menyerah, semangat n perjuangan masih terlihat di matanya. Fokusnya mulai berubah, dari memenangkan pertandingan, menjadi mendapatkan 1 poin. Akhirnya usahanya mendapatkan hasil. Dia mendapatkan poin pertama, tetapi penonton tidak terlalu bersemangat lagi.

Akhirnya, poin menunjukkan angka 2-10. Akhirnya susi mendapatkan 2 angka. Tetapi, hanya tinggal 1 angka lagi, korea akan memenangkan pertandingan ini. Kubu korea sudah bersiap-siap merayakan kemenangan. Mereka seakan-akan sudah merasakan piala sudirman di dalam genggaman tangan mereka.

Para pemain yang bermain sesudah Lee, mulai bersantai, karena mereka yakin, mereka SUDAH MENANG. Poin hanya terkait 1, sedangkan Susi harus mengejar 8 poin. Jaraknya terlalu besar.

Lebih banyak lagi penonton yang pulang, bahkan yang tinggal pun juga sudah tidak bersemangat, karena menyadari, jaraknya terlalu jauh. Sebagian penonton yang tinggal pun sudah sadar dan mulai menerima, bahwa di event perdana ini, mungkin Indonesia tidak memenangkan piala Sudirman.

Tetapi, Susi tidak menyerah, dalam benaknya “aku harus mendapatkan 1 poin lagi” dan dia terus berjuang. Poin pun bertambah, 3-10... dan terus bertambah, 4-10.... 5-10... Pihak korea seakan terbangun dari mimpinya, menyadari bahwa mereka BELUM MENANG. Kurang 1 poin, tetapi belum menang. Lee pun berjuang keras, tetapi kegigihan Susi kelihatannya memberikan semangat baru bagi Susi. Poin terus bertambah bagi Susi, 6-10....8-10....

Dukungan pun mengalir kembali bagi Susi. Tepuk tangan dan semangat mengisi arena pertandingan, harapan yang sebelumnya terlihat sangat redup, kembali menyala.. teriakan-teriakan dukungan bergemuruh dengan kuat di dalam ruangan tersebut. Keyakinan diri Susi semakin meningkat, degup jantungnya terus berdetak dengan kuat. Dalam pikirannya hanya fokus pada “1 poin lagi.... 1 poin lagi”.....

Pertandingan terus berlangsung dengan ketat, hingga akhirnya mencapai deuce. 10-10.... pihak korea seakan tidak percaya dengan apa yang terjadi. Bagaimana mungkin kemenangan yang sudah didepan mata, seakan-akan diputar balikkan? Bagaimana mungkin tinggal 1 poin lagi bisa terkejar? Bagaimana mungkin? Bagaimana mungkin?

Akhirnya mental Lee pun runtuh, dan nilai pun bertambah bagi Susi... 11-10, dan akhirnya mencapai 12-10... dan SEJARAH PUN DIBUAT....

Penonton berteriak dengan kuat, spirit yang sudah jatuh dibawah, terangkat kembali. Semua bertepuk tangan, sebagian meneteskan air mata karena baru saja menyaksikan sebuah fenomena yang luar biasa. Bagaimana di dalam sebuah tekanan yang kuat, di saat kelihatannya tidak mungkin, tetapi Susi bisa melewati itu semua.

Ada yang hanya bisa menyaksikan dengan mulut ternganga, seakan-akan masih belum bisa memproses kejadian yang barusan terjadi. Pihak korea pun hanya bisa termangu, dibangunkan dari mimpi indahnya dan seakan-akan dihantam secara telak oleh lawan. 

Tetapi, Indonesia belum menang, masih ada 2 set lagi yang harus dilalui. Hanya saja, kejadian tersebut menghantam mental pemain korea sedemikian kuatnya, hingga di set berikutnya pemain indonesia menang 2 set langsung.
Edy Kurniawan vs Han Kok-Sung (15-4; 15-3)
Eddy Hartono / Verawaty vs Park Joo Bong / Chung Myung Hee (18-13; 15-3)

Semua ini terjadi, karena seorang anak muda yang berusia 18 tahun, menolak untuk kalah dan terus berjuang hingga titik darah terakhirnya. Di saat kelihatannya semua harapan sudah pergi, dia tetap berjuang dan berhasil meraih kemenangan yang mampu memutar balikkan keadaan.

