Berita Nasional Terpercaya

Janda Tak Terurus Perlu Diperhatikan

0

WATES–Selasa (3/11) Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, menyatakan, saat ini masih terdapat janda-janda tidak terurus di Kulonprogo . Ia berharap ada yang ikut peduli untuk membantu mereka.

Hal tersebut diungkapkannya saat berbicara dihadapan jama'ah haji yang baru saja kembali ke tanah air, usai menunaikan ibadah di  Mekah.

Bupati  menceritakan, bahwa jama'ah haji tahun lalu ikut membantu masyarakat Pringapus untuk mendapatkan air. Tapi  saat musim kemarau tahun ini, masyarakat Pringapus tidak memerlukan droping air.         

Oleh karena itu, Bupati mendorong jama'ah haji untuk melakukan kebaikan bagi masyarakat, seperti membantu janda-janda tua yang tidak terurus. Sehingga jama'ah haji dapat menjadi haji yang mabrur, ada peningkatan ibadah, baik ibadah kepala Allah maupun sesama.

?Yaitu haji dan hajjah yang memberikan suatu kebaikan, karena kebaikan itu ibarat sinar yang bisa mencerahkan lingkungan masing-masing,? tutur  Hasto Wardoyo.

Bupati juga berharap agar jamaah bisa mencerdaskan kehidupan, bukan sekadar mencerdaskan otak. Sehingga lingkungan bisa ikut menjadi baik. Tidak hanya ketaatan kepada Allah tetapi juga dalam hubungan sesama manusia juga baik.

Tahun 2015 ini jamaah haji Kabupaten Kulonprogo yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 244 orang. Dalam mangayubagya ini, selain dihadiri oleh jama'ah haji 2015, hadir pula Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kulonprogo dan SKPD terkait.

Sementara itu, Edhi Gunawan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kulonprogo, melaporkan bahwa jamaah haji mereka telah kembali ke tanah air pada 9 Oktober lalu. Satu jama'ah di antaranya meninggal dunia di Tanah Suci, yaitu Ibu Sudarsih. Ibu yang sehari-harinya merupakan guru SD Negeri 1 Pengasih ini, merupakan warga di padukuhan Serut, desa Pengasih. 

Boko Suroso, Wakil jamaah haji Kulonprogo tahun 2015, menyatakan bahwa jarak antara maktab dan Masjidil Haram dirasa tidak terlalu jauh, sekitar 950 m.

?Kira-kira berjalan kaki seperempat jam sudah sampai,? katanya. (wid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.