Berita Nasional Terpercaya

Harian BERNAS Migrasi ke Sistem Digital

0

Transformasi Harian BERNAS sebagai koran “inspirasi bisnis dan pribadi bertumbuh” berlangsung sangat cepat dan menggembirakan. Hari ini, transformasi ditandai dengan peralihan sistem kerja redaksi dan pracetak ke sistem yang sepenuhnya digital. Seluruh rangkaian pekerjaan, sejak wartawan melaporkan berita, redaktur menyunting laporan wartawan, naskah diolah oleh desainer grafis dan layouter dikerjakan secara online.

Sistem baru yang memungkinkan percepatan kerja ini disebut “CYPRESS versi 1.0”, yakni sistem pencetakan koran yang berbasis cyber. Dengan sistem yang dirancang khusus (tailor made) oleh Gama Informatika ini, penulisan dan penyuntingan berita dan artikel hingga penataletakan di In Design bisa selesai dalam waktu kurang dari lima menit. Ini percepatan signifikan dari sistem sebelumnya yang memakan waktu berjam-jam untuk proses kerja tiap item berita. “Dengan sistem ini, proses cetak lebih cepat sehingga tingkat kepastian tepat waktu sampai ke pembaca juga lebih tinggi,” papar Made Surawan, pimpinan Gama Informatika kepada Harian BERNAS, Minggu (1/11). 

Lanjut Made, sistem baru ini membawa Harian BERNAS kepada kultur kerja yang lebih modern. Era kertas (hard copy) dalam proses pracetak sudah ditinggalkan. Satu-satunya pengeluaran kertas hanya untuk pencetakan koran. Dengan demikian, proses lebih menyingkat waktu dan menghemat biaya. Sistem manual sudah ditinggalkan. Tidak ada lagi pengiriman berita lewat email. Setiap wartawan bisa menulis dan mengirimkan berita dari mana pun lewat satu platform ini. Redaktur pun bisa menyunting berita dari mana pun.

Begitu pula dalam pengarsipan. Sistem ini menghemat pengarsipan yang sebelumnya memakan ruang fisik besar dan luas. Dengan DBMS (database management system), pengarsipan berlangsung terintegrasi sehingga bisa diakses kapan pun dan dari mana pun.

Atas perubahan ini Pemimpin Redaksi Harian BERNAS menyambut baik. Katanya, “Sistem ini sangat bagus. Memungkinkan kami bekerja lebih cepat sesuai trend era digital. Koordinasi dengan wartawan-wartawan di daerah juga lebih mudah,” ujarnya optimistis.(AA Kunto A)

Leave A Reply

Your email address will not be published.