Cinta Ibuku adalah Separuh Jiwaku

Fransisca Diwati SH. MM. - Thia Destiani
25 Agustus 2016

Ilustrasi (Sumber foto: informationstash[dot]com)

HarianBernas.com - "Air mata bening itu..Mengalir di pipi renta yang menua. Menetes membasahi baju rumah yang dikenakannya. Saat itu langsung aku tersadar...Ucapanku terlalu menghentak bagi sebuah hati yang begitu halus.. Egoku yang tak mau mengalah telah menusuk perasaan terdalamnya.. Betapa jahatnya aku...Seakan tangan tak kasat mata menepuk keras pundakku.. Menegur atas apa yang telah kuucapkan tanpa sadar terbalut emosi.. Segera kupeluk Ibuku dengan erat.... dan lama....Kubisikkan ..... Maafkan aku, Ibu .... Maafkan aku... Kubiarkan airmatanya membasahi pundakku...

Kadang di saat tubuh lelah, emosi mudah tersulut. Itu yang pernah terjadi saat ibuku menuntut sesuatu yang kutanggapi dengan emosional yang membuatnya terhenyak kaget dan menangis. Saat itu, aku merasa menjadi anak yang paling durhaka, rasa sesal menyeruak di dada. Menyesal karena mengapa aku tak cukup sabar menghadapi tuntutan ibu yang sederhana, sabar mendengarkan keluhannya meskipun hati lumayan kesal, kenapa aku tak bisa sabar. Sesabar ibuku mengurusku sejak lahir hingga dewasa dengan kadar kasih 100% murni dari ketulusan.

Ingatanku melayang pada masa kecilku, masa saat kami hidup begitu sederhana. Ayahku seorang guru muda yang belum memiliki rumah sendiri, tahu kan? Berapa gaji guru di masa itu? Belum ada program sertifikasi guru seperti sekarang. Di zaman itu seorang guru kalau ingin punya rumah sendiri, ya mesti kerja keras cari kerja sambilan. Itupun belum tentu bisa, karena kadang uang tabungan rumah terpakai untuk biaya tak terduga, misalnya anak sakit, anak masuk sekolah, anak perlu ini itu, uang sewa rumah dan lain-lain. Kan waktu itu belum ada Dana BOS maupun BPJS Kesehatan. Bahkan aku tidak ingat apakah di masa itu sudah ada produk asuransi atau belum, karena untuk pengeluaran bulanan saja orang tua kami harus bekerja keras, boro-boro memikirkan premi asuransi.

Karena kami belum mempunyai rumah sendiri, maka kehidupan kami berpindah dari satu rumah sewa ke rumah kontrakan yang lain, rata-rata tiap dua tahun kami berpindah rumah alias nomaden kota. Saat itu aku masih menganggap berpindah-pindah rumah adalah sesuatu yang menyenangkan, karena selalu mendapat teman-teman baru di lingkungan yang baru, dan anak-anak tahunya beres karena tidak terlibat kesibukan "packing" barang dan angkut-angkutnya trus bongkar lagi dan menatanya. Maklumlah, masih kecil..tahunya cuma main, makan dan tahunya semua sudah tertata rapi dan punya kamar bersama yang baru lagi. Padahal kalau dipikir sekarang, tidak bisa dibayangkan betapa repotnya pindah-pindah rumah periodik seperti itu.

Orang tuaku pendatang di Jogja, mereka bertemu saat sama- sama kuliah di UGM tapi beda jurusan. Kami lima bersaudara yang semuanya lahir di Jogja, aku anak kedua mereka. Istimewanya aku seperti punya banyak persamaan dengan ibuku..sama-sama anak kedua, punya zodiak yang sama, sama-sama kuliah hukum di UGM, sama sama keras kepala... Hahaha...mungkin yang terakhir ini yang paling dominan.

Yang paling kusyukuri dalam hidupku adalah aku dipilihkan Tuhan lahir ke dunia melalui rahim seorang ibu yang luar biasa, Ibu yang membentuk karakterku menjadi seorang perempuan yang mandiri dan mampu mengatasi kerikil dan batu karang tajam dalam menjalani kehidupan.