Sejarah mencatat, hingga 2016, Indonesia hanya pernah memenangkan piala sudirman 1 kali, yaitu tahun 1989. Hingga kini, pemenang piala sudirman didominasi oleh China.

Hidup ini rapuh, bisa berubah sewaktu-waktu. Apapun yang kita alami dalam hidup ini, JANGAN PERNAH MENYERAH. Hadapi semua dengan sebuah harapan, KEADAAN PASTI BERUBAH. Justru di saat-saat kita sudah tidak kuat dan hendak menyerah, justru di saat itulah, keadaan akan berubah.



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Umum 15 Menit lalu

Bobby dan Kahiyang Ayu Tiba di Medan Langsung Lakukan Prosesi Ini

MEDAN, Bernas.id - Pasangan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution dijadwalkan tiba di Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (19/11/17). Pasangan pengantin yang menikah pada 8 November di Solo itu akan disambut dengan prosesi haroan bor ...

Nasional 17 Menit lalu

Ditahan KPK, Dewan Pembina Golkar Minta Setnov Lakukan Ini

JAKARTA, Bernas.id – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Theo L Sambuaga meminta agar Ketua Umum Golkar Setya Novanto mundur dari jabatannya. Hal ini terkait status Setnov yang menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). ...

Mutiara Iman 4 Jam lalu

Membumikan Karunia Allah dengan Membaca Alam Semesta

Bernas.id - “Sesungguhnya, dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang, terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam ke ...

Female 5 Jam lalu

Wahai Wanita yang Menanti Jodoh, Persiapkan Dirimu agar Kelak Menjadi Ibu yang Hebat

Bernas.id - Menikah menjadi hal yang perlu dipikirkan ketika usiamu mulai menginjak angka 20. Tidak serta merta langsung menikah, tetapi usia 20 bisa menjadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri agar beberapa tahun ke depannya kamu sud ...

Inspirasi 11 Jam lalu

Jadi Manusia Kuat dengan Jiwa yang Kuat, Bisa?

Bernas.id- Mereka adalah pemuda yang memiliki jiwa yang kuat untuk meraih dan mewujudkan impiannya. Mereka bukan dari kalangan anak muda yang dengan mudah menentukan dan meraih mimpi dengan biaya kuliah dari uang orang tua, atau m ...

Seni Budaya 12 Jam lalu

Wow Fakta Unik Bali. Fakta Nomor Dua Bikin Ngiler

Bernas.id – Bali merupakan sebuah pulau yang berada di sebelah timur Pulau Jawa. Bali terkenal dengan panorama alamnya yang indah sehingga banyak orang tertarik untuk berlibur ke Bali. Kebudayaan yang masih terjaga, menambah keek ...

Lifestyle 14 Jam lalu

Tak Hanya Orang Berumur, Siapapun Bisa Menjadi Pelupa! Ini Cara Mengatasinya

Bernas.id - Susah mengingat sesuatu hal sederhana, mengenai pelajaran sekolah bahkan mengingat nama seseorang? Hal ini bisa saja terjadi padamu, ketika di jalan kita ketemu dengan orang yang kita kenali. Saat ingin memanggil ...

Inspirasi 15 Jam lalu

Menyoal Tiang Listrik yang Semakin Genit Mentransformasi Bentuk

Bernas.id – Masih seputar kejadian kecelakaan tunggal mobil Setya Novanto (Setnov) yang menabrak tiang listrik di Jalan Permata Belina, Jakarta Selatan. Diketahui tiang listrik tersebut berada di sebuah trotoar di tepi jalan. Seb ...

Nasional 18 Jam lalu

Peringatan Keras dari Jokowi, Setya Novanto Silakan Ikuti Proses Hukum KPK

JAKARTA, Bernas.id – Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait Setya Novanto yang terus berkelit soal proses hukum kasus dugaan korupsi megaproyek e-KTP. Kepala Negara meminta agar Ketua DPR RI, Setya Novanto mau mengikuti proses huk ...

