Berita Nasional Terpercaya

Temukan Hal yang Memotivasi Anda

0

HarianBernas.com – Sewaktu terjadi musibah bencana gempa di Sumatera Barat, kami mengajak karyawan di kantor kami melakukan aksi pengumpulan dana untuk membantu para korban bencana tersebut. Ada yang dengan cepat dan senang hati menyambut ajakan tersebut, ada juga yang ikut dengan ?terpaksa?, dan bahkan ada teman yang acuh-tak-acuh dan sama sekali tidak tergerak untuk berpartisipasi.

Pada kesempatan lain, ketika di surat kabar dan televisi memberitakan ada seorang anak kecil terlantar karena ditinggal pergi oleh orang tuanya yang bertengkar, teman yang tidak tergerak atas kisah bencana gempa, justru orang pertama yang mencari tahu tentang berita anak terlantar itu dan mengirimkan bantuan kepadanya.

Dalam kesempatan yang berbeda juga kita bisa melihat betapa seorang dari negeri yang jauh di Eropa, bersusah payah datang ke Kalimantan ?hanya? untuk membantu usaha pelestarian orang utan. Jangan ditanya, berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk melakukan aktivitas pelestarian orang utan.

Dalam diri setiap orang ada satu hal yang paling menyentuh perasaannya, hal yang paling memotivasi. Masing-masing dari kita mempunyai hal yang berbeda terhadap apa yang paling memotivasi kita. Dalam kisah contoh di atas, ada orang tersentuh dengan kisah bencana. Ada yang tersentuh dengan berita anak terlantar, tetapi tidak termotivasi dengan berita bencana. Ada pula yang begitu tersentuh dan termotivasi dengan kisah hewan langka.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada orang yang sulit bangun pagi, namun dengan mudah bangun subuh jika ada ajakan untuk main golf. Atau susah bangun subuh, tetapi dengan mudah bangun jika ada pertandingan sepak bola.

Hal yang paling memotivasi biasanya adalah hal yang paling kita cintai, sumber cinta kita. Jika hal yang memotivasi kita adalah hal yang berhubungan dengan keluarga, maka artinya keluarga adalah sumber cinta kita. Akan mudah bagi kita memotivasi diri jika kita sudah mengetahui dan mengenal sumber cinta kita, yang pasti akan memotivasi kita. Sudah tidak perlu dijelaskan lagi bahwa hal yang kita cintai akan memotivasi kita lebih baik dari hal yang lainnya. Karenanya, kita perlu menumbuhkan cinta kepada hal yang benar agar menjadi motivasi diri kita kearah yang benar pula.

?Hmmm, saya jadi penasaran? sudahkah Anda temukan sumber cinta Anda yang memotivasi Anda untuk terus meraih sukses dalam hidup Anda??

 

Oleh: Asrar Purba, BSc, SE, MBA, MNLP

Ketua Umum AMA Batam

Leave A Reply

Your email address will not be published.