Ibu yang memberikan nilai-nilai hidup yang penuh kebaikan selama mendidik dan mendampingiku dengan segudang kasih sayang, meskipun juga terkadang cukup keras dan tegas dengan larangan-larangannya, yang dulu selalu kutanggapi dengan wajah cemberut dan ngambeg berhari-hari. Dan akhirnya kutahu kalau ketegasan itu juga untuk "rem" kami agar tidak keluar jalur.

Masih jelas kuingat, Ibu setiap pagi buta pergi naik becak ke pasar ditemani oleh Mbok To, seorang perempuan tua yang juga ikut kami berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah yang lain. Mbok To sangat setia pada keluarga kami meskipun tidak digaji tinggi, mungkin karena Mbok sudah tidak punya keluarga lagi di desa, sehingga keluarga kami sudah dianggap keluarga sendiri.

Pulang dari pasar, ibu langsung mengolah bahan makanan menjadi hidangan sederhana namun lezaattt untuk anak-anak kost yang tinggal bersama di rumah kami. Belakangan baru kutahu, ayah dan Ibu menerima anak kost untuk membantu membayar uang sewa rumah kami, yang harus selalu kami bayarkan setiap perpanjangan ataupun pindah kontrakan.

Bayangkan betapa kesibukan ibu kala itu, dari mengurus anak-anaknya, ditambah menyiapkan makanan untuk anak kost, mengurus rumah agar selalu bersih dan rapi, masih sempat juga meneruskan kuliah S1-nya yang sempat tertunda, dan bahkan terus melanjutkan ke jenjang notariat ditengah segala kesibukannya. Perjuangannya tak pantang menyerah untuk mencapai mimpinya menjadi seorang Notaris, tanpa perlu malu dengan usia yang sudah tak lagi muda saat itu. Ibu bekerja keras untuk membantu nafkah keluarga, dengan menyisihkan sebagian untuk biaya kuliah.

Kerja keras akan membuahkan hasil yang manis untuk masa depanmu, itulah nilai yang diajarkan Ibu kepadaku. Pesan itu sangat menancap di pikiran bawah sadarku, dan itulah yang membuatku tak undur langkah saat keraguan sempat menyusup dihatiku waktu kuputuskan untuk melanjutkan kuliah S2 dengan dua anakku yang masih kecil dan usiaku tak lagi muda.

Sedari kecil Ibuku selalu mengajari kami, anak-anaknya untuk berlaku adil dan mengasihi satu sama lain. Saat paling berkesan adalah saat ibuku membagi makanan atau buah, semua anak akan mendapat bagian yang sama. Membagi buah kelengkeng pun dibagi dengan dihitung per anak dengan jumlah dan besar kecil yang seadil-adilnya.

Juga mengajak kami untuk selalu mensyukuri apa yang kita miliki, seperti pernah suatu saat kami hidup agak prihatin, dan tidak tiap saat tersedia lauk untuk makan, namun kami masih bisa menikmati makanan hanya dengan nasi panas dan garam ataupun nasi dengan sambal terasi ...hhmm..tetap kami santap dengan nikmatnya.

Kata ibu, kita masih beruntung karena diberi tempat berteduh dan nasi, masih banyak orang diluar sana yang tidur di emperan toko dengan perut kelaparan. Perasaan selalu bersyukur itu tetap kubawa hingga kini dan kutanamkan juga kepada anak-anakku, selalu mengingatkan untuk jangan selalu melihat ke atas, tapi lihatlah juga ke bawah, agar kita tidak takabur dan selalu mensyukuri setiap hembusan nafas hidup kita yang sangat berharga.

Ibuku memang bukan tipe ibu yang humoris dan suka bikin anaknya tertawa terbahak-bahak, namun ibu selalu berusaha menyenangkan anak-anaknya dengan caranya yang khas, salah satunya kami menyebutnya "kejutan pasar". Kadang jika ada sisa uang belanja, ibu suka membawa oleh-oleh buat kami yang aneh-aneh, pernah bawa bungkus ketupat yang isinya "gareng pong", sejenis serangga yang sering berbunyi saat memasuki musim kemarau.

