Berita Nasional Terpercaya

DPT Pilkada Terus Bertambah

0

SLEMAN–Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Sleman bertambah sebanyak 604 orang, dari jumlah sebelumnya yang hanya 775.443 orang pemilih. Dengan masuknya pemilih tambahan ini, kini total DPT Pilkada Sleman menjadi 776.047 orang.
Anggota KPU Sleman Devisi Hukum, Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Imanda Yulianto mengatakan, kondisi itu disebabkan tingginya mobilitas penduduk, sehingga sulit ditemui sewaktu berlangsung pendataan pemilih.
Saat ini, tambahan jumlah pemilih yang tersebar di 61 desa dan 17 kecamatan, telah dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tambahan.
“Jumlah terbanyak berada di wilayah Kecamatan Gamping dan Kecamatan Tempel, masing-masing 84 orang, sementara yang paling sedikit di Kecamatan Tempel karena hanya berjumlah lima orang pemilih”, kata Imanda, Minggu (1/11).
Ditambahkan Imanda, pasca ditetapkannya pemilih tambahan, maka KPU Sleman tidak akan melakukan proses pendataan kembali karena sudah final.
Tetapi jika masih ada masyarakat yang belum terdata, mereka bisa menggunakan hak suara pada satu jam terakhir sebelum proses pemungutan suara di TPS selesai dilakukan, dengan menunjukkan kartu identitas kependudukan.
“Jadi antara jam 12 sampai jam 1 siang, dengan melihat ketersediaan surat suara cadangan di satu TPS, jika habis maka pemilih bisa dialihkan ke TPS lain yang masih punya cadangan surat suara,” imbuhnya. (nil)
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.