Berita Nasional Terpercaya

Setiap Orang adalah Motivator Terbaik bagi Dirinya Sendiri

0

HarianBernas.com – Hari Motivasi Nasional (Harmonas) yang dicetuskan oleh Asosiasi Manajemen Indonesia adalah sebuah gagasan yang sangat bagus, mengingat motivasi adalah hal yang sangat penting dan esensial dalam kehidupan manusia. Selain itu Harmonas juga sejalan dengan revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Banyak orang gagal mencapai cita-cita atau target dalam hidupnya, karena mereka tidak memiliki motivasi yang cukup. Mereka bukan orang-orang yang tidak terampil atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Bahkan banyak di antara orang-orang yang menjalani kehiduapan rata-rata adalah orang yang pandai secara akademik dan berilmu.

Mereka memiliki banyak hal yang dibutuhkan untuk meraih apapun dalam hidupnya. Namun mereka tidak memiliki cukup alasan untuk melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Alasan atau kerap disebut sebagai motivasi inilah yang merupakan faktor penentu dalam keberhasilan manusia.

Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang, baik secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan sebuah tindakan dengan tujuan tertentu. Motivasi adalah daya dorong dan daya ungkit bagi upaya manusia untuk mencapai sesuatu.

Banyak orang berpendapat bahwa motivasi dapat diperoleh dengan mengikuti seminar motivasi atau mendatangi seorang mentor untuk dimotivasi. Tentu saja itu bukan sebuah upaya yang buruk. Motivasi eksternal seperti itu bisa menjadi sebuah awal yang baik untuk memulai sebuah usaha.

Namun untuk bertahan dalam jangka waktu panjang dan tahan lama, kita memnutuhkan motivasi secara internal. Motivasi terbaik yang dapat diperoleh oleh seseorang adalah motivasi yang timbul dari dalam dirinya. Artinya seseorang harus bisa menemukan alasan pribadi untuk menjadi pendorong bagi setiap langkah dalam hidupnya.

Bagaimana menciptakan daya dorong dalam kehidupan kita?

Ada banyak cara untuk menumbuhkan motivasi atau daya dorong. Salah satu yang terkuat adalah dengan memiliki impian yang emosional. Impian emosional adalah sebuah hasrat atau keinginan yang membara dan ingin diwujudkan dengan cara apapun juga. Keinginan yang sedemikian kuat yang membuat kita mampu melakukan apapun demi tercapainya cita-cita. Contohnya adalah orang yang sedang jatuh cinta. Cinta yang begitu membara dan kuat mampu membuat seseorang melakukan hal-hal nekad demi mendapatkan pujaan hati.

Para pejuang kemerdekaan di tahun 1945 juga memiliki hasrat yang membara untuk menjadikan Indonesia bebas dari penjajah. Bahkan kematianpun akan mereka sambut dengan berani demi mewujudkan cita-cita mulia tersebut.

Seseorang yang semangat bekerja demi mendapatkan biaya pengobatan bagi anaknya yang sedang sakit keras, akan memiliki energi lebih besar dibandingkan dengan oarng lain yang bekerja hanya sekedar mendapatkan upah.

Hal lain yang tak kalah penting dari hasrat membara adalah menjaga agar hasrat tersebut tetap membara hingga impian terwujud. Banyak orang yang gagal dalam upaya mencapai tujuan atau target, bukan karena ketidkmampuan, namun karena tidak mampu menjaga hasratnya agar tetap membara.

Menjaga api hasrat agar tetap membara membutuhkan kemampuan olah diri, yaitu ketrampilan untuk melihat ke dalam diri untuk mengatur prioritas dan menentukan hal-hal terpenting dalam hidupnya, serta menjalani dengan penuh ketekunan serta keyakinan. Dengan motivasi yang kuat dan kemampuan olah diri yang baik, akan lahir manusia-manusia tangguh yang akan membuat Indonesia menjadi bangsa yang unggul dan berdaya.

 

Oleh: Harry Xiao

Ketua BPC AMA Cabang Semarang

Pendiri Great-Life Resources

Pelatih Kepemimpinan dan Komunikasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.