Nasional 18 Jam lalu

Setnov Dijaga KPK, Golkar Kesulitan Lakukan Ini

JAKARTA, Bernas.id – Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto menjalani perawatan di RSCM, Jakarta. Namun, untuk bertemu Setya Novanto akan sulit karena ada penjagaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Siap ...

Internasional 18 Jam lalu

Berkat Trump, Burger Ini Sekarang Laku Keras di Jepang

Bernas.id – Jika ada peribahasa “ada gula ada semut”, maka tidak salah rasanya jika Donald Trump diilustrasikan sebagai gula. Pasalnya ke manapun presiden Amerika Serikat (AS) tersebut pergi, selalu ada cerita yang bakal s ...

Internasional 18 Jam lalu

Namanya Dicatut dalam Latihan Militer, Presiden Turki Kecam NATO

Bernas.id – Hubungan NATO dengan salah satu negara anggotanya tengah memanas. Pemerintah Turki merasa tersinggung atas latihan perang yang digelar oleh NATO baru-baru ini. Saking merahnya, Presiden Recep Erdogan pada hari Jumat (17/11 ...

Internasional 18 Jam lalu

Wow, Ternyata Kutub Selatan Dulunya Penuh Dengan Hutan

Bernas.id – Antarktika merupakan benua yang letaknya paling selatan. Sekarang kita mengenal benua tersebut sebagai benua beriklim dingin yang daratannya selalu diselimuti oleh es. Namun beratus-ratus juta tahun yang lampau, Antarktika ...

Bola 18 Jam lalu

Perayaan Gila Suporter Peru Sebabkan “Gempa” yang Terasa Hingga Negara Tetangga

Bernas.id – Tiket terakhir Piala Dunia 2018 akhirnya selesai dipastikan. Peru menjadi negara terakhir yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia mendatang seusai mengalahkan Selandia Baru dengan skor 2-0 pada hari Rabu (15/11/2017). Ka ...

Nasional 18 Jam lalu

Fadli Zon Prihatin Setnov Sakit dan Ditahan

JAKARTA, Bernas.id - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengaku prihatin dengan Ketua DPR Setya Novanto yang ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Ia pun mengharapkan koleganya lekas pulih dari sakit dan bisa menghadapi ...

Event 19 Jam lalu

Kulon Progo Siap Diserbu, Didik Nini Thowok Menari di Kulfest 2017

KULON PROGO, Bernas.id – Seniman Didik Nini Thowok akan unjuk kebolehan menari selama tiga hari pada acara Kulon Progo Festival (Kulfest) 2017. Acara ini baru kali pertamanya digelar. Pagelaran seni budaya yang memadukan unsur trad ...

Inspirasi 20 Jam lalu

Petuah Prof. Dr. Hamka Kepada Para Pecinta Buku, Agar Tidak Melupakan Pergaulan dengan Sesama

Bernas.id - Buku adalah jendela dunia. Membaca buku merupakan kegiatan yang sangat baik dalam menambah pengetahuan. Bahkan tidak jarang ada orang yang menjadikan buku layaknya sahabat karib. Setiap hari membaca, karena saking cintanya pada ...

Nasional 23 Jam lalu

Meski Ditahan KPK Jabatan Ketua DPR RI dari Setnov Tak Dicopot MKD

JAKARTA, Bernas.id - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) belum akan memecat Setya Novanto dari jabatannya sebagai Ketua DPR meski telah menjadi tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP dan berstatus tahanan KPK. Wakil Ketua MKD Sarifuddin Suddin ...

Inspirasi 23 Jam lalu

Bertamu Juga Ada Adabnya, Jangan Mau Disamakan Ikan Busuk!

Bernas.id - Bertamu dan menerima tamu dapat mempererat silaturahmi, khususnya di hari raya dimana setiap rumah tersedia atau terbuka lebar untuk dikunjungi, kemudian saling berucap salam. Suasana suka cita silaturahmi terjalin, meskipu ...

Lifestyle 24 Jam lalu

Jangan Dibaca Jika Anda Tak Mau Menikmati Hidup!