Pernah membawa daun-daunan yang kalau di remas-remas jadi semacam agar-agar alias cincau, pernah juga membawa mainan "tik tok" yang bentuknya dua bola bertali jika digerakkan keatas dan ke bawah, bunyinya..tik tok..tik tok.tik tok...hahahhaha..apapun itu, kejutan pasar selalu menggembirakan hati kami dan selalu ditunggu-tunggu. Hal yang sederhana namun memberikan kegembiraan dan keceriaan dalam keluarga kami. Satu hal lagi yang aku pelajari dari ibuku.. Kebahagiaan bukan dari kemewahan, dalam kesederhanaan kita juga bisa menikmati kebahagiaan, yang utama adalah seberapa besar porsi cinta yang kita masukkan dalam ramuan bahagia itu.

Aku melihat ketegaran yang luar biasa dari Ibuku pada suatu peristiwa yang tak akan pernah kulupakan, yaitu saat ibuku memelukku dan kemudian duduk menatap wajahku dengan raut wajah yang sulit kutebak...sedih.....berusaha menahan perasaan...nanum tetap terlihat berusaha untuk tersenyum. Ibu bertanya.. Nak, seandainya ayah dan ibu tidak lagi bersama, kamu akan ikut tinggal dengan siapa? Saat itu aku masih duduk di kelas dua SMP, yang belum terlalu mengerti mengapa ayah dan ibu harus berpisah.

Usia SMP jaman dulu tidak secanggih dan sedewasa anak-anak SMP sekarang, dulu waktu aku masih SMP masih lugu, culun, belum kenal cinta, fokus sekolah, main pit-pit an...belum ada gadget smartphone apalagi main sosmed.. Jadi saat mendengar kata-kata ibu, dengan cepat kujawab.. " ikut ibu", demikian juga semua saudaraku, menjawab..." ikut ibu..!".

Jawaban atas penyebab berpisahnya orang tuaku baru jelas setelah beberapa bulan kemudian, saat keputusan pengadilan mengesahkan perceraian mereka, rasa sayangku kepada ibuku membuat aku membenci ayahku selama bertahun-tahun. Dalam kebencian dan kemarahanku, sering ibuku mengingatkan ... Mungkin ayahmu memang melakukan kesalahan, namun dia tetap ayahmu...belajar menerima kenyataan dan yakinlah kita bisa bertahan karena kita masih punya Tuhan yang menjaga kita semua. Satu pelajaran lagi dari ibuku untuk bisa "move on" dan menghadapi permasalahan hidup dengan tegar, dan belajar memaafkan kesalahan orang.

Perjuangan ibu untuk membesarkan kelima anaknya sendirian, merupakan penggalan perjalanan hidup yang terekam jelas dalam ingatanku. Sampai aku lulus SMA dengan predikat juara umum ketiga, itu karena aku berjanji akan mempersembahkan yang terbaik untuk ibuku yang berkerja tak kenal waktu sebagai notaris senior di kota Purwokerto.

Aku bisa merasakan apa yang ibu lakukan adalah semuanya untuk anak-anaknya. ibu adalah pahlawan kami, tulang punggung keluarga yang tak pernah berhenti berusaha memenuhi semua kebutuhan anak-anaknya. Tuhan memang baik, Dia memberi kemudahan rejeki untuk ibuku, sehingga akhirnya kami mempunyai rumah sendiri yang dibeli dari kerja keras ibuku. Rumah yang selalu hidup dan penuh kasih sayang meskipun tanpa sosok ayah di dalamnya.

The power of Mom itu terbukti juga saat ibuku menolak dengan bijak lamaran beberapa orang untuk menjadi pengganti sosok ayah bagi kami. Ketika aku bertanya mengapa ibu tidak menerima mereka, ibuku berkata... Ibu tak mau perhatian dan kasih sayang Ibu menjadi terpecah untuk orang lain, Ibu akan terus bekerja, berjuang dan memberikan cinta Ibu hanya untuk anak-anak..." , Saat itu aku langsung memeluk ibuku... menangis dipelukannya.

