Berita Nasional Terpercaya

No Road No Problem, Selalu Ada Jalan di Tengah Kebuntuan

0

HarianBernas.com – Pernahkah kita merasa berada di tengah-tengah kondisi seperti sedang berada di hutan rimba yang gelap dan tidak ada satupun petunjuk jalan untuk keluar? Apakah kita menyadari bahwa setiap manusia diberi akal dan pikiran guna mencari solusi ketika sedang berada dalam sebuah kebuntuan?

No Road No Problem, sepertinya filosofi yang dipegang teguh oleh para off-roader ini bisa memberikan gambaran bahwa dalam kondisi sesulit apapun kita tetap bisa mencari jalan keluar.

Dari beberapa nama pengusaha yang sudah cukup dikenal khususnya di Indonesia, ketiga nama seperti: Sandiago Uno, Almarhum Bob Sadino, dan Andrie Wongso sebenarnya sudah bisa menjadi contoh nyata bagaimana para pengusaha sukses ini menerapkan filosofi No Road No Problem dalam dirinya.

Sebagai salah seorang karyawan yang sempat menjadi pengangguran dikarenakan perusahaan tempatnya bekerja bangkrut, Sandiaga Uno bersama mitra usahanya berinisiatif untuk mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan bernama PT. Saratoga Advisor. Melalui perusahaan ini, Sandi Uno, demikian dirinya akrab dipanggil, mampu membuat namanya masuk dalam daftar urutan orang terkaya ke 29 di Indonesia menurut majalah forbes pada tahun 2009.

Berbeda kisah dengan Sandi Uno, Bob Sadino ternyata pernah menjadi seorang kuli bangunan dengan upah 100 rupiah per hari. Kondisi ekonomi keluarga Bob Sadino pada saat itu tidak membuat dirinya merasa nyaman. Buktinya meski memperoleh harta warisan dari orang tuanya tak lama setelah meninggal, Bob Sadino tetap berpikir dan berupaya untuk hidup secara mandiri.

Di tahún 1980-an, Bob Sadino mulai menjalankan usaha peternakan ayam kampung negeri berdasarkan masukan dari salah seorang sahabatnya. Meski pada saat itu keberadaan telur ayam negeri belum populer di Indonesia, Bob Sadino tetap menjalankan usahanya dengan menjualnya ke para ekspatriat yang bekerja di Indonesia. Selang beberapa tahun kemudian, telur ayam negeri mulai dikenal orang dan bisnis Bob Sadino terus berkembang. Bob Sadino kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam. Selain dikenal sebagai orang pertama yang memperkenalkan telur ayam negeri di Indonesia, Bob Sadino juga menjadi orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.

Khusus untuk Andrie Wongso, latar belakang berasal dari keluarga miskin di kota Malang tidak sera merta membuat anak ke 2 dari 3 bersaudara ini patah semangat. Sejak kecil hingga beranjak dewasa, Andrie Wongso melewati hidupnya dengan membantu orang tua membuat kue sekaligus menjajakannya secara berkeliling ke toko-toko dan pasar. Di usia 22 tahun Andrie Wongso memutuskan untuk mengadu nasib di Ibukota dengan satu tekad siap menghadapi apapun yang terjadi dengan berani dan jujur. Adapun salesman produk sabun menjadi pekerjaan pertama yang diperolehnya.

Hobinya dalam menulis membuat Andri Wongso selalu menuangkan setiap peristiwa yang dilaluinya dalam bentuk kata-kata mutiara didalam buku hariannya. Begitu banyak kata-kata mutiara yang pernah dituliskan memberi ide untuk membuat kartu ucapan kata-kata mutiara. Dibantu oleh sang kekasih Haryanti Lenny (sekarang istri), dimulailah bisnis membuat kartu dengan merk HARVEST, yang di kemudian hari, mengukuhkan Andrie Wongso sebagai raja kartu ucapan. Di tahun 1989, Andrie Wongso mulai menjadi pembicara dan motivator internal PT. Harvindo Perkasa, sebuah perusahaan yang didirikannya sebagai wadah Harvest Fans Club di berbagai kota di Indonesia. Dan untuk saat ini, kita lebih mengenal Andrie Wongso sebagai Motivator Nomor Satu di Indonesia.

Kisah ketiga orang-orang sukses ini telah mampu menggambarkan bahwa dalam setiap kebuntuan pasti terdapat sebuah jalan. Untuk bisa mencapai sebuah kesuksesan, latar belakang pendidikan, kondisi ekonomi, dan penampilan seseorang tidaklah bisa dijadikan sebagai sebuah patokan. Hanya orang-orang yang memiliki MOTIVASI KUAT akan mampu meraih dan mewujudkan semua impiannya. Itulah faktor utama dibalik kesuksesan Sandiaga Uno, Bob Sadino, dan Andrie Wongso.

Selamat Hari Motivasi Nasional 2016, Tetap Semangat dalam Ikhtiarnya Menjadi Orang Sukses dan Memberi Manfaat bagi Siapa Saja di Sekelilingnya.

Oleh: Gusti Ivan Sastriadi (Ketua AMA Pontianak)

Leave A Reply

Your email address will not be published.