Bernas.id - Banyak orang di era modern yang mendambakan akan kebebasan finansial. Bebas secara finansial berarti kondisi dimana tetap mendapatkan income walaupun tidak harus bekerja. Dengan bebas finansial seseorang akan lebih banyak waktu ...

Musik 1 Hari lalu

14 Tahun Bersama, ADA Band Ditinggal Vokalisnya, Donnie Sibarani

Bernas.id – Donnie Sibarani, vokalis ADA Band, resmi hengkang  dari grup musik yang membesarkan namanya itu. Kabar itu dipastikan Suriandika Satjadibrata, bassis ADA Band di Surabaya, Jumat (17/11). ADA Band sendiri dijadwalkan m ...

Seni Budaya 1 Hari lalu

Bangunan Cagar Budaya di Jogja Bertambah

YOGYAKARTA, Bernas.id – Yogyakarta dikenal dengan keelokan budaya dan bangunan-bangunan bersejarah. Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta pun mengajukan rencana penetapan 11 bangunan dan satu struktur bangunan sebagai bangunan cagar budaya ...

Film 1 Hari lalu

Bikin Ngakak, Deadpool Parodikan Pelukis Kribo Bob Ross di Teaser Terbarunya

Bernas.id – Baru saja, 20th Century Fox merilis teaser pertama film "Deadpool 2" yang tentunya dipenuhi dengan tingkah laku konyol dari Wade Wilson alias  Deadpool.  Saat video teaser "Deadpool 2" mula ...

Nasional 1 Hari lalu

Terkait Kondisi Setnov, Ikatan Dokter Masih Proses Data-data untuk Hal Ini

JAKARTA, Bernas.id - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah menerima surat bantuan pemeriksaan untuk pendapat kedua (second opinion) terkait kondisi tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto. Saat ini, IDI masih memproses data-data y ...

Wisata 1 Hari lalu

10 Bali Baru Rampung, Jokowi Optimistis Bisa Capai Target Ini

BOGOR, Bernas.id - Presiden Joko Widodo meminta agar pengembangan sepuluh destinasi wisata baru atau 'Bali baru' dapat segera direalisasikan. Hal ini harapkan bisa mendatangkan wisatawan asing dan diperkirakan terjadi lonjakan dalam ...

Highlight 1 Hari lalu

Kurang Kerjaan, Pilot Jet Tempur Gambar Penis di Udara

Bernas.id - Warga negara bagian Washington mengalihkan pandangan mereka ke langit biru yang cerah pada hari Kamis dan terkejut ketika mendapati semacam bentuk kelamin pria di langit, digambar dari asap setidaknya satu jet EA-18G Growler mil ...

Nasional 1 Hari lalu

Ditahan 20 Hari, Pengacara Setnov Mau Lapor ke Pengadilan HAM Internasional

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan Setya Novanto selama 20 hari depan. Ketua DPR RI itu ditahan setelah menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP. Fredrich Yunadi selaku pengacara Setya ...

Pendidikan 1 Hari lalu

Anda Termasuk Guru Idola atau Bukan? Ini Dia Tanda-tandanya

Bernas.id- Seorang guru mempunyai harapan bisa menjadi guru yang diidolakan semua siswanya, tentu akan sangat menyenangkan apabila hal tersebut bisa terjadi. Setiap guru memiliki cara mengajar sendiri-sendiri, mempunyai ciri khas dan gaya m ...

Nasional 1 Hari lalu

Diragukan! Kecelakaan Setya Novanto Dianggap Drama.

Bernas.id -- Jika belakangan netizen dibuat heboh dengan aksi pemain drama Korea hingga menggila, kali ini netizen justru dibuat heboh dengan drama yang tidak kalah membuat ternganga. Betapa tidak, kejadian kecelakaan tunggal yang dikabarka ...

Mutiara Iman 1 Hari lalu

5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memutuskan Melepas Hijab

Bernas.id – Sebagai seorang perempuan muslim, berhijab merupakan suatu kewajiban. Perlu pemahaman yang kuat agar bisa istiqomah saat berhijab, agar kita tidak dengan mudahnya buka tutup hijab tersebut. Berbagai macam alasan orang mele ...