Ibuku memang pahlawan hidupku... Tanpa ibu mungkin aku tidak meluluskan sarjanaku, ibuku yang tak bosan-bosannya mendorongku untuk menyelesaikan skripsi yang lama terbengkalai karena sempat kutinggalkan untuk menikah dan bekerja. Tanpa ibuku mungkin aku tak akan menjadi dosen di STIEBBANK dan amanah-amanah yang lainnya, karena ibuku yang paling mensupportku untuk melanjutkan ke jenjang Magister, selain suamiku... Tanpa ibuku mungkin aku tidak belajar menjadi perempuan mandiri, tegar dan berani berjuang melihat ketidakadilan. Tanpa ibuku mungkin aku takkan bisa menjadi seorang istri dan ibu yang dicintai keluargaku, karena telah kutanamkan nilai-nilai berharga yang kudapatkan selama menjalani proses menuju kedewasaan bersama ibuku. Tanpa cinta ibuku, aku kehilangan separuh jiwaku..

Saat ini..usia ibuku hampir 80 tahun. tubuh rentanya sudah mulai tertatih saat berjalan. Kulit tangannya yang dulu sering menggendongku kini sudah mengendur dan berkeriput. Wajahnya penuh guratan-guratan halus menunjukkan umur yang terhitung banyak, namun tetap terlihat cantik dan berkarisma. Meskipun kadang mulai banyak menuntut untuk diperhatikan, terlalu sensitif sehingga cepat tersinggung, namun aku tetap tidak berhak dan layak untuk berkata-kata keras padanya, karena hutangku masih sangat banyak yang belum terbayarkan untuk Ibu. Apalah artinya keluhan dan tuntutan ibu yang kadang terucap di saat kepenatanku dibandingkan dengan apa yang telah Ibu berikan kepada kami, anak-anaknya...

Padamu Ibu... aku berjanji akan lebih banyak memberikan cinta dan perhatian kepada Ibu.Terima kasih atas cinta Ibu yang setia sampai detik ini. Tuhan, berkati Ibu selalu.

 

@BundaSisca



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Kesehatan 7 Jam lalu

Minum Dingin Bikin Kanker, Fakta atau Hoax?

Bernas.id – Apakah kamu percaya bila air dingin bisa membuat seseorang mudah terkena kanker? Bisa jadi karena suhu dingin dapat membuat makanan berminyak jadi semakin membeku dan bisa menyulut kanker bila ada di tubuh. Benarkah? Di ...

Kesehatan 8 Jam lalu

Ngeri, Jangan Makan Kentang Goreng Malam-Malam Kalo Gak Mau Jadi Gini!

Bernas.id - Apakah kamu termasuk penggemar makanan enak layaknya French Fries (kentang goreng) atau Steak. Namun tahukah kamu jika mengonsumsinya di malam hari malah menjadi hal yang buruk? Inilah penjelasan ilmiah. Dilansir dari Huffing ...

Otomotif 10 Jam lalu

Jangan Tinggalkan 5 Benda Ini di Dalam Mobil untuk Cegah Kebakaran

Bernas.id - Belakangan ini, kasus mobil terbakar kerap terjadi. Bahkan, saat diparkir pun mobil juga berresiko terbakar. Banyak hal yang menjadi penyebab kenapa mobil yang posisinya sedang diam dan tak menyala pun juga bisa terbakar. Ter ...

Otomotif 11 Jam lalu

Tips Simpel Merawat Mobil Berwarna Putih Supaya Catnya Tak Menguning

Bernas.id - Mobil adalah kendaraan beroda empat yang menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya, sebab mobil merupakan benda yang berguna untuk menunjang keperluan kita jika akan melakukan suatu perjalanan. Dengan makin berkembangnya indu ...

Nasional 11 Jam lalu

Berturut-turut OTT KPK di Daerah, Ini Usulan Anggota Komisi II DPR

JAKARTA, Bernas.id – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyayangkan fenomena kepala daerah yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini dinilai adanya korupsi yang makin akut di Indone ...

Otomotif 11 Jam lalu

Supaya Pakem, Penting untuk Merawat Master Rem. Ini Caranya

Bernas.id - Perkembangan sepeda motor di Indonesia dewasa ini sangat luar biasa dengan keragaman tipe, varian, inovasi teknologi, hingga kuantitasnya yang sangat banyak. Seiring dengan kemajuan teknologi itu, kebutuhan akan mekanik dan tekn ...

