Berita Nasional Terpercaya

Olahraga Jadi Promosi Pariwisata

0

 

    SEMARANG, HarianBernas.com–Ajang olah raga yang diikuti oleh atlet internasional 'Borobudur 10K' dapat menjadi promosi wisata Jawa Tengah kepada dunia Internasional. Karenanya turnamen itu diharapkan akan semakin menarik wisatawan mancanegara.
    “Apalagi kegiatan ini juga yang digabung dengan acara sepeda Tour de Borobudur XV dan half marathon akan dijadikan ajang pemanasan untuk acara serupa pada tahun depan,” ujar anggota Komisi A DPRD Jateng, Sriyanto Saputro menyatakan hal tersebut ketika dihubungi di ruang kerjanya, kemarin.
    Menurut Sriyanto, kegiatan itu sangat menarik dan perlu dukungan semua pihak, apalagi mengangkat promosi ke dunia internasional. Selama ini ajang ini diminati banyak negara, tentunya dengan adanya rencana inovasi akan semakin menjadi magnet wisatawan untuk datang ke Candi Borobudur, sebagai salah satu situs warisan dunia.
    Pemerintah Provinsi Jawa Tengah didukung oleh Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) menyelenggarakan ajang lomba lari, Borobudur 10K, yaitu suatu lomba lari berjarak 10 KM yang mengambil lokasi di kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
    Ajang ?Borobudur 10K? pertama kali diselenggarakan pada tahun 1990, 1992, 1993, dan 1995 yang dulu disebut ?Bob Hasan 10K?. Kemudian nama tersebut diganti dengan ?Borobudur 10K? pada tahun 1999, 2000, 2002, dan 2005. Di tahun 2013 nama ?Borobudur 10K? mulai dihidupkan kembali dengan nama ?Borobudur International 10K?.
    Tahun ini, Borobudur International 10K akan diselenggarakan tanggal 16 November 2014. 
    “Kita mau promosikan tidak hanya spotnya tapi juga pariwisatanya melalui 'Borobudur 10K' yang digabung dengan bermacam-macam acara,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, secara terpisah.
    Menurut Gubernur acara tersebut kelak akan dibuat desain ada semacam 'ambassador run'. ?Jadi para duta besar ikut berlari di situ sehingga menjadi lebih menarik,” ujarnya.
    Pemprov Jateng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi setempat mendorong rencana tersebut agar dapat segera terealisasi dan menjadi acara di forum internasional serta menjadi agenda rutin.
    Ganjar mengaku akan ikut ambil bagian dengan bersepeda pada acara “Tour de Borobudur XV” yang berjarak 88 kilometer dengan rute start di Mako Brimob Srondol Semarang dan finish di kawasan Candi Borobudur.(ran)

 

ilustrasi foto: SuaraMerdeka.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.