Kecantikan 1 Hari lalu

Jamsu: Tren Cantik Zaman Now Ala Korea, yang Mudah Sekali Diaplikasikan Sendiri Di Rumah

Bernas.id - Memiliki wajah cantik dan mulus tanpa cela tentu menjadi dambaan setiap wanita. Berbagai cara pun dilakukan untuk mempercantik diri mulai dari cara tradisional, hingga paling mutakhir seperti tanam benang dan plastic surgery. Te ...

Kesehatan 1 Hari lalu

Gatot, Makanan Desa yang Ampuh Sembuhkan Kolestrol! Nggak Percaya?

Bernas.id - Kamu yang berasal dari pulau jawa pasti tak asing dengan makanan gatot bukan? Singkong atau ubi kayu (Manihot esculenta Crantz) merupakan salah satu sumber karbohidrat lokal Indonesia yang menduduki urutan ketiga terbesar setela ...

Lifestyle 2 Hari lalu

Bahaya! Mulai Sekarang Kamu Harus Menghindarinya Jika Tak Ingin Menyesal

Bernas.id - Mendengar kata “patah hati” biasanya tidak luput dari masalah percintaan. Cinta adalah sesuatu yang memiliki makna luar biasa pada setiap individu. Hanya saja, perasaan cinta cenderung berdampak negatif jika merasaka ...

Lifestyle 2 Hari lalu

Anda Seorang Negaholic? Yuk, Pelajari 5 Ciri dan Cara Mengatasinya!

Bernas.id – Pekerjaan, masalah sehari-hari, kondisi kesehatan tubuh, bahkan cuaca bukan mustahil akan membuat kita seperti terperangkap. Bukan mustahil pula, hal ini akan terbawa ke alam bawah sadar. Sayangnya, seringkali alam bawah s ...

Bisnis 2 Hari lalu

Wow! Ini Cara Membuat Omongan Orang Jadi Marketing Ampuh Bagi Bisnis Anda

Bernas.id - Sudah bukan rahasia lagi jika prinsip Word of Mouth biasanya familiar dikalangan ibu ibu. Bagaimana tidak, ibu ibu memang hobi me-review apapun dan dimana pun. Suatu berita atau info cepat sekali menyebar dan samp ...

Inspirasi 2 Hari lalu

Mobil Setya Novanto Menabrak Tiang Listrik! Eits, Tiang Listrik yang Mana?

Bernas.id – Setya Novanto (Setnov) menjadi headline lagi. Berita Ketua DPR ini mengalami kecelakaan tunggal menabrak tiang listrik, mewarnai semua media online dan cetak belakangan hari ini. Salah satu media bahkan secara detail mengg ...

Selebritas 2 Hari lalu

#Otan20ubiUty, Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Uty JKT48

Bernas.id - Dwi Putri Bonita atau yang akrab dipanggil Uty JKT48 hari ini genap berusia 20 tahun. Gadis yang lahir di di Palembang, 17 November 1997 silam itu mencapat ucapan selamat di media sosial memakai hashtag #Otan20ubiUty. “ ...

Nasional 2 Hari lalu

KPK Bawa Setnov ke RSCM, Ini Alasannya

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa Setya Novanto ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Jumat (17/11/17). Tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP itu menjalani perawatan di RS Medika Permata Hijau ...

Kuliner 2 Hari lalu

Keunikan Rujak Karaoke atau Rujak Sing Song Asli Madura, Rasakan Sensasi Nikmatnya!

Bernas.id – Rujak karaoke atau rujak sing song adalah sebutan makanan unik khas madura yang terletak di kota pamekasan. Apakah Anda pernah mendengar namanya? Mungkin Anda masih bingung untuk membayangkan makanan tersebut. Seba ...

Lifestyle 2 Hari lalu

Ketahuilah! Dampak Negatif Bekerja dengan Sistem Telecommuniting Di Rumah, yang Hanya Mengandalkan Laptop dan Jaringan Internet

Bernas.id - Telecommuniting adalah sebuah pengaturan kerja, di mana seseorang bekerja dari rumah mereka dan mereka terhubung ke kantor masing-masing melalui jaringan internet dengan menggunakan laptop. Tidak da ...