Kesehatan 11 Jam lalu

Penjualan Mobil Berbahan Bakar Fosil, Akan Dilarang di Negara Ini

Bernas.id - Di Negara Tiongkok, tingkat polusi saat ini kian mengkhawatirkan. Meski tidak termasuk ke dalam 10 negara dengan polusi paling parah, Tiongkok menempati urutan kelima untuk jumlah kematian yang disebabkan polusi udara. Sebena ...

Gadget 14 Jam lalu

Mau Internet Lancar Ngebut, Instal 7 Software Ampuh Ini di Gawaimu

Bernas.id - Ada banyak hal yang harus kamu ketahui untuk dapat menikmati internet. Tidak hanya hardware saja, software juga menjadi sebuah komponen yang wajib harus ada dan diketahui kegunaanya. Secara perkembangannya, software tidak kalah ...

Nasional 14 Jam lalu

PIA Minta Jokowi Dukung KPK Tuntaskan Kasus Megakorupsi E-KTP

JAKARTA, Bernas.id – Komunitas Perempuan Anti Korupsi (PIA) menggalang dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Acara itu digelar saat Car Free Day di Jakarta, Minggu (24/9/17). PIA pun meminta dukungan Presiden Joko W ...

Kuliner 14 Jam lalu

Bahayanya Daging Merah Jika Tak Sesuai Aturan. Ikut Cara Ini!

Bernas.id - Penganut diet Hi protein atau tinggi protein yang mengandalkan daging merah memang semakin hari semakin banyak saja. Itu karena jenis diet ini dikenal sangat efektif untuk dapat menguruskan pinggang serta meratakan perut. Apakah ...

Kesehatan 15 Jam lalu

Gak Kurus Meski Diet? Bisa Jadi Karena 3 Masalah Ini

Bernas.id – Berat badan yang enggan menyusut menandakan ada yang salah dengan metabolisme tubuhnya. Dilansir dari Brightside.me, inilah beberapa hal yang bisa menjadi pengganggu metabolism kamu. 1. Diet yang Salah Pada saat usia ...

Kecantikan 15 Jam lalu

Sering Ada di Dapur, Herbal ini Bisa Menghaluskan Wajah Kamu

Bernas.id - Seringkali kita melakukan perawatan kecantikan di salon maupun di klinik kecantikan yang terbilang menghabiskan banyak uang. Padahal dengan membuat sendiri berbagai produk kecantikan tentu akan lebih menghemat. Salah satunya ada ...

Highlight 15 Jam lalu

Waduh! Banyak Aplikasi Google Play Berbuat Curang

Bernas.id - Dilansir dari androidauthority.com, kecurangan yang terdapat di Google Play bukan masalah besar tapi hal tersebut dapat dirasakan langsung oleh pemakainya. Dua masalah langsung yang dirasakan pemakainya adala ...

Properti 15 Jam lalu

Generasi Milenial Senang Jalan-jalan, tapi Ingin KPR Tetap Aman. Ini Tipsnya

JAKARTA, Bernas.id - Setiap orang butuh hiburan sewaktu-waktu, terutama bagi generasi milenial yang sehari-harinya berkutat dengan pekerjaan. Alasannya, tak jarang di hari libur pun mereka masih sibuk dengan pekerjaan. Anda pastinya tidak m ...

Properti 16 Jam lalu

Benda-benda Ini Dianggap Membawa Sial untuk Rumah. Ini Alasannya

JAKARTA, Bernas.id - Terkadang, menempati sebuah hunian baru atau lama, sebagian orang masih percaya akan mitos dan feng shui. Feng shui sendiri merupakan ilmu Tiongkok yang mempelajari tentang keseimbangan antara manusia dengan alam, yang ...

Otomotif 16 Jam lalu

Berniat Ganti Ban Motor Lebih Lebar? Ini Rumusnya Agar Tetap Safety

Bernas.id - Modifikasi sepeda motor merupakan suatu hal yang wajar dilakukan bagi mereka penggemar otomotif. Ada rasa kenikmatan tersendiri sesudah mengubah performa atau bentuk motor yang paling disayangi, hingga dapat memberi rasa percaya ...

Wisata 16 Jam lalu

Jangan Lewatkan 4 Hal Ini Jika Kamu Berkunjung ke Sydney

Bernas.id - Sydney memang menjadi salah satu kota yang sangat terkenal dengan pantai dan pelabuhannya yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Namun, jika kamu pergi ke Sydney dan tidak melakukan hal ini, maka kamu belum dianggap menik ...