Wisata 2 Hari lalu

Menapaki Nagasaki, Kota Pelabuhan dengan Jejak Eropa yang Masih Tertancap

Bernas.id - Selama 2 abad, Jepang memilih untuk mengisolasi dirinya. Nagasaki pun menjadi jendela negara ini untuk dapat melihat ke dunia luar. Para pedagang dan misionaris dari Eropa pernah singgah di kota yang letaknya di pulau Kyushu ser ...

Nasional 2 Hari lalu

Dana Desa Demi Pemerataan Daerah, Jokowi Minta Ini ke DPD

JAKARTA, Bernas.id – Anggaran dana desa dari tahun ke tahun semakin banyak jumlahnya. Hal itu dilakukan untuk mengembangkan desa-desa dan menjadi salah satu cara menyelesaikan ketertinggalan desa. Presiden Joko Widodo pun memi ...

Properti 2 Hari lalu

Pelaku Usaha di Depok Dorong Kemitraan Strategis Anggotanya dengan Pengembang

JAKARTA, Bernas.id - Berbagai upaya dilakukan pelaku usaha dan pengembang untuk mensinergikan usahanya. Salah satunya yakni pelaku usaha di kawasan Depok, Jawa Barat mendorong kemitraan strategis anggotanya dengan para pengembang.  ...

Nasional 2 Hari lalu

Hasil Olah TKP, Kecelakaan Setya Novanto Tabrak Tiang Bukan Rekayasa

JAKARTA, Bernas.id - Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Kingkin W memimpin olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan yang melibatkan Ketua DPR RI Setya Novanto. Ia pun menjawab berbagai pertanyaan yang muncul soal ...

Nasional 2 Hari lalu

Jokowi: Bangun Trans Papua Wujud Selesaikan Ketimpangan Indonesia

JAKARTA, Bernas.id - Presiden Joko Widodo menyebutkan dapat pertanyaan apakah ada jaminan pembangunan Trans Papua akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di provinsi itu. Ia pun menjawabnya dengan menggunakan logika telur dan ayam. &q ...

Properti 2 Hari lalu

Desember 2017, Tol Serang-Panimbang Mulai Dikerjakan

JAKARTA, Bernas.id - Bulan Desember 2017, Proyek Jalan Tol Serang-Panimbang yang digarap konsorsium PT Wika Serang Panimbang (WSP) rencananya akan dikerjakan.  Wika Serang Panimbang mendapat bantuan kredit sindikasi sebesar Rp 894 m ...

Properti 2 Hari lalu

Tanggul Sepanjang 17,5 Kilometer Dibangun di Danau Tondano Guna Cegah Banjir

MINAHASA, Bernas.id - Guna mencegah banjir bagi masyarakat di sekitar danau Tondano, pemerintah melakukan pembangunan tanggul sepanjang 17,5 kilometer. Hal tersebut dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang m ...

Nasional 2 Hari lalu

Media Pertelevisian Perlu Rehabilitasi Moral! Baca Alasannya

Bernas.id - Hampir dipastikan setiap media massa elektronik seperti televisi, internet/media online, atau beberapa media cetak (koran, tabloid, majalah) tidak memperhatikan kualitas naskahnya. Terutama sekali yang menjadi sorotan adalah tel ...

Inspirasi 2 Hari lalu

Penting! Anda Harus Membuat Hal Ini Jika Ingin Sukses

Bernas.id - Sebuah gambaran indah masa depan yang ada di depan mata dan kita tahu apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkannya itulah yang disebut visi. Selama ini visi sering dikaitkan dengan perusahaan atau instansi, padahal setia ...

Bisnis 2 Hari lalu

Bagian Dua! Strategi Ini Paling Pas Diterapkan Bikin Milennials Makin Happy

Bernas.id - Salah satu gaya hidup yang menonjol di kalangan generasi milenial ialah pola konsumsi internet. Konsumsi internet mereka jauh lebih tinggi dibanding dengan kelompok penduduk yang usianya lebih tua. Ini menunjukkan ketergant ...