Otomotif 16 Jam lalu

11 Deretan Mobil Irit dan Ramah Kantong Ini Ada di Indonesia!

Bernas.id - Memiliki mobil baru memang menjadi dambaan bagi setiap orang, terlebih lagi yang sudah berkeluarga. Dengan memilki mobil, kita dapat membawa keluarga saat liburan ataupun mudik untuk merayakan hari raya di kampung halaman. Ta ...

Nasional 16 Jam lalu

Pasca Lelang Mobil Sitaan, Pansus Angket Pertanyakan Ini

JAKARTA, Bernas.id – Panitia Khusus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di DPR turut menyoroti pengelolaan barang sitaan dan rampasan KPK. Hal itu masuk dalam poin yang dipermasalahkan Pansus Angket KPK. Anggota pansus ha ...

Regional 17 Jam lalu

Janji Ridwan Kamil Buat Kereta Gantung di Situs Megalitikum Ini

CIANJUR, Bernas.id – Ridwan Kamil mengunjungi situs Megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (23/9/17). Pria yang merupakan bakal calon Gubernur Jawa Barat itu berjanji akan membangun infrastruktur yang lebih modern. Sal ...

Nasional 17 Jam lalu

Ramai Situs Nikah Siri, Ini Kata Mensos Khofifah

BANTUL, Bernas.id – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa turut mengecam adanya situs nikahsirri[dot]com. Menurutnya, situs online itu berpotensi menjadi praktik pelacuran terselubung dengan modus agama. "Nikah siri kok dija ...

Film 18 Jam lalu

Begini Foto Penghormatan The Flash untuk Film Superman: The Movie

Bernas.id – Mungkin beberapa fans berat telah menangkap referensi ini sejak dirilisnya trailer Justice League versi comic-con. Namun setelah foto baru Ezra Miller sebagai Barry Allen (The Flash) beredar di dunia maya baru-ba ...

Nasional 19 Jam lalu

Tol Trans Jawa Tersambung 2018, Jokowi Minta Lapak untuk Pedagang

PEMALANG, Bernas.id – Jalan Tol Trans Jawa akan meningkatkan konektivitas atas daerah. Namun, jalan tol diperkirakan bisa mematikan usaha para pedagang di sepanjang Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa. Presiden Joko Widodo pun member ...

Umum 19 Jam lalu

Langka! Kementerian LHK Siapkan Habitat Kedua Badak Bercula Satu

PANDEGLANG, Bernas.id – Badak bercula satu termasuk dalam kategori hewan langka. Bahkan, populasi badak bercula satu di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Jumlahnya pun tak sampai ratusan. Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat menegaskan ...

Selebritas 19 Jam lalu

Berlokasi di Candi Borobudur, Vicky Shu Resmi Menikah

Bernas.id – Penyanyi Vicky Shu akhirnya melepas masa lajangnya pada Sabtu (23/9/17). Ia resmi dinikahi Ade Imam. Vicky menggelar akad nikah dan resepsi di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sejak siraman yang digelar ...

Properti 22 Jam lalu

Perkiraan Pengembang: Tahun 2020, Properti Indonesia Meroket

JAKARTA, Bernas.id - Tiga tahun terakhir properti Indonesia merosot terus, hal ini mengindikasikan bahwa belum pulihnya pasar properti Indonesia. Hendra Hartono selaku CEO Leads Property Indonesia mengungkapkan, seluruh total kumulasi ap ...

Properti 23 Jam lalu

Ini 5 Alasan Paling Masuk Akal untuk Segera Mencicil Rumah Sebelum Terlambat

JAKARTA, Bernas.id - Setiap orang ingin mempunyai rumah sendiri. Namun, berbagai alasan untuk memiliki karena terbentur dengan situasi. Tidak punya uang untuk uang muka, cicilan yang memberatkan, belum menikah, belum mempunyai karir yang ba ...

Nasional 1 Hari lalu

Banyak Kepala Daerah Tertangkap, Mendagri Apresiasi Kinerja KPK

Bernas.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas korupsi di Tanah Air.  Ini terbukti dengan banyak kepala daerah yang terjerat operasi tangkap ta ...

Tokoh 1 Hari lalu

Perkenalkan Asima Chatterjee, Ahli Kimia yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Bernas.id –  Hari ini, Sabtu (23/9/2017),  Google memajang doodle sosok wanita berkacamata yang lengkap dengan struktur molekul kimia disusun apik membentuk kata "Google" dengan dominasi warna hijau. G ...

Tokoh 1 Hari lalu

Politikus Afsel ini Mandi Tiga Hari Sekali, Begini Alasannya

Bernas.id –  Kepala Daerah Western Cape Afrika Selatan, Helen Zille, mengungkapkan bahwa ia hanya mandi tiap tiga hari sekali. Alasannya, Western Cape yang terkenal dengan perkebunan anggur, pegunungan, dan pantai telah m ...

Nasional 1 Hari lalu

Sekjen PPP Keberatan Ada Pihak Sebut Semua Anggota DPR Ingin Lemahkan KPK

JAKARTA, Bernas.id – Keberadaan dan kerja Pansus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memang menuai polemik. Masa kerja Pansus Angket ini pun akan berakhir pada 28 September 2017. Ada pi ...

Nasional 1 Hari lalu

Hore! Ada Kereta Ekonomi Premium Cilacap-Solo, Ini Tarifnya

JAKARTA, Bernas.id – Kereta Api rute khusus Cilacap hingga Solo pun akan menjadi kenyataan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan bahwa Kereta Wijayakusuma jurusan Cilacap-Yogyakarta-Solo dan sebaliknya akan diluncurkan pada Senin ...

Film 2 Hari lalu

Lagu Metallica Iringi Trailer Perdana Marvel’s The Punisher

Bernas.id –  Lagu Metallica berjudul “One,” hadir mengiringi trailer untuh perdana serial The Punisher diluncurkan oleh Netflix. Trailer yang cukup brutal ini sebenarnya isinya cukup sederhana, yai ...

Nasional 2 Hari lalu

Arsitek ITB: Dengan Membangun Desa, Warga Tak Perlu Migrasi

SEMARANG, Bernas.id – Pembangunan wilayah pedesaan dinilai mendesak. Hal ini diharapkan mengerem orang-orang desa yang ingin bermigrasi ke kota. Seorang Arsitek dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Tjuk Kuswartojo menyampaikan pel ...

Selebritas 2 Hari lalu

Akhirnya! Impian Vicky Shu Menikah di Candi Borobudur Terwujud

Bernas.id – Wedding dream hampir dimiliki setiap calon pengantin. Setelah Raisa Andriana, kini giliran penyanyi Vicky Shu yang naik ke pelaminan. Perempuan yang sudah menginjak 30 tahun itu tak butuh waktu lama untuk memutuskan menika ...

Selebritas 2 Hari lalu

Jalani Rehabilitasi, Ello Tetap Sibuk Berkarya dan Manggung

JAKARTA, Bernas.id – Penyanyi Ello yang memiliki nama asli Marcello Tahiteo sudah hampir dua bulan menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur. Ello pun wajib mengikuti kegiatan rutin di RSK ...

Nasional 2 Hari lalu

Polisi: Omzet PCC Capai Miliaran, Sindikat Penjualannya Rapi

JAKARTA, Bernas.id – Polisi telah mengamankan empat orang tersangka pembuat dan penyebar pil PCC. Mereka adalah MSAS, WY dan pasangan suami-istri BP dan LKW. Setidaknya ada 4 ton bahan baku dan ratusan ribu butir pil PCC yang ditemuka ...

Kuliner 2 Hari lalu

Wujudkan Visi APPBI, Ambarrukmo Plaza Selenggarakan “Taste of Harmony”

Bernas.id – Untuk mewujudkan visi Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Ambarrukmo Plaza gelar festival kuliner yang bertajuk “Taste of Harmony”. Festival ini akan diselenggarakan di Pendopo Royal Ambarrukmo ...

Kuliner 2 Hari lalu

Jogja City Mall Jadi Tuan Rumah WICSF 2017

Bernas.id – Dalam rangka memeriahkan Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 2017, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jogja City Mall hadirkan festival sate. Event kuline ...

Kuliner 2 Hari lalu

Meriahkan Festival Kuliner APPBI 2017, Mall Malioboro Berhiaskan Lampion Warna-warni

Bernas.id – Malioboro Mall akan melangsungkan event kuliner yang bertajuk “Malioboro Mall’s Colorfood Festival : Citarasa Kuliner Nusantara”, pada 29 September sampai dengan 1 Oktober 2017 mendatang. Event kuliner in ...

Nasional 2 Hari lalu

OJK: Isi Ulang E-Money Biarkan Ditentukan Pasar Bukan BI

JAKARTA, Bernas.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut menanggapi aturan Bank Indonesia terkait beban biaya isi ulang (top up) uang elektronik antar bank dan pihak ketiga. Jika isi ulang dilakukan antar bank maka dikenakan tarif Rp 1 ...

Wisata 2 Hari lalu

Menpar: Tanjung Lesung Jadi Destinasi Dunia, Ini yang Wajib Ada

BANTEN, Bernas.id – Tanjung Lesung masuk dalam 10 destinasi wisata prioritas Indonesia. Namun, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini belum memiliki fasilitas bandar udara internasional. Menteri Pariwisata (Menpar) pun mengatakan Banten har ...

Wisata 2 Hari lalu

Menteri BUMN: Buat Paket Wisata Indonesia Jadi Pilihan Utama

JAKARTA, Bernas.id – Pariwisata dan liburan tidak pernah ada matinya. Banyak tawaran paket liburan yang biasanya dimanfaatkan agar bisa menikmati perjalanan bersama keluarga. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno memi ...

Internasional 2 Hari lalu

Begini Kemelut dan Pro Kontra Kemerdekaan Kurdi-Irak

Bernas.id –  Rakyat Kurdi di Irak kini bersiap menyambut referendum kemerdekaan yang akan digelar pada tanggal 25 September 2017 mendatang. Sebelumnya Pemerintah Regional Kurdistan (KRG) di Irak utara bertemu di Erbil dan menyata ...

Fotografi 2 Hari lalu

Foto Karya WNI Gerdie Hutomo Sukses dalam Pameran Foto di Korea

Bernas.id –  Seorang WNI bernama Gerdie Hutomo ini adalah pegawai pada perusahaan obat ternama di Tanah Air. Walau begitu, karyanya yang diakui publik jauh dari pekerjaanya. Foto hasil jepretan Gerdie juga ternyata mengagumkan ...

Nasional 2 Hari lalu

OTT KPK, Wali Kota Cilegon dan Uang Ratusan Juta Diamankan

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengamankan Wali Kota Cilegon Iman Ariyadi dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Cilegon, Banten. Ditangkap beserta temuan uang ratusan juta, Jumat (22/9/17). "Ada ...

Event 2 Hari lalu

Sedot Wisatawan, ISOPLUS Segera Gelar City Run dan Beach Run di Yogyakarta

YOGYAKARTA, Bernas.id - Tingginya antusias masyarakat terhadap kegiatan lari, menginspirasi ISOPLUS, untuk menggelar dua kegiatan lari sekaligus, yaitu “ISOPLUS City Run” yang digelar di 5 kota dan “ISOPLUS Beach Run& ...

Nasional 2 Hari lalu

Tuduhan Pansus Angket Terhadap Agus Rahardjo, KPK Sebut Janggal

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai tudingan Pansus Angket di DPR RI terkait dugaan korupsi Agus Rahardjo yang kini menjadi Ketua KPK adalah janggal. Dugaan pengelewangan terhadap Agus itu saat menjaba ...

Nasional 2 Hari lalu

Fahri Hamzah: KPK Belum Klarifikasi, Pansus Angket Wajar Diperpanjang

JAKARTA, Bernas.id – Fahri Hamzah selaku Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyebutkan masih ada pekerjaan Pansus Angket KPK di DPR yang belum diselesaikan. Ia pun menganggap wajar jika ada usulan perpanjangan masa kerja Pa ...

Properti 2 Hari lalu

Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat, Itu Tugas Pemerintah

JAKARTA, Bernas.id - Setiap warga negara Indonesia wajib mendapatkan haknya dalam kehidupan berbangsa. Hak tersebut salah satunya adalah, mendapatkan tempat tinggal yang layak bagi warga negara. Hunian yang layak tersebut sepatutnya lah ...